Promosi Produk, Budaya, dan Wisata Indonesia di Istanbul Turki, Ini Keuntungannya

Promosi Produk, Budaya, dan Wisata Indonesia di Istanbul Turki, Ini Keuntungannya
info gambar utama

Walau terlihat sedikit sulit dilakukan, namun upaya menjual produk ke luar negeri menjadi potensi keuntungan yang perlu diraih. Ada nilai yang lebih besar, ketika pelaku usaha atau UMKM mampu mempromosikan produk mereka ke luar negeri.

Tentu tidak hanya produk lokal, namun juga produk budaya dan wisata Indonesia. Promosi produk, budaya, dan wisata Indonesia tentu akan memicu keminatan turis asing untuk datang ke Indonesia. Karena perlu diketahui, jika promosi produk yang tepat akan mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Pertanyaannya, destinasi atau negara mana yang sekiranya tepat untuk menjadi target promosi dan pemasaran produk usaha dari Indonesia?

Istanbul Turki bisa jadi jawabannya.

Setiap tahun, turis yang bedatangan ke Istanbul dilaporkan meningkat, sebab keberadaan destinasi wisata sejarah yang cukup memikat hati. Mengutip Republika, diketahui jika per Oktober 2022 jumlah turis yang datang ke Istanbul meningkat 37 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Istanbul menerima turis dari 194 negara, dengan rincian turis dari lima negara terbanyak berasal dari Rusia sejumlah, Jerman, Iran, Amerika Serikat, dan Inggris. Karena itu, cukup masuk akal jika Istanbul menjadi lokasi yang amat strategis untuk memperkenalkan produk, budaya, dan wisata Indonesia secara Internasional.

Lalu bagaimana cara agar produk dari Indonesia dapat memiliki kesempatan dari derasnya arus wisatawan mancanegara yang datang ke Turki?

Selama ini, KJRI Turki diketahui turut mendukung kegiatan bazaar atau expo pameran ekonomi, budaya, dan wisata Indonesia di negara tersebut. Terbaru, di tahun 2023 ini akan diadakan Ramazan Bazaar oleh Diaspora Indonesia di Turki, sebagai festival Ramadan gratis dan terbuka untuk publk di Galataport, Kota Istanbul.

ASEAN SME Academy: Mengangkat UMKM Asia Tenggara Selama Krisis

Peluang wisatawan di Istanbul Turki untuk produk Indonesia

Istanbul merupakan kota yang terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Menjadi tempat yang menarik untuk ditinggali penduduk setempat, juga untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Istanbul memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi. Bila dihitung secara rata-rata, daya beli Istanbul pada tahun 2021 sebesar 49.240 lira Turki, jumlah yang jauh lebih besar daripada rata-rata negara Turki sendiri yaitu 33.400 lira.

Orang-orang yang tinggal dan datang ke Istanbul secara umum memiliki karakter senang piknik dan berbelanja. Oleh sebab itu, terdapat salah satu tempat yang sangat menarik di Istanbul dan memiliki jumlah kunjungan yang cukup tinggi per harinya, yakni Galataport, sebuah terminal kapal pesiar yang memiliki berbagai spot wisata dan fasilitas lengkap.

“Ramadan Bazaar yang akan diselenggarakan di Galataport ini adalah Salah satu area yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM Indonesia untuk mengenal pasar/konsumen Turki, dan juga untuk memasarkan produknya.” ujar Septa Ermalia, selaku Ketua Pelaksana Ramazan Bazaar 2023.

Melihat Peluang Ekspor Produk UMKM Indonesia ke Turki, Jalur Lintas Perdagangan Asia-Eropa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini