Gohu Ikan, Sajian Ikan Mentah khas Ternate yang Mirip Sashimi

Gohu Ikan, Sajian Ikan Mentah khas Ternate yang Mirip Sashimi
info gambar utama

Daerah Maluku merupakan sebuah wilayah yang terdiri atas banyak pulau. Tak cuma itu, kekayaan sumber daya laut di daerah ini juga jadi keunggulan tersendiri. Termasuk dari tangkapan ikan dari nelayan lokal yang punya kualitas baik dengan rasa yang juga nikmat.

Dengan begitu, tak heran bila ikan menjadi bahan dasar untuk berbagai olahan kuliner di daerah ini. Salah satu sajian yang bisa kita nikmati dan telah menjadi makanan khas dari daerah Ternate adalah gohu ikan.

Sashimi khas Maluku

Gohu ikan berasal dari Maluku atau Maluku Utara dan merupakan makanan khas dengan cita rasa otentik selain Papeda.

Kawan GNFI mungkin sudah familiar dengan makanan sashimi, olahan ikan yang berasal dari Jepang dan terbuat dari ikan mentah yang dimakan dengan kecap, wasabi, jahe, serta bahan pendamping lainnya. Meskipun mentah, sashimi ini punya kelezatan tersendiri dari segi rasa dan kandungan nutrisinya juga baik untuk tubuh.

Nah, gohu ikan ini adalah makanan yang serupa dengan sashimi dari segi pengolahan ikannya. Sama-sama mentah, tetapi cara penyajian serta bumbu yang digunakan menggunakan sentuhan cita rasa khas Ternate.

Gohu ikan biasanya menggunakan ikan tuna atau ikan cakalang segar. Dalam bahasa lokal, gohu artinya memakan suatu makanan secara mentah. Ikan-ikan ini biasa ditangkap oleh para nelayan Ternate di sekitar Laut Banda dan bagian utara Laut Sulawesi.

Bersumber dari situs Jalur Rempah Kemdikbud, makanan ini kemungkinan tercipta dari kebiasaan nelayan Ternate di abad ke-14, tepatnya ketika Ternate menjadi wilayah penghasil rempah.

Ketika di laut, nelayan ini mencoba mengolah ikan tangkapannya secara mentah. Agar semakin nikmat, maka digunakanlah bumbu-bumbu yang sederhana, awet, dan mudah dibawa. Sehingga, lama kelamaan terciptalah gohu ikan ini.

Asam segar gurih

Gohu ikan adalah salah satu makanan favorit orang-orang Ternate serta menjadi kebanggaan tersendiri karena menggambarkan hasil tangkapan ikan yang melimpah sepanjang tahun dan penyajiannya termasuk unik. Bahkan, oleh orang Ternate ikan cakalang dianggap sebagai rajanya ikan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gohu ikan ini cukup sederhana. Hanya menggunakan garam, kemangi, serta jeruk nipis yang dicampur dengan ikan mentah yang sudah dipotong-potong. Ada pula yang mencampurnya dengan kenari dan jeruk cui.

Biasanya, gohu ikan menjadi teman ketika menyantap papeda atau nasi. Ketika dikunyah, sensasi kenyal namun lembut dari ikan akan berpadu dengan sensasi segar yang memiliki rasa gurih, asin, dan manis.

Jadi, apakah Kawan GNFI tertarik untuk mencicipinya?

Ikan Asar, Kuliner Sarat Makna Ketahanan Pangan Ambon

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini