Penantian Timnas Indonesia untuk Punya Tempat Latihan Akhirnya Menemui Titik Terang

Penantian Timnas Indonesia untuk Punya Tempat Latihan Akhirnya Menemui Titik Terang
info gambar utama

Penantian panjang Timnas Indonesia untuk punya tempat latihan sendiri kini menemui titik terang setelah pemerintah berkomitmen membantu pembangunannya.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia selama ini tidak punya tempat latihan sendiri atau yang berstatus milik PSSI. Biasanya, Timnas Indonesia berlatih menggunakan sarana latihan milik pihak lain.

Lokasi latihan Timnas Indonesia pun tidak selalu sama. Pasukan Garuda sering berlatih di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Pernah pula berlatih di Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Pelita Harapan, hingga Training Center milik Bali United.

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pusat latihan Timnas Indonesia akan dibangun di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara pada Jumat (24/2) sembari menjelaskan jika pembangunannya hanya akan memakan waktu sekitar satu tahun.

“Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” ucap Jokowi seperti dilansir laman resmi PSSI.

Untuk biaya pembangunannya, FIFA akan bertindak sebagai penanggung. Menurut Jokowi, ini adalah bukti bahwa dunia internasional percaya terhadap pembangunan IKN.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang turut hadir mendampingi Jokowi menyampaikan apresiasinya atas komitmen pemerintah dalam membangun pusat latihan Timnas Indonesia.

‘’Terima kasih Pak Presiden, kami bersama dengan Exco PSSI, sebuah kehormatan luar biasa, Bapak sudah memutuskan pembangunan training centre di tengah kota. Kami pastikan akan selesai segera karena dana dari FIFA sudah disiapkan. Kalau berkenan nanti Shin Tae-yong akan kami bawa juga ke sini untuk melihat,’’ kata Erick Thohir.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Kantor PSSI

Bukan cuma pusat latihan Timnas Indonesia yang akan dibangun di IKN. Nantinya, kantor PSSI pun akan berdiri di sana.

Rencana pembangunan kantor PSSI bahkan sudah diketahui lebih dulu ketimbang pusat latihan Timnas Indonesia. Rencana ini sudah disampaikan ke publik pada Agustus 2022 lalu saat PSSI masih dipimpin Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku ketua umum.

Perlu diketahui, pusat latihan Timnas Indonesia dan kantor PSSI akan berada di satu area. Luas lahan yang disediakan memang cukup memadai untuk dua fasilitas tersebut, yakni 50 hektare.

Sebagaimana pusat latihan Timnas Indonesia, pembangunan kantor PSSI di IKN juga merupakan arahan Jokowi. Apalagi, aturan FIFA menyatakan bahwa kantor federasi sepak bola harus berada di ibu kota negara.

Ronaldo Kwateh Gabung Bodrumspor, Talenta Sepak Bola Indonesia Warnai Liga Turki





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini