Jenis Ikan Cupang yang Paling Indah, Mana Favoritmu?

Jenis Ikan Cupang yang Paling Indah, Mana Favoritmu?
info gambar utama

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan peliharaan yang populer dengan warna mencolok, sisik warna-warni, serta sirip atau ekor panjang berkibar.

Ikan cupang sangat terkenal sebagai ikan teritorial dan berkelahi bila ditempatkan bersamaan atau saat melihat bayangannya sendiri. Nama ilmiah ikan ini adalah Betta Splendens. Oleh karena itu ikan ini dikenal juga dengan nama ikan beta.

Jenis Ikan Cupang yang Paling Indah

Jenis ikan cupang ternyata cukup banyak, paling tidak ada lebih dari 70 jenis yang mana setiap spesiesnya diklasifikasi berdasarkan bentuk ekor, warna dan pola sisik. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis ikan cupang yang memiliki warna dan fisik yang indah:

1. Ikan Cupang Paradise

jenis ikan cupang paradise
info gambar

Pada daftar pertama ada ikan Cupang Paradise. Ikan ini bisa dijumpai di daerah persungaian Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera. Jenis cupang ini memiliki nama latin Macropodus opercularis. Ciri fisik dari ikan ini terletak pada ekornya yang memiliki cabang.

Untuk warnanya sendiri campuran antara hijau, emas dan keabuan yang membuatnya terlihat sangat cantik. Cupang jenis ini sudah cukup langka sehingga layak untuk dipelihara dan bahkan bisa Kawan jadikan investasi karena harganya pasti akan kian meningkat saat dijual kembali.

Baca juga: Tak Hanya Primadona Ekspor Hasil Perairan, Ikan Hias Jadi Salah Satu Penopang Perekonomian

2. Ikan Cupang Belgi Bangkok.

ikan cupang coccina belgi bangkok
info gambar

Jenis cupang Belgi Bangkok memiliki warna yang unik dan cantik. Ikan cupang ini memiliki nama latin Betta unimaculata. Ukuran fisik ikan yang kerap disebut cupang coccina ini sekitar 7 cm. Dari sisi perilaku, ikan jenis petarung ini dikenal kuat dan ganas.

3. Ikan Cupang Giant

ikan cupang beta raksasa
info gambar

Jenis cupang ini bernama ilmiah Betta anabatoides yang dikembangbiakan breeder dari Thailand. Ikan ini panjangnya bisa mencapai 12-17 cm. Tak heran ikan ini pun sering disebut dengan nama 'Cupang Giant' karena mempunyai ukuran tubuh paling besar dibanding jenis betta fish lainnya.

Ukurannya yang besar membuat cupang jenis ini tak selincah jenis lainnya. Meski begitu cupang ini memiliki warna yang sangat cantik yaitu perpaduan antara biru muda, putih dan merah.

Baca juga: Fakta Unik Ikan Red Devil: Predator yang Dilarang di Indonesia

4. Ikan Cupang Veiltail

cupang veiltale
info gambar

Selanjutnya ada juga ikan Cupang Veiltail yang dikenal akan warna gradasinya yang sangat indah antara merah mudah, oranye, biru muda dan abu. Tak heran jika ikan cupang jenis ini sangat menawan. Apalagi bentuk ekornya juga sangat cantik. Oleh karena itu jenis ini sangat cocok untuk menjadi ikan hias yang dipelihara.

5. Ikan Cupang Half Moon

halfmoon
info gambar

Ikan Cupang Half Moon bisa menjadi jenis lainnya yang bisa Kawan pelihara. Jenis ini mempunyai ekor yang besar dan bentuknya setengah lingkaran layaknya bulan. Inilah yang kemudian membuat jenis ini diberi nama 'half moon'.

Jenis yang satu ini dikembangbiakan pada penangkarang secara ketat. Untuk itulah Kawan tak akan bisa menemukannya di alam liar. Ikan Cupang Half Moon umumnya dikembangbiakan oleh para ahli untuk dipamerkan. Selain memiliki ekor yang besar dan indah, ikan ini juga memiliki warna yang sangat cantik yaitu pink dan biru tua.

Baca juga: Jenis Ikan Koi Termahal yang Langka dan Bercorak Unik

6. Ikan Cupang Kachen Worachai

ikan cupang kachen worachai bendera thailand
info gambar

Ikan Cupang Kachen Worachai berasal dari Bangkok Thailand. Ikan cupang yang satu ini dikenal akan keunikan motif atau warnanya yaitu putih, merah dan biru tua layaknya warna bendera Thailand.

7. Ikan Cupang Betta Imbellis

betta imbellis
info gambar

Jenis lain yang tak kalah cantik dan menarik adalah ikan Cupang Betta Imbellis. Ikan ini dikenal juga dengan nama Slugger’s Betta yang merupakan jenis cupang asal provinsi Medan Indonesia dan Malaysia.

Ciri khas cupang jenis ini ada pada bentuk tubuhnya yang silinder dan warna tubuhnya yang hijau tua atau biru cemerlang. Kepalanya mempunyai bentuk bulat Panjang dengan warna hitam legam. Adapun bagian sirip insangnya mempunyai warna hitam yang transparan atau merah.

Baca juga: 8 Jenis Ikan Channa yang Populer dan Cocok Dipelihara di Akuarium

Sumber:

https://smartaquariumguide.com/giant-betta-fish/
https://www.ruparupa.com/blog/jenis-ikan-cupang/amp/

https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-ikan-cupang/amp/
https://www.pinhome.id/blog/jenis-ikan-cupang/
https://katadata.co.id/amp/redaksi/berita/612cc9a0af0bc/7-jenis-ikan-cupang-terpopuler-untuk-dipelihara
https://www.popbela.com/career/inspiration/amp/firly-fenti/jenis-ikan-cupang-hias?page=all#page-2
https://review.bukalapak.com/amp/hobbies/ikan-cupang-hias-100627

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini