Jenis Ikan Koi Termahal yang Langka dan Bercorak Unik

Jenis Ikan Koi Termahal yang Langka dan Bercorak Unik
info gambar utama

Ikan koi berasal dari bahasa Jepang yang artinya 'ikan karper' atau nishikigoi. Selain mempunyai tampilan visual yang indah, ikan koi juga menjadi sebagai simbol persahabatan dan cinta.

Perjalanan ikan koi menjadi peliharaan di Indonesia sudah dimulai puluhan tahun yang lalu, tepatnya tahun 1981. Ikan tersebut dibawa langsung dari Jepang dan kini sudah menjadi ikan peliharaan yang mudah sekali ditemukan di berbagai tempat di tanah air.

Ikan koi sendiri terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini adalah jenis ikan koi yang cocok untuk dijadikan peliharaan.

Baca juga: Mengenal Ikan Koi, Simbol Cinta dan Persahabatan

1. Kohaku

kohaku
info gambar

Kohaku merupakan jenis ikan koi termahal. Pada tahun 2020, ikan ini pernah terjual dengan harga Rp1,2 miliar di ajang pelelangan ikan. Kohaku dikenal sebagai raja dari semua ikan. Ia merupakan varietas pertama ikan yang dikembangkan dengan dua warna yaitu putih dan bercak merah.

Ikan koi kohaku sendiri memiliki beberapa tipe yaitu inazuma kohaku, nidan kohaku, sandan kohaku, yondan kohaku, gotenzakura kohaku, kanoko kohaku, ginrin kohaku, dan lain sebagainya.

2. Tancho

tancho
info gambar

Tancho adalah ikan koi kohaku dengan variasi yang paling populer. Ikan ini merupakan satu-satunya koi dengan bercak merah yang berbentuk titik di bagian kepalanya. Ikan koi tancho diadopsi dari bendera nasional Jepang.

Mengingat bentuk dan warnanya yang mirip dengan bendera Jepang, ikan koi jenis ini sangat digemari oleh masyarakat Jepang. Selain itu, orang Jepang juga percaya bahwa ikan ini membawa keberuntungan.

3. Hariwake

hariwake
info gambar

Jenis ikan koi selanjutnya adalah hariwake. Ikan ini dikenal sebagai salah satu ikan koi yang paling mewah. Pasalnya memiliki tubuh berwarna putih dengan corak kuning muda yang menyebar. Ikan ini dihargai sekitar Rp700.000.

Sirip dari ikan ini berwarna putih sedikit perak. Kelopak matanya juga berwarna putih di satu sisinya, sementara yang satunya berwarna kekuningan. Ikan koi hariwake juga mempunyai berbagai variasi yaitu ginrin, doitsu, dan tancho.

Baca juga: Jenis Ikan Nila dan Cara Budidayanya yang Bernilai Ekonomi

3. Hikarimono

hikarimono
info gambar

Ikan koi jenis ini tidak memiliki banyak motif dan pola. Warnanya sederhana yaitu putih saja. Namun, putih yang dimiliki ikan koi hikarimono lebih berwarna putih keperakan. Ikan ini juga mempunyai pola hitam blur di punggungnya. pola tersebut berbentuk seperti tulang rusuk.

Ikan yang dijual dengan harga Rp700.000 per ekor ini dikenal cukup langka dan sulit sekali dicari keberadaannya dibandingkan dengan ikan koi lainnya.

4. Asagi

asagi
info gambar

Asagi adalah ikan koi yang mempunyai corak tubuh yang unik. Coraknya berwarna biru seperti jaring di bagian atas tubuhnya serta warna merah oranye pada bagian perut, sirip, pelat insang, dan tubuhnya. Uniknya, semakin tua ikan koi ini maka warna merahnya akan semakin menyebar.

Ikan koi asagi ini dijual dengan harga sekitar Rp1.000.000 untuk satu ekornya. Akan semakin mahal jika memiliki warna biru yang lebih dominan pada tubuhnya.

5. Showa Sanshoku

showa
info gambar

Jenis ikan koi selanjutnya adalah showa sanshoku. Ikan ini juga dikenal sebagai showa sanke yang mempunyai arti tiga warna. Warna khas dari ikan ini adalah putih, merah, dan hitam. Sementara dahinya memiliki corak bulatan berwarna jingga. Jenis ikan ini diketahui dijual dengan harga mencapai Rp1.000.000 per satu ekornya.

Ikan ini memiliki kesamaan dengan ikan koi sanke. Bedanya terdapat pada tubuh yang berwarna hitam. Ikan showa mempunyai tanda putih dan merah di bagian atas tubuhnya. Ikan ini bisa menjadi alternatif hiasan untuk akuarium di rumah karena warnanya yang cantik.

Baca juga: Fakta Unik Ikan Red Devil: Predator yang Dilarang di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini