Kopi Gayo, Berburu Oleh-Oleh Khas di Pasar Aceh

Kopi Gayo, Berburu Oleh-Oleh Khas di Pasar Aceh
info gambar utama

Hai, Kawan GNFI semuanya, peu haba? (peu haba: apa kabar dalam Bahasa Aceh).

Untuk Kawan GNFI semua yang belum tahu, Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal sebagai surganya kopi. Di Aceh, ke mana pun kamu pergi, akan terlihat kedai kopi di seluruh penjuru mulai dari kota hingga pedesaan. Dan yang uniknya, Aceh juga memiliki kopi khasnya sendiri Kawan GNFI, namanya Kopi Gayo.

Kopi Gayo sendiri merupakan salah satu produk unggulan dan juga kebanggaan masyarakat Aceh dikarenakan sudah bisa memproduksi bahkan melakukan ekspor sampai ke luar negeri, keren banget, kan?

Salah satu kedai oleh-oleh Khas Aceh yang ada di Pasar Aceh, Kota Banda Aceh
info gambar

Kopi Gayo memiliki rasa dan aroma yang khas. Kawan GNFI tahu tidak, darimana kopi ini berasal? Ya, sesuai dengan namanya, Kopi Gayo, berasal dari dataran tinggi Kabupaten Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh. Dengan letak geografis Kabupaten Gayo yang berada di dataran tinggi dan memiliki udara yang sejuk, terciptalah produk tanaman kopi dengan kualitas premium dan mendunia. Kopi Gayo ini merupakan jenis kopi arabika dengan rasa yang tidak terlalu pahit, keasaman yang rendah serta memiliki sedikit rasa manis.

Kopi Gayo menjadi salah satu primadona oleh-oleh khas Aceh yang wajib Kawan beli jika Kawan berwisata ke Aceh. Bagi pencinta kopi, Kopi Gayo menjadi daya tarik tersendiri sehingga sangat banyak wisatawan yang ketika akan pulang dari Aceh pasti akan membeli kopi ini sebagai oleh-oleh.

Namun Kawan GNFI, disarankan apabila kamu sedang bermain ke Aceh, untuk tetap wajib mencicip Kopi Gayo langsung di kedai kopinya, agar Kawan GNFI semua tahu dan bisa merasakan minum kopi buatan abang-abang barista kedai kopi yang ada di Aceh. Tentunya, rasanya akan terasa lebih istimewanya!

Kawan GNFI, bukan hanya kopi yang bisa Kawan bawa sebagai oleh-oleh jika kalian main-main ke Aceh, tetapi masih banyak lagi oleh-oleh lainnya yang akan Kawan temui. Contohnya ada keripik, kue kering, dendeng sapi, sampai cinderamata khas Aceh. Semua itu bisa dengan mudah Kawan dapatkan di toko oleh-oleh yang tersebar di berbagai kota yang ada di Provinsi Aceh.

Khusus di Kota Banda Aceh, Kawan GNFI bisa membeli oleh-oleh khas di Pasar Aceh. Pasar ini memiliki konsep pasar modern dimana Kawan bisa menemui banyak sekali oleh-oleh khas Aceh. Bukan hanya makanan tetapi ada juga souvenir yang sangat indah menggambarkan kemegahan provinsi Aceh dengan julukan "Kota Serambi Mekkah". Namun, jika sedang belanja di pasar ini, kalian tetap harus pakai jurus tawar-menawar ya, agar kualitas barang dengan harga yang ditawarkan ke Kawan GNFI semua sebanding.

Jika Kawan GNFI main ke Pasar Aceh, penjual oleh-oleh ini letaknya paling ujung bersebelahan dengan Masjid Raya Baiturrahman. Jadi kamu bisa sekalian berkunjung ke Masjid Raya ketika mencari oleh-oleh khas Aceh, atau sebaliknya

Aceh memiliki banyak sekali ikon wisata dan Pasar Aceh ini merupakan salah satu ikon yang cukup terkenal sebagai pusat oleh-oleh terbesar yang ada di Aceh, terutama Kota Banda Aceh. Jadi, kalau Kawan berkunjung ke sana, pastikan kalian harus singgah ke Pasar Aceh untuk membeli oleh-oleh dan juga eksplor apa saja yang ada didalamnya.

Sekian cerita pertama dari Tanah Rencong yang dirangkum untuk Kawan GNFI semuanya. Kenapa kisah kali ini tentang oleh-oleh khas Aceh? Karena pergi wisata tanpa membawa pulang buah tangan rasanya hampa bukan? Ke depan, akan bercerita lebih banyak tentang keindahan alam ujung paling barat Indonesia yang mungkin masih banyak Kawan GNFI belum tahu. Jadi, Kawan GNFI nantikan cerita-cerita berikutnya, ya. Sampai jumpa!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini