Sah, Lionel Messi Meraih Penghargaan FIFA Best Player 2022!

Sah, Lionel Messi Meraih Penghargaan FIFA Best Player 2022!
info gambar utama

Lionel Messi, Lionel Messi, Lionel Messi!

Begitulah kira-kira ketika kita bersorak melihat Messi mencetak gol. Tanpa keraguan, Lionel Messi atau yang akrab dengan nama La Pulga ini sukses mengunci gelar pemain pria terbaik FIFA edisi 2022.

Penghargaan ini merupakan agenda tahunan resmi yang dilaksanakan oleh FIFA. Hampir sama dengan Ballon d'Or yang masuk beberapa kategori, seperti pemilihan pemain terbaik, pelatih terbaik, kiper terbaik, tim terbaik, pemain wanita terbaik, gol terbaik, hingga fans terbaik. Pemilihan dipilih berdasarkan voting oleh kapten dari setiap tim, pelatih, dan jurnalis.

Penghargaan ini merupakan trofi ke-2 La Pulga sepanjang karirnya. Sebelumnya, nama-nama seperti Robert Lewandowski hingga rival abadinya Cristiano Ronaldo pun juga pernah mendapat penghargaan tersebut.

Pemain berkebangsaan Argentina itu kembali merasakan gelar yang sudah cukup lama ia nantikan. Penghargaan ini dilakukan dalam sebuah upacara di Kota Paris, Prancis, Selasa (28/02/2023).

Timnas U-20 Indonesia Sambut Piala Asia U-20 2023 dengan Optimisme Tinggi

La Pulga unggul dari nama-nama besar seperti Karim Benzema, Kevin de Bruyne, Joao Cancelo, Virgil van Dijk, Casemiro hingga sahabat karibnya di Paris Saint Germain, yakni Kylian Mbappe, Neymar da Silva dan Achraf Hakimi.

Teman di timnas Argentina, yakni Emiliano Martinez juga mendapat penghargaan sebagai kiper pria terbaik FIFA 2022. Tidak hanya Emiliano Martinez, pelatih Lionel Scaloni yang membantu La Pulga sukses menyabet trofi Piala Dunia 2022 tersebut juga mendapatkan hal yang serupa, yakni penghargaan sebagai pelatih pria terbaik FIFA 2022.

Bahkan, fan Argentina juga mendapat penghargaan sebagai fan terbaik FIFA 2022.

Lionel Messi & Gianni Infantino
Lionel Messi & Gianni Infantino | Foto: AP/Michel Euler


Kemenangan ini layak didapatkan oleh Lionel Messi mengingat statistik pemain asal klub Paris Saint Germain tersebut sangat jauh di atas para pemain lainnya. Betapa tidak, The Boy from Rosario itu berhasil memenangkan trofi Piala Dunia 2022 sebelum mendapatkan penghargaan pemain terbaik FIFA 2022 tersebut.

Lionel Messi juga berhasil mencatatkan rekor selalu tampil dan mencetak assist dalam 5 edisi piala dunia terakhirnya, yakni Piala Dunia 2006 di Jerman, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Piala Dunia 2014 di Brasil, Piala Dunia 2018 di Russia hingga Piala Dunia Qatar 2022.

Ia juga mencatatkan rekor man of the match terbanyak sepanjang masa dalam ajang 4 tahunan tersebut sebanyak 8 kali. Lionel Messi menampilkan performa ciamik dalam gelaran Piala Dunia 2022.

F1 Powerboat di Danau Toba Sukses, Pujian Berdatangan
Lionel Messi lift the world cup trophy
info gambar


Tidak hanya kontribusi di lapangan saja, La Pulga juga menunjukan jiwa leadership-nya untuk menyatukan squad La Albiceleste bermain baik di bawah asuhan pelatih Lionel Scaloni. La Pulga sukses mencetak 8 gol dan 3 assist sepanjang turnamen. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Lionel Messi sangat senang atas pencapaian yang dia raih. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih Lionel Scaloni dan rekan satu tim saya, tanpa mereka, saya tidak ada disini," ujar Messi.

"Saya mencapai mimpi yang sudah lama saya harapkan dan akhirnya saya mencapainya. Itu adalah mimpi bagi pemain mana pun, sangat sedikit orang yang bisa mencapainya dan saya cukup beruntung untuk melakukannya," tambahnya.

Berikut adalah 10 besar pemain pria terbaik FIFA 2022:
1. Lionel Messi (Argentina) - 52 poin
2. Kylian Mbappe (Prancis) - 44 poin
3. Karim Benzema (Prancis) - 34 poin
4. Luka Modric (Kroasia) - 28 poin
5. Erling Haaland (Norwegia) - 24 poin
6. Sadio Mane (Senegal) - 19 poin
7. Julian Alvarez (Argentina) - 17 poin
8. Achraf Hakimi (Maroko) - 15 poin
9. Neymar da Silva (Brasil) - 13 poin
10. Kevin de Bruyne (Belgia) - 10 poin

Daftar 11 pemain terbaik dunia FIFA 2022:
1. Kiper: Thibaut Courtois
2. Bek: Achraf Hakimi, Virgil van Dijk, Joao Cancelo
3. Gelandang: Kevin de Bruyne, Casemiro, Luka Modric
4. Penyerang: Lionel Messi, Karim Benzema, Erling Haaland, Kylian Mbappe

Indonesia Boyong Medali dan Torehkan Rekor di Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023

Daftar seluruh pemenang dalam semua kategori:
1. Pemain pria terbaik: Lionel Messi
2. Pemain wanita terbaik: Alexia Putellas
3. Kiper pria terbaik: Emiliano Martinez
4. Kiper wanita terbaik: Mary Earps
5. Pelatih pria terbaik: Lionel Scaloni
6. Pelatih wanita terbaik: Sarina Wiegman
7. Gol terbaik: Marcin Oleksy
8. Fan terbaik: Argentina
9. The Best Fair Play: Luka Lochoshvili

Dari pencapaian yang sudah diraihnya selama tahun 2022, bukan tidak mungkin Lionel Messi mendapat penghargaan Ballon d'Or juga tahun ini. Patut kita nantikan juga torehan prestasi lainnya dari La Pulga selama ia masih menjadi pemain sepak bola.

Referensi: BBC.com | Fifa.com | Bola.net | ESPN.com | Goal.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini