Cerita Rakyat dari Jawa Tengah: Kisah Timun Mas

Cerita Rakyat dari Jawa Tengah: Kisah Timun Mas
info gambar utama

Timun Mas merupakan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah, cerita rakyat ini sangat populer dan sering diceritakan dan ditemukan di dalam buku cerita anak-anak. Tentunya, cerita rakyat ini sudah memiliki banyak versi berbeda oleh beberapa penulis. Di Jawa Tengah sendiri cerita rakyat ini dikenal juga dengan nama Mentimun Emas.

Mau tahu bagaimana kisah Timun Mas si gadis cantik yang berani ini? Apakah dia berhasil kabur dari raksasa jahat? Simak cerita selanjutnya.

Pertemuan Mbok Srini Bersama Raksasa

cerita rakyat timun mas
info gambar

Pada zaman dahulu, hidup seorang janda paruh baya bernama Mbok Srini. Ia hidup sebatang kara setelah suaminya meninggal. Mbok Srini bekerja mencari kayu bakar untuk dijual ke pasar, hasil jualannya cukup untuk kehidupannya sehari-hari.

Karena usianya yang sudah tua, Mbok Srini sering kelelahan dan duduk beristirahat di sebuah batu besar. Ia sering melamun, dan berkhayal untuk memiliki seorang anak maka ia tidak akan lelah karena ada yang membantunya. Khayalan Mbok Srini dikejutkan dengan datangnya raksasa besar yang menghampirinya, tentu ia sangat kaget dan ketakutan.

Sang raksasa pun berbicara padanya dengan suara yang besar dan menggelegar, “wanita tua, serahkan kepadaku anakmu sekarang untuk aku makan”. Mbok Srini menjawab dengan suara bergetar “Anak? Aku tidak memiliki anak, jika kau mau makanlah aku.” Raksasa itu tertawa karena tidak ingin memakan Mbok Srini karena ia sudah tua.

Raksasa memberikan Mbok Srini sekantung biji ketimun dan berpesan untuk menanam biji tersebut. Biji mentimun tersebut akan berbuah nantinya dan salah satu dari buahnya akan menjadi Timun Mas yang di dalamnya ada seorang bayi. Raksasa meminta Mbok Srini untuk merawatnya dengan baik dan hingga usia 6 tahun Raksasa akan meminta anak tersebut untuk disantapnya.

Baca juga: Cerita Rakyat Pendek (Folklor) Indonesia yang Sarat Nilai Positif untuk Anak

Timun Mas Tumbuh Menjadi Gadis yang Cantik

kisah timun mas
info gambar

Lalu, Mbok Srini berjanji dan menerima kantong berisikan biji mentimun tersebut. Ia pun bergegas pulang dan menanam biji-biji mentimun tersebut, setelah beberapa hari kemudian biji tersebut tumbuh dan berbuah. Dan dahsyatnya, raksasa tersebut benar bahwa salah satunya ada yang berwarna emas. Mentimun tersebut dirawat dan dijaga, hingga saatnya dirasa sudah matang Mbok Srini lalu membelah mentimun tersebut. Dan dengan terkejut, ada seorang anak perempuan di dalam mentimun emas itu.

Mbok Srini memberi nama Timun Mas pada bayi itu, ia dirawat dengan penuh kasih sayang dan tumbuh menjadi anak yang cantik dan juga rajin membantu Mbok Srini. Hingga usianya 6 tahun, Mbok Srini mulai terusik dengan janjinya kepada Raksasa. Tiba-tiba raksasa datang menanyakan janji tersebut, karena Mbok Srini tidak ingin Timun Mas menjadi makanan raksasa itu lalu ia beralasan bahwa tubuh anak yang ia rawat masih terlalu kecil sehingga tidak enak untuk dimakan dan meminta raksasa untuk bersabar hingga dua tahun lagi dan ternyata raksasa tersebut menyetujuinya.

Malamnya, Mbok Srini bermimpi bertemu seorang petapa yang memberikannya empat kantung untuk diberikan kepada Timun Mas. Mbok Srini terbangun dan menceritakan semuanya kepada Timun Mas, lalu Timun Mas disuruh untuk mendatangi petapa dan mendapatkan beberapa bungkusan berisi biji mentimun, jarum, garam dan terasi. Benda-benda tersebut nantinya bisa digunakan untuk menangkal kejahatan raksasa.

Timun Mas Melawan Raksasa Jahat

dongeng timun mas
info gambar

Dua tahun berlalu, raksasa kembali mendatangi Mbok Srini dan dari kejauhan Timun Mas melihat raksasa di depan rumahnya lalu Mbok Srini berteriak menyuruh Timun Mas berlari. Raksasa marah dan mengejar Timun Mas, saat raksasa mendekat ia mengeluarkan bungkusan berisi biji mentimun.

Biji tersebut seketika berubah menjadi tumbuhan mentimun dengan ukuran besar dan meliliti tubuh raksasa. Ini menjadi kesempatan untuk Timun Mas berlari, namun beberapa saat kemudian raksasa itu mampu membebaskan diri dan kembali mengejarnya. Saat raksasa semakin mendekat, Timun Mas mengambil bungkusan berisi jarum dan menyebarkannya lalu tumbuhlah tanaman bambu besar dengan lebat dan menghambat langkah raksasa serta membuat tubuhnya terluka.

Raksasa pun berhasil lolos dari hutan bambu itu, dan kembali mengejar. Lalu gadis kecil ini kembali mengeluarkan kantong ketiga yang berisi garam dan disebarkan sehingga membuat tanah di belakangnya menjadi lautan.

Raksasa itu juga berhasil menyeberanginya, dengan ketakutan sambil berdoa kepada Tuhan Timun Mas mengeluarkan bungkusan terakhirnya yang berisi terasi lalu disebarkannya. Seketika lapangan di belakangnya berubah menjadi lautan lumpur dan membuat raksasa tenggelam di dalamnya.

Setelah itu terjadi, Timun Mas berterima kasih kepada Tuhan yang telah menjaganya dan kembali pulang serta hidup bahagia bersama Mbok Srini.

Baca juga : Cerita Rakyat dari Riau: Bawang Merah dan Bawang Putih

Pesan Moral Cerita Rakyat Timun Mas

Dari kisah Timun Mas ini ada pesan moral yang terselip di dalamnya Kawan, seperti:

  • Dalam hidup kita harus berjuang dan berani menghadapi masalah yang ada di sekitar, seperti Timun Mas dan Mbok Srini yang melawan raksasa untuk tetap selamat.
  • Dalam cerita ini, kita juga diajarkan untuk bersyukur kepada Tuhan dalam menjalankan hidup. Hal ini tampak dalam adegan Timun Mas berdoa untuk diselamatkan dari raksasa.
  • Terakhir kasih sayang seorang ibu yang melindungi anaknya. Ini tampak saat Mbok Srini berusaha mengelak memberikan Timun Mas pada raksasa.

Baca juga: Di Balik Dongeng Si Kancil, Sebuah Perwakilan Kepribadian Orang Jawa

Referensi:
youtube.com/dongengkita

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini