Mengenal Lebih Dekat Program Studi Penerbitan Jurnalistik PNJ

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Penerbitan Jurnalistik PNJ
info gambar utama

Kawan tertarik menjadi wartawan atau penulis berita? Kalau begitu, Kawan harus mengambil konsentrasi jurnalistik di kampus.

Indonesia memiliki sejumlah program studi jurnalistik yang banyak diincar camaba, seperti Fikom UNPAD, Fisip UI, dan Fikom UMN. Eits, tak hanya di universitas, program studi jurnalistik juga ada di politeknik, lho. Salah satunya program studi Penerbitan (Jurnalistik) di Politeknik Negeri Jakarta.

Meski menyebut Jakarta, kampusnya terletak di Depok, nih. Satu area dengan Universitas Indonesia. FYI, politeknik ini dulunya dikenal sebagai Politeknik UI. Bagian dari Universitas Indonesia sebelum memisahkan diri menjadi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) pada 1998.

Penasaran dengan program studi Penerbitan (Jurnalistik) di PNJ? Simak informasinya berikut ini, ya.

Banyak Kampus Top Dunia, Daftar Kampus yang Masuk Program IISMA 2023

Program Studi Penerbitan (Jurnalistik) PNJ

Program Studi Penerbitan (Jurnalistik) PNJ | Foto: Dok. Pribadi
info gambar

Program Studi D3 Penerbitan (Jurnalistik) berada di bawah jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP). Ada empat program studi yang terdapat di TGP, yakni D3 Teknik Grafika, D3 Penerbitan (Jurnalistik), D4 Teknologi Industri Cetak Kemasan, dan D4 Desain Grafis.

Penerbitan atau jurnalistik? Singkatnya, Kawan akan mempelajari keduanya. Segala hal yang terjadi di balik layar pembuatan buku dan produksi berita akan dipelajari dalam program studi ini.

Terakreditasi B, ilmu yang diberikan sangat mendukung mahasiswa untuk berkarir di dunia media massa. Sangat cocok untuk Kawan yang punya mimpi berkarir sebagai wartawan di media massa.

Apa yang Dipelajari di Program Studi Penerbitan (Jurnalistik) PNJ?

Kawan akan mempelajari proses pembuatan buku, mulai dari penulisan, penyuntingan, proses desain dan layouting, hingga metode cetaknya.

Namun, program studi ini lebih berfokus kepada jurnalistik. Jadi, Kawan dituntut bisa menulis berita, baik media cetak maupun media daring.

7 Skill yang Diperlukan saat Jadi Staf Acara di Kampus

Tentu proses menulis berita tak sederhana. Kawan akan diajarkan memilih topik, menentukan angle, teknik wawancara, jenis berita, hingga menuangkannya menjadi berita yang sesuai kaidah jurnalistik.

Tak hanya menulis, Kawan akan diajarkan mengenai hukum dan kode etik jurnalistik yang penting diketahui setiap calon wartawan. Selain itu, ada mata kuliah fotografi, desain grafis, infografik, video berita, dan teknik cetak yang membuat perkuliahan semakin seru.

Rata-rata perkuliahan tidak hanya dilaksanakan di kelas. Konsep politeknik yang lebih mengutamakan praktik di lapangan membuat mahasiswa jarang ada di kelas, nih. Sering kali, mahasiswa diberi tugas peliputan langsung ke lapangan dengan didampingi dosen atau pun mandiri. Bila beruntung, Kawan bisa belajar wawancara tokoh terkenal, lho.

Menjelang akhir semester, mahasiswa akan dihadapkan dengan kegiatan magang industri. Nah, di sini saatnya mahasiswa merasakan praktik langsung di balik layar media massa.

Jalur Masuk Program Studi Penerbitan (Jurnalistik) PNJ

Tertarik masuk program studi Penerbitan (Jurnalistik) PNJ?

Ada beragam jalur masuk, antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menggunakan nilai rapor atau prestasi akademik, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) menggunakan nilai UTBK, dan Mandiri.

Namun, setiap tahun jalur masuk politeknik mengalami perubahan nama atau cara, jadi pastikan selalu update, ya.

Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di program studi ini dihitung sesuai kondisi ekonomi keluarga. Bila tak memungkinkan, Kawan bisa mendaftar program beasiswa yang tersedia, seperti KIP-K atau beasiswa dari perusahaan.

6 Tips Sukses Studi Banding untuk Organisasi Kampus

Itulah serba serbi program studi Penerbitan (Jurnalistik) di PNJ. Jangan lupa persiapkan diri untuk masuk kampus impian di mana pun itu, ya! Semangat mengejar mimpi, Kawan GNFI!

Referensi: grafika.pnj.ac.id | hai.grid.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini