Wisata Edukasi Basekan Farm & Ranch di Madiun

Wisata Edukasi Basekan Farm & Ranch di Madiun
info gambar utama

Jika Kawan GNFI penat dengan kesibukan sehari-hari, mungkin itu salah satu tanda sedang membutuhkan refreshing. Refreshing ke tempat wisata bersama keluarga, bisa menjadi mood booster sebelum kembali ke rutinitas harian. Basekan Farm & Ranch di Madiun, dapat menjadi pilihan menarik bersama keluarga atau sahabat.

Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2019 ini, menyajikan suasana pedesaan yang asri dan nyaman. Konsep peternakan dan keindahan alam yang disajikan kerap menjadikan Basekan Farm & Ranch sebagai tujuan destinasi wisata edukasi bagi warga Madiun sekitarnya.

Pusat Tenun Pertama di Bali, Sentra Tenun Jembrana Akan Jadi Tujuan Wisata Internasional

Lokasi

Basekan Farm & Ranch berada di sekitar rumah penduduk desa, tepatnya di desa Banjarsari Wetan dusun Basekan RT 22 RW 07, kecamatan Dagangan, Madiun, Jawa Timur. Akses menuju ke sana dapat melalui jalur utama jalan raya Geger-Madiun, menuju desa Banjarsari Wetan. Selain itu, bisa juga melewati jalur dari arah kecamatan Wungu atau alternatif jalur lainnya. Tenang saja, aplikasi Google Maps dapat diandalkan untuk memberi arah petunjuk menuju lokasi wisata.

Lebar jalan ke arah Basekan Farm & Ranch memang cenderung sempit karena berada area pedesaan. Namun, masih aman dilalui kendaraan roda 4. Akses jalannya sudah beraspal dan sedikit naik turun, tetapi tidak curam.

Ragam Wahana Basekan Farm & Ranch

Ada beragam wahana seru yang ditawarkan oleh pengelola Basekan Farm & Ranch. Mengusung konsep wisata edukasi untuk mendekatkan pengunjung pada alam dan hewan, Basekan Farm & Ranch dapat membuat pengunjung betah.

Kolam Renang

Terdapat 2 buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda. Ada kolam renang yang dangkal dan dalam. Pengunjung juga dapat menyewa pelampung renang.

Play Ground

Tersedia area bermain untuk anak-anak, mulai dari ayunan, perosotan dan lainnya. Area tersebut cukup luas untuk digunakan bergantian dengan anak-anak lainnya.

Nama Wisata Baru di Jatigede, Taman Seribu Cahaya

Memberi Makan Sapi dan Ikan

Tempat wisata yang mengusung tema peternakan ini, memiliki sapi, ikan dan burung. Pengunjung dapat menikmati keseruan memberi makan sapi dan ikan.

Menunggang Kuda

Salah satu hal menarik di Basekan Farm & Ranch adalah menyediakan kuda untuk dapat ditunggangi. Kuda yang ditunggangi akan berkeliling di sekitarnya. Jika belum dapat mengendalikan kuda sendiri, ada guide yang akan menemani.

Sewa Becak Mini dan Motor Trail Mini

Keseruan wahana lainnya adalah adanya persewaan becak mini dan motor trail mini untuk anak. Anak-anak diberi tantangan untuk melatih fisik atau kepercayaan diri untuk mengendarai kendaraan mini.

Fasilitas

Basekan Farm & Ranch melengkapi beragam fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Tempat parkir yang cukup luas dapat menampung kendaraan roda 2 atau roda 4 milik pengunjung.Tersedia banyak kamar mandi di beberapa tempat, bukan hanya di area kolam renang saja.

Ada gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk melepas penat bersama keluarga atau kerabat dalam jumlah banyak. Jika perut mulai keroncongan, dapat menuju kantin yang menyediakan ragam makanan, minuman atau sekadar menyantap camilan.

Basekan Farm & Ranch juga menyediakan spot foto menarik yang Instagramble. Ada latar pemandangan sawah di sekitarnya, taman yang dihiasi bunga-bunga cantik atau air sungai kecil serta bangunan ruang berbentuk oval yang aestetik.

Batu Kumila, Kisah Pasangan Dikutuk yang Kini Jadi Objek Wisata di Mamasa

Harga Tiket

Pengelola Basekan Farm & Ranch menyediakan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik. Namun, tidak perlu khawatir soal harga. Pengunjung hanya membayar tiket masuk seharga Rp 2.000. Tarif parkir juga masih terjangkau, kendaraan roda 2 akan dikenai tarif Rp 2.000 dan tarif roda 4 adalah Rp 5.000.

Sedangkan untuk beberapa wahana, pengunjung akan dikenai tarif yang berbeda-beda. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Berenang: Rp 7.000
  • Naik kuda: Rp 10.000
  • Sewa becak mini: Rp 5.000
  • Pakan sapi: Rp 2.000
  • Pakan ikan: Rp 2.000

Meskipun baru beroperasi dan terus berbenah, konsep yang diusung oleh Basekan Farm & Ranch ini cukup menarik minat pengunjung. Tempatnya yang bersih, asri, dan hawanya yang sejuk dapat menjadikan Basekan Farm & Ranch sebagai tujuan wisata hits di Madiun. Jadi, semakin tertarik untuk berkunjung ke sini?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini