7 Rekomendasi Destinasi Wisata Hidden Gem di Kabupaten Batang

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Hidden Gem di Kabupaten Batang
info gambar utama

Rekomendasi wisata di Kabupaten Batang tentu beragam. Kawan bisa jadikan pilihan itu sebagai tujuan untuk berwisata. Daya tarik yang dimiliki oleh Kabupaten Batang yang terletak di Provinsi Jawa Tengah akan membuat para wisatawan penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisatanya. Maka dari itu, bagi Kawan GNFI yang sedang ingin berkunjung ke Kabupaten Batang, tentu akan membutuhkan rekomendasi tempat wisata untuk dikunjungi.

Bagi Kawan yang mungkin sama sekali belum pernah menyambangi Kabupaten Batang, Kawan harus tahu tempat-tempat wisatanya yang bisa didatangi sebagai destinasi liburan. Kali ini, kita akan membahas sejumlah rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Batang.

Pantai Sigandu

Pantai Sigandu | Foto: instagram.com/alsanshine
info gambar

Pantai Sigandu sangat terkenal sejak lama dalam daftar wisata di Batang. Berada sekitar 2 km sebelah utara Batang, dari Jalur Pantura (Alun-alun Kota Batang) hanya 10-15 menit untuk menuju pantai terkenal ini. Pantai Sigandu menampilkan pesona pantai pasir dengan panorama matahari terbit juga terbenamnya yang sangat memikat wisatawan.

Beberapa fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, mulai tempat parkir, musala, toilet, hingga resto yang menawarkan sajian seafood yang lezat. Pantai ini juga cocok untuk berwisata keluarga, terutama yang memiliki anak kecil. Bersebelahan dengan Batang Dolphins Center dan Taman Safari Indonesia di Kabupaten Batang, wisatawan bisa sekalian mengunjunginya untuk melihat atraksi lumba-lumba yang legal.

Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran | Foto: instagram.com/koerniandy
info gambar

Di daerah Batang, terdapat wisata kebun teh yang cukup tersohor. Wisata yang dinamai Kebun Teh Pagilaran ini menjadi agrowisata unggulan di Kabupaten Batang. Bukan tanpa alasan, kondisi lingkungan sekitar kebun yang masih asri dan alami membuatnya memperoleh nominasi sebagai wisata agro terbaik.

Kebun teh yang berada di atas 600 mdpl hingga 1600 mdpl ini tak hanya menawarkan hamparan tanaman teh yang ciamik. Pengunjung juga dapat merasakan asyiknya melakukan kegiatan tea walk bersama orang terkasih. Suasana kebun yang sejuk dan menenangkan, akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Telaga Dringo

Telaga Dringo | Foto: instagram.com/ryanf_jr
info gambar

Telaga Dringo merupakan wisata alam di Batang yang memungkinkan para wisatawan untuk bisa melihat hijaunya pepohonan yang masih asri. Telaga yang berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara ini secara administratif masuk ke dalam Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Telaga yang dikelilingi perbukitan hijau nan indah menghasilkan perpaduan ciamik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Tempat rekreasi ini sangat cocok jika dikunjungi Kawan GNFI yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan alam sekitar. Jangan lupa membawa kamera untuk membidik setiap spot indah di Telaga Dringo.

Legenda Nyai Randinem sebagai Koki Pertama Serabi Kalibeluk dari Kota Batang

Bukit Sri Gunung

Bukit Sri Gunung | Foto: instagram.com/dhane_bgs
info gambar

Bagi Kawan GNFI yang menyukai tanaman dan bunga, Bukit Sri Gunung adalah pilihan tempat wisata terbaik untuk Kawan. Pasalnya, Bukit Sri Gunung ini menampilkan pemandangan hamparan bunga dengan latar belakang perbukitan. Ada puluhan jenis bunga yang sengaja ditanam pengelola di puncak bukit serta gazebo untuk menikmati suasana taman tersebut. Kawan bisa membayangkan indahnya tempat ini.

Untuk sampai di tempat ini, Kawan perlu menempuh perjalanan dari pinggir Jalan Raya Pantura, Kabupaten Batang. Lokasinya tak jauh dari jalan tersebut. Nikmati pemandangan perbukitan dan abadikan momen liburan Kawan GNFI di sana.

Curug Genting

Curug Genting | Foto: instagram.com/huyfikri_
info gambar

Curug Genting di Kabupaten Batang ini menyajikan view yang sangat eksotis. Wisata ini sempat populer sekitar tahun 2009an dan masih eksis hingga kini. Wisata ini menyajikan kondisi alam yang sangat alami. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke Curug Genting.

Bagi Kawan yang suka dengan suasana perbukitan dan hutan hijau yang masih sepi, mengunjungi tempat wisata ini tentu menjadi salah satu agenda yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi Curug Genting berada di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Kawan GNFI bisa menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari pusat Kota Batang.

Desa Wisata Pranten

Desa Wisata Pranten | Foto: instagram.com/_sayaluf
info gambar

Kabupaten Batang memiliki desa wisata yang menyuguhkan keelokan alam alaminya. Desa yang diberi nama Pranten ini wajib masuk ke dalam daftar tujuan berlibur Kawan GNFI selama di Kabupaten Batang. Mayoritas penduduk Desa Wisata Pranten bermata pencaharian sebagai petani. Hal itulah desa ini menghasilkan berbagai sayur-mayur yang berkualitas.

Daya tarik yang dimiliki desa ini adalah keberadaan mata air hangat yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tak jarang, para wisatawan membawa pulang mata air hangat di tempat tersebut dengan tujuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Letak desa yang berada di ketinggian 1700 mdpl ini membuatnya memiliki suhu yang sejuk.

Way Kambang Edupark

Way Kambang Edupark | Foto: instagram.com/waykambang_official
info gambar

Tempat rekreasi Way Kambang ini memiliki daya tarik utama, yaitu mempunyai suasana nyaman dan menyenangkan untuk keluarga ataupun pasangan, serta dilengkapi beragam fasilitas dan spot foto menarik. Pantas jika dijadikan sebagai salah satu tujuan yang wajib dikunjungi ketika berada di Batang.

Way Kambang Edupark buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk yang dibanderol Rp15.000 per orang untuk dewasa dan Rp10.000 per orang untuk anak-anak. Ketika memasukinya, Kawan akan merasakan udara yang sejuk dan memanjakan mata karena dikelilingi berbagai jenis bunga.

Tak hanya itu, wisata Way Kambang Edupark juga menawarkan spot foto yang instagramable di setiap sudutnya, seperti ikon balon udara ala Cappadocia, miniatur homestay, dan lain-lain yang menjadi favorit pengunjung berfoto di wisata ini.

Itulah deretan tempat wisata yang patut Kawan GNFI kunjungi selagi menapakkan kaki di Kabupaten Batang. Meski daerah tersebut cukup asing, ada begitu banyak destinasi wisata yang wajib Kawan eksplor. Contohnya wisata pantai, curug, kebun, dan lain lain. Semuanya akan memberi Kawan GNFI pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Referensi: Libur.co | Kotomono.co | IDN Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MP
KO
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini