Pesona Keindahan Alam dan Fakta Unik tentang Indonesia

Pesona Keindahan Alam dan Fakta Unik tentang Indonesia
info gambar utama

Indonesia sangat beragam, mempunyai macam-macam budaya yang dapat dilihat dari rumah daerah, tarian daerah, cara hidup dan berpakaian. Kulinernya juga banyak sekali dan ada yang sulit pula ditemukan di negara lain, seperti sambal. Adapula sejarah yang menarik untuk dipelajari. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia semakin indah.

Tak hanya itu, negara kita memiliki banyak sekali pemandangan yang bisa dikunjungi dan semuanya memiliki keindahan yang bahkan kamu tidak bisa mengalihkan pandangan sedikitpun, saking indahnya. Di antara keindahan itu ada pantai, gunung, danau ataupun hutan.

Merawat Mitos Ikan Larangan Pariaman untuk Menjaga Ekosistem

Tahukah kamu bahwa pada tahun 2022, Indonesia menjadi salah satu negara paling indah di dunia? Negara kita menempati peringkat di antara 50 negara teratas di dunia untuk titik keindahan alam per 100.000 kilometer persegi. Hal tersebut berdasarkan Natural Beauty Report dari situs money.co.uk.

Indonesia Jadi Negara Terindah di Dunia

Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia, di mana ia memiliki lebih dari 17.000 pulau, yang artinya terdapat lebih dari 50.000 km garis pantai. Kemudian, Indonesia menjadi rumah bagi kehidupan lebih dari 50.000 kilometer persegi terumbu karang. Dilansir dari WorldAtlas, Tanah Air menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang, yaitu 99.083 km (garis pantai terpanjang).

Indonesia mendapatkan skor sebesar 7.77 poin. Skor ini diadapatkan berdasar dari tujuh standar yang terdiri dari, pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, dan gletser.

Berikut adalah negara-negara terindah di dunia yang berada di urutan 10 teratas berdasarkan money.co.uk:

  1. Indonesia sebesar 7.77 poin
  2. Selandia Baru sebesar 7.27 poin
  3. Kolombia sebesar 7.16 poin
  4. Tanzania sebesar 6.98 poin
  5. Meksiko sebesar 6.96 poin
  6. Kenya sebesar 6.7 poin
  7. India sebesar 6.54 poin
  8. Prancis sebesar 6.51 poin
  9. Papua Nugini sebesar 6.39 poin
  10. Comoros sebesar 6.22 poin
Legenda Danau Toba, Tuan Rumah Kejuaraan Dunia F1 Powerboat

Fakta Menarik Seputar Indonesia

Pantai yang Eksotis

Indonesia punya pantai yang dijadikan destinasi dunia yang potensial, di mana Gili Terawangan menjadi pantai yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Tempat untuk melihat sunset terindah Indonesia ada di Pantai Kuta. Kemudian Pantai Banyuwangi dinobatkan sebagai pantai terbersih se-ASEAN, serta pulau-pulau lain yang turut menyumbang keindahan. Sebagian besar pantai adalah bagian dari Samudera Hindia dan Pasifik.

Cincin Api Pasifik

Ada lebih dari seratus gunung berapi aktif karena Indonesia berada di Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire).

Keberagaman Flora dan Fauna

Kita memiliki keanekaragaman hayati terkaya kedua di dunia. Contohnya ular terpanjang yang ditemukan di Indonesia tahun 1912 dengan panjang sekitar 10 meter adalah ular sanca batik, juga Komodo yang menjadi kadal terbesar di dunia.

Danau Vulkanik Terbesar

Danau Toba, merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Letusan supervulkanik danau pada 70.000 tahun lalu ialah letusan eksplosif paling besar di Bumi dalam 25 juta tahun terakhir.

Pulau Terpadat di Dunia

Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 141.4 juta jiwa. Pulau ini ditempati 56.7% penduduk Indonesia pada tahun 2019.

Hutan Tropis yang Besar

Hutan Indonesia adalah hutan tropis ketiga paling besar di dunia. Indonesia menjadi tempat bagi 10% sampai 15% dari semua tanaman, mamalia, dan burung. Dari orangutan hingga burung cendrawasih, lalu spesies langka yang terancam punah dapat ditemukan di hutan Indonesia.

Keindahan Batu Gantung dari Danau Toba yang Menyimpan Cerita Kesedihan

Nah itu adalah fakta-fakta dari Indonesia, menarik bukan? Ini bahkan hanya sedikit saja loh Kawan GNFI. Sungguh masih banyak lagi dan semakin bikin penasaran untuk menemukan fakta menarik lainnya. Kita harus turut berbangga karena menjadi bagian dari Indonesia.

Sumber fakta : journeybeyondhorizon.com | factsofindonesia.com | worldatlas.com | orangutan.org | wowshack.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini