Dari Wibu, Pelakor, Hingga Mabar! 10 Istilah Gaul Ini Ternyata Sudah Masuk Dalam KBBI

Dari Wibu, Pelakor, Hingga Mabar! 10 Istilah Gaul Ini Ternyata Sudah Masuk Dalam KBBI
info gambar utama

Dewasa ini, istilah gaul sudah sering Kawan dengar di berbagai platform. Tentunya, ada beberapa istilah gaul yang masuk dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sebelum itu, Kawan perlu mengetahui tentang sifat dari bahasa.

Sekilas tentang Bahasa

Bahasa merupakan alat komunikasi yang bersifat produktif dan dinamis. Bahasa dikatakan bersifat produktif karena dengan sejumlah unsur yang terbatas, dapat dibentuk ujaran-ujaran yang tidak terbatas. Selain itu, bahasa bersifat dinamis, yang berarti bahasa sendiri akan terus berkembang dan tidak terlepas dari kemungkinan untuk bahasa itu sendiri mengalami perubahan sewaktu-waktu. Seiring berjalannya waktu dan terus berkembangnya teknologi, komunikasi menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Interaksi masyarakat tidak lagi hanya sebatas interaksi antara satu atau dua orang, melainkan banyak orang dalam berbagai platform yang beragam, mulai dari forum sampai media sosial. Hal ini ternyata juga berpengaruh terhadap terbentuknya istilah-istilah baru yang berkembang di masyarakat kita yang juga dikenal dengan "Bahasa Gaul". Apakah Kawan GNFI mengetahuinya? Ternyata beberapa istilah dalam bahasa gaul ini juga sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berikut adalah beberapa istilah bahasa gaul yang ada dalam KBBI.

10 Istilah Gaul yang Masuk dalam KBBI

1. Wibu

Definisi Kata Wibu Dalam KBBI
info gambar

Apakah Kawan GNFI sekalian pernah atau bahkan sering mendengar kata "Wibu" di media sosial? secara harfiah dalam KBBI, kata "Wibu" ternyata diartikan sebagai orang yang terobsesi dengan budaya dan gaya hidup orang Jepang.

2. Julid

Definisi Kata Julid Dalam KBBI
info gambar

Kata "Julid" seringkali dipakai untuk hal yang berkaitan dengan konflik dan cenderung berkonotasi negatif dalam media sosial. Dalam KBBI, kata "Julid" dapat diartikan sebagai perasaan iri dan dengki terhadap keberhasilan orang lain, yang biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang bersifat menyudutkan orang/kelompok tertentu.

3. Baper

Definisi Kata Baper Dalam KBBI
info gambar

Mungkin Kawan GNFI sering mendengar kata "Baper" baik dalam konteks romansa ataupun dalam konteks emosional lainnya. Kata "Baper" sendiri merupakan singkatan dari kata "Bawa" dan "Perasaan". Di dalam KBBI sendiri, baper diartikan sebagai perasaan berlebihan atau sensitif dalam menanggapi suatu hal.

Baca juga: Deretan Kata 'Gaul yang Sudah Ada di KBBI

4. Santuy

Definisi Kata Baper Dalam KBBI
info gambar

Disaat Kawan terburu-buru dalam melakukan sesuatu, mungkin kata yang satu ini bisa jadi digunakan oleh Kawan atau orang di sekitar kita untuk mencairkan suasana dan bermaksud membuat kita menjadi lebih rileks. Kata "Santuy" dalam KBBI secara harfiah dapat diartikan sebagai bentuk lain dari kata "Santai". Adapun kata "Santai" sendiri dalam KBBI dapat diartikan sebagai perasaan bebas dan senggang dari rasa ketegangan.

5. Cuan

Definisi Kata Cuan Menurut KBBI
info gambar

Kata Cuan barangkali sering diasosiasikan terhadap konten yang berkaitan dengan bisnis atau ekonomi. Tahukah Kawan? Secara harfiah dalam KBBI dapat diartikan sebagai "Untung".

6. Ambyar

Definisi Kata Ambyar Dalam KBBI (Sumber:Kbbi.Kemendikbud.go.id)
info gambar

Kawan GNFI familier dengan kata "Ambyar"? Ternyata secara harfiah, Kata ambyar dalam KBBI dapat diartikan sebagai sesuatu yang bercerai-berai; berpisah-pisah dan tidak terkonsentrasi lagi.

7. Pelakor

Definisi Pelakor Dalam KBBI
info gambar

Kata "Pelakor" merupakan singkatan dari "Perebut Laki Orang". Dalam KBBI sendiri, kata ini didefinisikan sebagai sebutan untuk perempuan yang menggoda dan merebut suami orang atau dapat disebut juga "Selingkuhan".

8. Caper

Definisi Caper Dalam KBBI
info gambar

Mungkin Istilah "Caper" sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari kita dan sering diarahkan kepada orang dengan kepribadian "Narsistik". Apakah Kawan GNFI tahu? Kata Caper ternyata juga sudah ada di dalam KBBI dan diartikan sebagai sebuah singkatan dari kata "Cari" dan "Perhatian".

Baca juga: Makna Healing dalam Bahasa Gaul, Cara agar Hidup Bahagia?

9. Mager

Definisi Kata Mager Dalam KBBI
info gambar

Apakah Kawan sedang merasa tidak bersemangat dalam melakukan sesuatu? Berarti Kawan GNFI bisa dikatakan sedang "Mager". Kata "Mager" dalam KBBI didefinisikan sebagai bentuk yang lebih singkat dari "Malas" dan "Bergerak". Dengan kata lain, mager dapat diartikan sebagai keadaan seseorang yang enggan melakukan aktivitas atau malas.

10. Mabar

Definisi Kata Mabar Dalam KBBI
info gambar

Kawan GNFI yang suka bermain Game dengan jumlah pemain lebih dari satu atau permainan strategi mungkin tahu dengan istilah "Mabar". Kata mabar dalam KBBI sendiri merupakan bentuk singkat dari "Main" dan "Bareng". Kata "Mabar" seringkali digunakan sebagai ajakan untuk bermain bersama.

Bagaimana Kawan GNFI? Apakah Kawan semua sudah familier dengan kata-kata di atas?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini