8 Jenis Ikan Channa yang Populer dan Cocok Dipelihara di Akuarium

8 Jenis Ikan Channa yang Populer dan Cocok Dipelihara di Akuarium
info gambar utama

Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa menjadi alternatif peliharaan manusia di akuarium. Di antara semua ikan peliharaan, salah satu yang paling populer adalah ikan channa. Ikan ini merupakan predator alam yang berhabitat di perairan tawar di Asia.

Channa merupakan jenis hewan karnivora yang memangsa ikan-ikan kecil, cacing, dan katak. Ikan channa atau yang disebut snakehead memiliki berbagai jenis dengan warna dan corak yang berbeda.

Berikut ini adalah 8 jenis ikan channa yang cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan.

1. Channa Micropeltes

Channa Micropeltes
info gambar

Ikan ini memiliki nama lain giant snakehead. Nama tersebut diberikan karena Channa micropeltes merupakan spesies terbesar di dalam sukunya.

Ukurannya bahkan bisa mencapai 1,3 meter. Ikan ini dikenal sangat agresif dan bisa menyerang penghuni akuarium lain.

Baca juga: Tak Hanya Primadona Ekspor Hasil Perairan, Ikan Hias Jadi Salah Satu Penopang Perekonomian

2. Channa Marulioides

Marulioides
info gambar

Channa marulioides adalah jenis ikan channa yang cukup terkenal di Indonesia. Ikan ini termasuk cukup mahal karena kualitasnya yang bagus. Corak tubuh ikan ini memiliki warna yang mentereng seperti sebuah lukisan.

Keindahan corak kuning dan hitam inilah yang membuat ikan channa ini dijual dengan harga jutaan rupiah. Selain itu, Channa maruliodes bisa tumbuh hingga lebih dari 80 cm.

3. Channa Limbata

Limbata
info gambar

Jenis ikan channa kedua adalah channa limbata. Ikan ini juga disebut sebagai gachua dan banyak ditemui di daerah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

Ikan Channa limbata dapat tumbuh mencapai 20 cm. Ikan ini cocok dipelihara karena memiliki corak yang khas dan hidup berpasangan.

Baca juga: Fakta Unik Ikan Red Devil: Predator yang Dilarang di Indonesia

4. Channa Bankanensis

Bankanensis
info gambar

Channa bankanensis adalah jenis ikan channa yang tinggal di perairan Kepulauan Bangka. Ikan ini memiliki kemiripan dengan ikan cupang, yaitu akan memekarkan insangnya ketika sedang marah.

Tubuh ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai 20 sampai 24 cm sehingga dikategorikan sebagai ikan yang mungil. Karakteristiknya adalah tubuhnya yang coklat diselimuti oleh bercak hitam.

5. Channa Lucius

Lucius
info gambar

Jenis ikan channa selanjutnya adalah Channa lucius. Ikan channa jenis ini biasanya hidup di sungai dalam hutan di Indonesia, dan sering dijumpai di daerah Kalimantan.

Channa lucius juga disebut sebagai forest snakehead. Ikan ini juga tergolong sebagai ikan yang pemalas.

6. Channa Melanoptera

Melanoptera
info gambar

Ikan Channa melanoptera ini merupakan jenis ikan channa yang berhabitat di daerah Sumatera dan Kalimantan. Pertumbuhan ikan ini termasuk sedang. Panjang tubuhnya bisa mencapai 65 cm.

Channa jenis ini juga termasuk dalam channa yang agresif. Nama lainnya adalah black finned snakehead. Termasuk sebagai ikan peliharaan yang cantik karena channa melanoptera memiliki warna yang cerah.

Baca juga: Ikan Dewa: Habitat, Ciri, dan Fakta Uniknya

7. Channa Pleurophthalma

Pleurophthalma
info gambar

Jenis ikan channa selanjutnya adalah channa pleurophthalma. Ikan channa jenis ini sering juga disebut sebagai Channa pleuro. Keunikan dari ikan ini adalah coraknya yang berbentuk bulatan yang terlihat seperti sebuah kelereng.

Ikan Channa pleuro sendiri memiliki ukuran yang besar yaitu 40 cm. Jika Kawan tertarik untuk meminangnya, maka siapkanlah akuarium yang besar. Selain karena ukurannya, ikan ini juga sangat aktif berenang.

8. Channa Andrao

Pleurophthalma
info gambar

Jenis ikan channa terakhir adalah Channa andrao. Jenis ikan ini juga memiliki corak yang cantik. Selain itu, Channa andrao juga cocok dipelihara di dalam akuarium karena ukurannya yang kecil. Ikan ini hanya mampu tumbuh sekitar 11cm saja, dengan sirip unik yang semakin membuatnya menarik.

Demikian adalah 8 jenis ikan channa yang cocok untuk dipelihara. Tentu pilihan-pilihan tersebut perlu Kawan pertimbangkan jika benar-benar ingin memelihara ikan channa ini di akuarium.

Baca juga: Jenis Ikan Koi Termahal yang Langka dan Bercorak Unik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini