Berkenalan dengan Deris Nagara, WNI Pertama yang Jadi Presiden BEM Columbia University

Berkenalan dengan Deris Nagara, WNI Pertama yang Jadi Presiden BEM Columbia University
info gambar utama

Belakangan ini, nama Deris Nagara sempat ramai diperbincangan di dunia maya. Pemuda asal Ciamis ini, membuat bangga Indonesia setelah dipilih menjadi Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University untuk periode 2023 - 2024.

Deris Nagara merupakan mahasiswa penerima beasiswa LPDP dengan studi Master of Public Administration dari Kemenkeu RI. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Deris mengungkapkan ia bangga sekaligus bersyukur karena mendapatkan banyak pelajaran dari jabatannya ini.

“Pemuda Ciamis to the world. Banyak belajar pokonya! Menghadapi dan memberikan solusi serta advikasi, kebijakan, dan pelayanan terhadap berbagai tantangan dan permasalahan mahasiswa. Suara mahasiswa!” tulis Deris.

Kepada Kompas.com, Deris membeberkan proses panjang yang harus dilaluinya selama mencalonkan sebagai Presiden BEM. Dalam tahapannya, ia membawakan kampanye Unity in Diversity for Our Community, yang terinspirasi dari Bhineka Tunggal Ika dan folosofi Genta Mandaya.

Genta Mandaya merupakan gabungan bahasa Indonesia dan Sansekerta yang memiliki makna menggemakan suara masyarakat dan memberdayakan mereka melalui berbagai kegiatan.

Di balik pencapaian gemilangnya, Deris ternyata sempat merasa down saat gagal masuk PTN meski telah melalui berbagai jalur. Namun tak lama, ia kemudian bangkit memulai mimpinya di jurusan Hubungan Internasional di President University dengan beasiswa penuh.

Soal dukungan, pemudia berusia 25 tahun itu mengakui ada peran besar kedua orangtuanya. Sejak kecil, dirinya diajarkan untuk menyukai buku hingga difasilitasi berbagai les bahasa.

Beranjak dewasa, Deris berusaha tidak membebani orangtuanya dengan biaya. Karena itu, selain berkuliah, dia juga bekerja part time sebagai MC hingga agen asuransi, dikutip dari yoursay.id.

Untuk saat ini, Deris aktif menjadi pembicara yang memotivasi anak muda dan menjejaki Youtube sebagai vlogger di samping kesibukannya sebagai mahasiswa S2.

Kaleidoskop 2022: Ragam Prestasi dan Cerita dari Kancah Olahraga Tanah Air

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini