Menghadapi Burundi adalah Kesempatan Langka bagi Timnas Indonesia

Menghadapi Burundi adalah Kesempatan Langka bagi Timnas Indonesia
info gambar utama

Timnas Indonesia akan menghadapi Burundi. Bisa dibilang, ini adalah kesempatan yang termasuk langka.

FIFA Matchday akan hadir lagi pada akhir Maret 2023 mendatang. Seperti biasa, timnas dari berbagai negara di penjuru dunia saling beradu kekuatan dalam laga uji coba, tak terkecuali Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia telah memiliki lawan untuk FIFA Matchday mendatang. Tim yang akan menjadi lawan bagi Pasukan Garuda adalah Burundi.

Laga Timnas Indonesia versus Burundi dijadwalkan digelar sebanyak dua kali. Laga perdana akan digelar pada tanggal 25 Maret. Kemudian, laga kedua bakal diselenggarakan tiga hari berselang, yakni tanggal 28 Maret.

Kedua laga tersebut akan diselenggarakan di Indonesia. Hanya saja, PSSI belum memberi kepastian di stadion mana laga Timnas Indonesia versus Burundi bakal digelar.

"Setelah ditunggu hingga malam ini akhirnya PSSI memutuskan timnas Indonesia akan melawan Burundi dan mereka sudah siap datang ke Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir, seperti dilansir laman resmi PSSI.

Indonesia Berpotensi Menjadi Tuan Rumah Berbagai Acara Olahraga Internasional

Kesempatan Langka

Burundi adalah negara di Afrika yang kekuatannya tak jauh berbeda di atas kertas dengan Indonesia. Ini sebagaimana terlihat dari posisi kedua negara dalam peringkat FIFA terkini.

Saat ini, Indonesia berada di posisi ke-151. Sementara itu, Burundi hanya terpaut 10 strip di atas, atau posisi ke-141.

Menghadapi Burundi sama dengan kesempatan langka bagi Timnas Indonesia. Sebab, faktanya Timnas Indonesia selama ini tidak punya banyak pengalaman menghadapi tim dari Afrika.

Ya, selama ini Timnas Indonesia lebih banyak menghadapi tim sesama negara Asia di semua ajang. Terkadang, Timnas Indonesia juga menghadapi tim dari Amerika Selatan, Eropa, atau Oseania.

Catatan menunjukkan jika terakhir kali Timnas Indonesia bertanding melawan tim dari Afrika adalah pada tahun 2015. Saat itu, Timnas Indonesia besutan Benny Dollo menghadapi Kamerun.

Laga Timnas Indonesia versus Kamerun digelar pada 25 Maret 2015. Bermain di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Timnas Indonesia menekan kekalahan 0-1 lewat gol Vincent Aboubakar.

Setelah menghadapi Burundi pada akhir Maret nanti, Timnas Indonesia direncanakan kembali melakoni laga uji coba pada Juni dan November. Untuk itu, PSSI pun akan mencari calon lawan lagi untuk anak-anak asuh Shin Tae-yong.

“Kami sepakati buat agenda uji coba timnas Indonesia pada Juni dan November PSSI memulai negosiasi dengan kandidat negara calon lawan. Kedepan semua sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari,” kata Erick Thohir.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini