Jelang WSBK 2023, 97,8 Ton Logistik Tiba di Sirkuit Mandalika

Jelang WSBK 2023, 97,8 Ton Logistik Tiba di Sirkuit Mandalika
info gambar utama

Tiga hari menjelang ajang balap motor super atau World Superbike Championship (WSBK) 2023, sejumlah logistik mulai berdatangan. Sebuah pesawat kargo yang mengangkut perlengkapan para rider seberat 97,8 ton, telah mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL), Senin kemarin (27/02/2023) pukul 23.35 WITA. Kapal terbang itu berangkat dari Bandara Avalon, Australia, menggunakan maskapai Qantas Airlines jenis Boeing 747-400 F

“Sudah proses unloading muatan pesawat pertama pengangkut logistik WSBK 2023 ini berjalan dengan baik dan lancar,” ucap General Manager BIL Rahmat Adil Indrawan, Selasa (28/02/2023) pagi.

Adil menerangkan, setelah menurunkan muatan WSBK di Lombok, pesawat bernomor registrasi QF7581 tersebut langsung lepas landas menuju Bangkok, Thailand. Sementara logistik dibawa ke Sirkuit Mandalika menggunakan 13 truk.

7 Tempat Wisata Populer di Lombok, Keindahan Alam hingga Desa Adat

Kemudian, satu pesawat lagi yang membawa motor para pembalap WSBK, dijadwalkan tiba di Lombok pada Rabu (1/3/2023) pukul 07.30 WITA. Motor yang jumlahnya puluhan itu bakal diangkut dari Kuala Lumpur dengan pesawat Xpress jenis Boeing 737-800F.

Untuk mendukung kesuksesan ajang WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika, menurut Adil, Bandara Internasional Lombok sudah siap menyambut para penonton dengan segala fasilitas infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM).

"Pada intinya kami siap melayani kedatangan maupun kepulangan logistik, pembalap, kru balap, serta para penonton WSBK," ujar Adil.

Mengutip laman Kemenparekraf.go.id, pihak penyelenggara telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut WSBK 2023 ini. Mulai dari memastikan kesiapan jalur lintasan, mengadakan track day setiap minggu, melakukan perbaikan sirkuit, sampai pengecekan rutin pada 17 tikungan ekstrem yang ada di Sirkuit Mandalika.

Tak hanya itu, panitia juga rutin melakukan pengecekan fasilitas, seperti timing system, sistem pencahayaan, serta race control. Jika ditemukan kerusakan, akan segera diperbaiki, bahkan diganti dengan yang baru.

Selain itu, pemerintah setempat juga turut mengupayakan ketertiban pedagang kaki lima agar tidak mengganggu rangkaian acara WSBK 2023.

Mengenal Bau Nyale, Tradisi Unik di Pantai Selatan Lombok NTB

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini