King's College London Akan Bangun Kampus di Malang, Hadirkan Pendidikan Berkualitas Top

King's College London Akan Bangun Kampus di Malang, Hadirkan Pendidikan Berkualitas Top
info gambar utama

Perguruan tinggi papan atas Inggris King's College London akan membangun kampus di Malang, Jawa Timur.

Hal itu telah dikonfirmasi oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto. Pembangunan direncanakan akan dimulai pada tahun 2023 ini.

"Sudah dipastikan pada 2023 akan ground breaking, dan pada 2024 sudah ada sistem perkuliahan," ujar Tomie seperti dilansir ANTARA.

Lokasi persis pembangunan gedung King's College London adalah di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari. Daerah tersebut merupakan kawasan ekonomi khusus yang difungsikan sebagai sentra pengembangan sektor pendidikan. Itu juga yang menjadi alasan King's College London memilih membangun kampus di sana.

Selain itu, KEK Singhasari juga dianggap telah memiliki infrastuktur penunjang yang memadai. Ini termasuk infrastuktur untuk mengembangkan Teknologi Informasi.

Pertama di Indonesia. Selamat Datang, Universitas Siber Muhammadiyah

Mengenal KEK Singashari dan King's College London

KEK Singhasari merupakan Kawasan Ekonomi Khusus yang telah beroperasi sejak November 2022. Dengan demikian, kawasan ini memiliki hak atas pemanfaatan fasilitas dan berbagai kemudahan yang memang menjadi keistimewaan sebuah Kawasan Ekonomi Khusus, misalnya tax holiday dan tax allowance, serta bebas bea masuk.

KEK Singhasari diklaim sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang disiapkan sebagai pusat Pendidikan kelas dunia, jantung ekonomi kreatif dan digital. Kawasan ini juga didesain dengan pendekatan wisata dan budaya.

"Perkembangan pendidikan di dunia menunjukkan peningkatan inisiasi atas Trans-National-Education & Going Global Partnership. Hal ini terlihat dari banyaknya Perguruan Tinggi Luar Negeri dari negara-negara maju yang sedang mengembangkan sayapnya ke negara-negara berkembang. Dalam hal ini, Indonesia masuk sebagai target di posisi atas untuk pengembangan tersebut.” ujar Elen Setiadi selaku Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK, sebagaimana dilansir laman kek.go.id.

Sementara itu, King's College London adalah kampus terkemuka, bukan hanya di Inggris melainkan juga dunia. Laman resminya menyebut King's College London didirikan pada tahun 1829, namun cikal-bakalnya sudah ada sejak abad ke12.

King's College London punya ribuan mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Kini, King's College London telah membuktikan diri sebagai perguruan tinggi terkemuka dunia. Mengacu kepada Times Higher Education World Rankings 2023, King's College London menempati peringkat 35 dunia.

Kampus King's College London yang berada di KEK Singhasari pun diklaim akan punya metode dan sistem akademik yang sama seperti di Inggris. Dengan demikian, akan banyak manfaat yang didapat Indonesia.

"Jadi bukan hanya perwakilan. Kampus itu akan berdiri di sini dengan metode dan sistem yang sama seperti di Inggris," ujar Tomie Herawanto.

Cerita di Balik Keberhasilan Siswi Madrasah yang Diterima 6 Universitas Top Dunia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini