Alvaro Bautista Sah Jadi Jawara Sirkuit Mandalika

Alvaro Bautista Sah Jadi Jawara Sirkuit Mandalika
info gambar utama

Alvaro Bautista sah menjadi jawara Sirkuit Mandalika. Ia sukses menang dalam dua balapan World Superbike 2023 di Sirkuit Mandalika.

World Superbike kembali hadir di Sirkuit Mandalika. Ajang balap kelas dunia itu diselenggarakan di sana pada Jumat (3/3) hingga Minggu (5/5).

Seperti biasa, sesi race atau balapan 1 dan 2 menjadi sajian utama yang digelar pada Sabtu dan Minggu. Dalam dua balapan itu, khalayak diperlihatkan kesukses Alvaro Bautista sebagai pemenang di Sirkuit Mandalika.

Dalam race 1 pada Sabtu, Bautista yang tergabung dalam tim Aruba.it Racing finis terdepan dengan catatan waktu 1 menit 32.803 detik. Ia unggul 4,890 detik dari penantang utamanya, Toprak Razatliouglu.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Xavi Vierge dengan selisih waktu 3,050 detik dari Bautista. Lalu posisi keempat ditempati rekan setim Bautista, Ruben Rinaldi.

Kemudian dalam race 2 pada Minggu, Bautista mencatatkan waktu 21 menit 43.781 detik, lebih cepat 1,218 detik dari Toprak Razatlioglu yang ada di posisi kedua. Sementara itu posisi ketiga diisi Xavi Vierge, sementara Ruben Rinaldi ada di posisi keempat.

Tim Panahan Berkuda Indonesia Gaet Gelar Juara Umum di Horseback Archery Friendship Qatar

Di Balik Kemenangan Bautista

Ada momen menarik di balik keberhasilan Bautista di Sirkuit Mandalika ini. Ia harus berebut posisi terdepan dengan Rinaldi yang merupakan rekan setimnya. Bautista pun bercerita bagaimana ia akhirnya bisa menang.

“Saya mengejarnya. Tapi, di Tikungan 1 saya membuat kesalahan dan melebar. Saya kehilangan lebih dari satu detik, jadi saya kehilangan banyak jarak dengan Rinaldi. Saya tidak berpikir mampu mengejarnya,” ujar Bautista seperti dilansir laman resmi World Superbike dan dikutip Skor.

“Tetapi di lap terakhir saya melihat dia menurun drastis. Saya mencoba untuk menjaga kecepatan dan ketika mampu melibasnya, saya mampu jauh lebih cepat untuk menjaga gap dengan lawan hingga finis.” katanya.

Keberhasilan Bautista ini sekaligus mengukuhkannya sebagai jawara Sirkuit Mandalika. Sebelumnya, Toprak Razatlioglu adalah sang pemenang di sirkuit ini.

Pada World Superbike musim 2022 lalu, Razatlioglu benar-benar berjaya di Sirkuit Mandalika. Pebalap asal Turki itu sukses menang dalam sesi race 1, Superpole Race, dan race 2. Ia pun menyapu bersih 62 poin yang merupakan jumlah poin maksimal yang bisa diraih seorang pebalap di satu sirkuit.

Kendati demikian hasil manis juga didapat Bautista. Balapan di Sirkuit Mandalika membuatnya mengunci gelar juara musim 2022.

Indonesia Berpotensi Menjadi Tuan Rumah Berbagai Acara Olahraga Internasional



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini