15 Jenis Sandi Pramuka, Pengertian dan Manfaat Mempelajarinya

15 Jenis Sandi Pramuka, Pengertian dan Manfaat Mempelajarinya
info gambar utama

Pramuka menjadi salah satu gerakan kepanduan yang tak hanya dikenal di Indonesia, namun seluruh dunia. Di dalam pramuka sendiri, terdapat banyak sandi. Bahkan, dahulu sandi selalu dihubungkan dengan perang dan menjadi salah satu unsur penting untuk menyampaikan informasi bahkan dalam menyusun strategi. Biasanya digunakan oleh mata-mata yang dikirim oleh suatu negara.

Padahal, sandi tidak hanya digunakan untuk perang saja loh. Di Pramuka, Kawan akan diperkenalkan dan identik dengan sandi. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari sandi itu sendiri?

Secara istilah, kata 'sandi' berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya rahasia. Jika dilihat artinya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, sandi merupakan kode atau rahasia. Jadi, pengertian sandi pramuka adalah tulisan dengan huruf atau kode rahasia tertentu yang hanya dipahami oleh anggota yang berkomunikasi secara khusus dalam kelompok pramuka.

Sandi pramuka sendiri tidak hanya terbatas digunakan oleh anggota pramuka saja, loh. Sandi pramuka bahkan digunakan oleh di kepolisian dan militer untuk keperluan tertentu agar tidak mudah terbaca oleh musuh.

Setelah memahami pengertiannya, berikut 15 jenis sandi pramuka yang umumnya banyak diajarkan untuk kelompok pramuka.

1. Sandi Morse

Sandi yang diciptakan oleh Samuel FB Morse dan Alfred Vail pada 1835 ini merupakan representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun untuk mewakili karakter tertentu di dalam alfabet, sinyal, atau pertanda yang sudah disepakati.

Cara penggunaan Sandi Morse paling terkenal yaitu dengan menggunakan senter atau peluit. Jika bunyi peluit atau nyala senter panjang artinya garis. Jika bunyi peluit atau nyala senter pendek artinya titik.

sandi morse
info gambar

Berikut sandi morse dalam penulisan huruf abjadnya:

A= . –

B = –. . .

C = –.–.

D = –..

E = .

F = . – –

G = – – .

H = . . . .

I = . .

J = . – – –

K = – . –

L = . – . .

M = – –

N = – .

O = – – –

P = . – – .

Q = – – . –

R = . – .

S = . . .

T =

U = . . –

V = . . . –

W = . – –

X = – . . –

Y = – . – –

Z = – – . .

2. Sandi Angka

Sesuai namanya, sandi ini menggunakan kode angka untuk menggantikan huruf. Sandi angka termasuk jenis sandi yang cukup mudah jika dibandingkan dengan jenis sandi lainnya yang ada di Pramuka. Kawan tinggal mengganti huruf yang akan disampaikan dengan kode angka.

Berikut gambar kunci sandi angka:

sandi angka pramuka
info gambar

3. Sandi Rumput

Sandi ini memiliki sistem dengan merepresentasikan huruf, angka, tanda baca yang sudah dibuat dengan menggunakan prinsip Sandi Morse. Jika Sandi Morse menggunakan titik dan garis, Sandi Rumput akan menggunakan strip yang bentuknya menyerupai rumput.

Rumput pendek sama dengan tanda titik, rumput panjang sama dengan tanda garis.

Sandi Rumput Pramuka
info gambar

Baca juga: Mengenal Sandi Rumput Pramuka: Kegunaan, Cara Membaca, dan Contohnya

4. Sandi Ular

Jenis sandi ini tidak menggunakan ular sebagai tanda ya. Hanya caranya saja dalam mengelompokkan huruf dalam jumlah yang sama disusun ke bawah dari kiri ke kanan berturut-turut lalu dibaca berkelok-kelok seperti ular.

SANDI ULAR
info gambar

5. Sandi Gudep Sedia

Sandi yang juga dikenal dengan Sandi Koordinat atau Sandi Merah Putih ini sering menggunakan kata GUDEP SEDIA. Syaratnya tidak hanya menggunakan kata GUDEP SEDIA saja, tetapi bisa menggunakan huruf lain selama memiliki total 10 huruf dengan masing-masing kata 5 huruf.

Cara menggunakan sandi ini adalah dengan menggunakan kotak terlebih dahulu dengan masing-masing enam kotak. Tulis GUDEP SEDIA pada bagian atas dan samping kiri, lalu mengurutkan alfabet dari A sampai Y di kotak lainnya.

Mengenal Sandi Dalam Kepramukaan | pramuka_id | Laman 2

6. Sandi Napoleon

Sesuai namanya, sandi ini diambil penamaannya dari Napoleon Bonaparte. Sandi yang penggunaan caranya seperti sandi ular ini digunakan dengan cara merangkai huruf dengan terbolak-balik. Syaratnya, jumlah huruf yang dirangkai dan dikelompokkan dalam Sandi Napoleon ini harus sama.

sandi napoleon bonaparte
info gambar

7. Sandi Kotak

Sandi yang dibentuk oleh garis yang akan membentuk satu garis, kotak, setengah kotak, sepertiga kotak, juga ada yang memiliki titik di tengah kotak ini akan mewakili huruf-huruf di dalamnya.

Sandi Kotak
info gambar

Baca juga: Sandi Kotak 1, 2 dan 3 dalam Pramuka serta Cara Mengerjakannya

8. Sandi Abjad

Sesuai dengan namanya, sandi yang terdiri dari abjad-abjad yang berlaku secara internasional ini berlaku ketika ada seseorang yang secara penyebutan kesulitan dalam berkomunikasi dengan jelas dan membuatnya harus mengeja huruf per huruf. Karena penyebutan yang dilakukan huruf per huruf, sandi ini memiliki tingkat kerawanan dan kesalahpahaman yang tinggi. Untuk mengatasinya ada huruf yang dibedakan ketika penyebutannya.

sandi abjad
info gambar

9. Sandi Kurung

Sandi kurung adalah salah satu jenis sandi yang menggunakan tanda kurung dan angka untuk mewakili suatu huruf yang akan dijabarkan.

sandi kurung
info gambar

10. Sandi Sisipan

Sandi yang dalam penggunaan diselipi huruf lain ini biasanya menggunakan kata tambahan agar tidak mudah terbaca oleh orang lain. Dalam membacanya, abaikan kata AND yang diselipkan pada setiap kode.

15 jenis sandi pramuka -sandi sisipan
info gambar

11. Sandi Siput

Sama seperti ular, sandi ini bukan sandi yang menggunakan siput sebagai tanda. Sandi ini merupakan sandi yang dari cara membacanya secara berputar atau spiral dari huruf yang berada di paling tengah sampai ke huruf yang paling luar.

sandi siput
info gambar

12. Sandi AN dan Sandi Balik

Pada sandi ini, berlaku hukum kebalikan di mana huruf yang akan digunakan dalam menyampaikan sebuah pesan adalah kebalikannya. Sandi balik juga berlaku kebalikannya.

 Jenis Sandi Pramuka -sandi abjad
info gambar
Jenis Sandi Pramuka
info gambar

13. Sandi Jepang

Sandi Jepang merupakan sandi yang menerapkan aturan dalam membaca huruf seperti membaca huruf kanji, dari atas ke bawah dengan membaca arah kolom tetap dari kiri ke kanan, bukan kanan ke kiri.

Jenis Sandi Pramuka -sandi jepang
info gambar

14. Sandi Sungai

Sandi ini menjadi sandi yang cukup sederhana dalam penggunaannya. Memiliki 8 kolom dan 5 baris sehingga membuat juga disebut sandi 5 per 8. Kawan hanya perlu menghafal huruf yang berseberangan atau berlawanan dengan huruf yang ditulis, sama seperti sungai yang punya dua sisi berseberangan.

sandi sungai
info gambar

15. Semaphore

Jika Kawan sudah mengikuti Pramuka sejak dari sekolah dasar, sandi ini mungkin jadi salah satu jenis sandi yang cukup familiar. Semaphore jadi salah satu cara untuk mengirim atau menerima kode dengan menggunakan bendera, dayung, sarung tangan, atau bahkan tangan kosong.

Kunci di sandi ini adalah gerakan dan posisi kedua tangan untuk menyampaikan pesan berita dari jarak yang cukup jauh selama masih bisa dilihat oleh penerima pesannya. Pada sandi Semaphore bendera ukuran 45x45 jadi benda yang paling sering digunakan sehingga sering disebut dengan bendera semaphore.

Belajar Isyarat Bendera Semaphore dan gerakannya
info gambar

Kelima belas jenis sandi di atas bisa dibilang cukup populer ketika Kawan sedang mempelajari sandi-sandi di dalam pramuka. Lalu, apa fungsinya mempelajari sandi-sandi tersebut?

Baca juga: Mengulik Asyiknya Beberapa Kegiatan Dalam Gerakan Pramuka

Manfaat dan Fungsi Mengetahui Sandi Pramuka

Inilah beberapa manfaat jika Kawan mempelajari dan mengetahui tentang sandi pramuka.

  1. Meningkatkan komunikasi diri sendiri dengan anggota regu lainnya
  2. Bisa meningkatkan daya ingat
  3. Membantu meningkatkan kecerdasan
  4. Menjadi sarana dalam pemecahan masalah bersama
  5. Sarana permainan dalam kegiatan kepramukaan

Jadi, sandi di dalam pramuka memiliki tujuan agar para penggerak pramuka ini bisa membangun kerja sama dalam timnya, menyelesaikan masalah dengan penuh ketelitian dah hati-hati dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi.

Selain itu, untuk memberikan sebuah kode kepada seseorang yang juga paham dengan pola sandi ini juga sebagai bentuk alat survive jika Kawan berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan.

Baca juga: Pramuka Indonesia, Berawal dari Kepanduan Belanda hingga Dipersatukan Soekarno

Referensi:

https://kbbi.web.id/sandi
https://thegorbalsla.com/sandi-pramuka-lengkap/
https://www.liputan6.com/hot/read/4652592/15-macam-sandi-pramuka-yang-sering-dipakai-pahami-manfaat-dan-contohnya
https://www.ruangguru.com/blog/macam-macam-sandi-pramuka-contohnya
https://www.bola.com/ragam/read/4877653/macam-macam-sandi-pramuka-lengkap-beserta-penjelasannya
https://tabbayun.com/sandi-pramuka/
https://www.detik.com/bali/berita/d-6387525/15-jenis-sandi-pramuka-dan-contoh-gerakannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini