Pesona Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang Eksotis

Pesona Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang Eksotis
info gambar utama

Air Terjun Kakek Bodo merupakan objek wisata yang terletak di lereng utara Gunung Welirang, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan 859 mdpl. Di bawahnya terdapat sebuah kolam alami yang dikelilingi oleh batuan sungai besar yang ditopang banyak akar pepohonan sehingga membuatnya tampak sangat asri.

Wisata alam air terjun ini masih dekat dengan kompleks wisata di Tretes Jawa Timur di wilayah dataran tinggi kaki gunung Welirang. Tidak hanya wisatawan dalam negeri, bahkan keindahan Air Terjun Kakek Bodo juga digandrungi oleh turis mancanegara.

Tidak dipungkiri, air terjun menjadi salah satu wisata yang murah dan mudah diakses. Selain itu, sensasi keasriannya mampu membuat pikiran kembali segar. Kawan tertarik untuk berkunjung ke sini? Sebelum itu, simak beberapa pesona daya tarik wisata di Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan ini, ya!

1. Air terjun dengan arus sungai yang tidak terlalu deras

air terjun kakek bodo tempat wisata jatim pasuruan
info gambar

Wisata ini jadi favorit para wisatawan di daerah Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Malang, dan sekitarnya. Dengan aliran arus air yang tidak terlalu kuat dan sungai yang jernih, air terjun ini membuat wisatawan bisa bebas bermain air, berenang atau hanya sekadar bersantai.

Akses menuju air terjun juga lebih mudah karena tidak banyak melewati batuan licin. Tentunya wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Pemandangannya yang asri dan kesejukannya akan membuat liburan keluarga Kawan menjadi makin berkesan.

Baca juga: Air Terjun Benang Kelambu, Objek Wisata Tersembunyi yang Menyimpan Banyak Keindahan

2. Indahnya keanekaragaman hayati hujan hujan tropis

Air terjun kakek bodo pasuruan
info gambar

Pesona wisata pertama yang bisa Kawan temukan ketika berkunjung di wilayah ini adalah keanekaragaman hayatinya yang kaya. Terletak di antara hutan hujan tropis, Air Terjun Kakek Bodo memiliki pesona dan keanekaragaman hayati yang sangat indah.

Di lokasi ini terdapat sungai jernih di sekeliling air terjun, aneka deretan pepohonan hutan seperti hutan pinus, pohon akasia (acacia decurrens), pohon kaliandra (Calliandra calathyrsus) dan pohon mahoni (Swientenia macraphylla). Tak jarang terdapat aneka satwa liar seperti kawanan monyet yang masih bisa ditemukan.

Selain itu kawasan ini juga dilengkapi dengan aneka ragam jenis tanaman hias. Jika Kawan merupakan pencinta tanaman, Kawan juga bisa berburu tanaman hias disini.

3. Tersedia kolam renang dan tempat bersantai

Selain langsung bermain air di sungai sekitar air terjun. Kawan dan keluarga juga bisa mencari alternatif mandi di kolam renang yang ada di dekat parkiran pintu masuk kawasan Air terjun Kakek Bodo.

Lokasi ini paling cocok digunakan untuk anak-anak bermain dan orang tua bisa bersantai sambil menikmati suara alam yang merdu.

4. Bumi perkemahan Kakek Bodo

Selain menghabiskan waktu dengan bermain air, di lokasi air terjun ini juga dibuka bumi perkemahan untuk piknik keluarga maupun kegiatan sekolah. Lokasinya berada di atas bukit, tepatnya sebelah kanan air terjun.

Oleh sebab itu, untuk bisa mencapai bumi perkemahan Kakek Bodo ini, Kawan harus melakukan trekking melewati jalan setapak sekitar 1,5 jam dari pintu masuk wana wisata.

5. Serunya hunting foto yang instagrammable

air terjun kakek bodo
info gambar

Selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah berburu foto-foto estetik di kawasan asri Air Terjun Kakek Bodo. Kawan bisa mulai mengambil gambar di pintu gerbang yang dibentuk menyerupai gapura bambu, lalu jalan setapak dengan background alam yang menyegarkan mata hingga air terjun yang sangat indah.

Jika beruntung, Kawan juga bisa mendapat pemandangan pelangi yang menghiasi sekitar air terjun.

Baca juga: Pesona Air Terjun Kanto Lampo Bali di Dataran Rendah

Harga Tiket Masuk dan Informasi Loket

  • Wisata air terjun Kakek Bodo ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di hari biasa, 07.00 - 17.00 WIB ketika hari libur.
  • Harga tiket masuknya untuk pengunjung dewasa sebesar Rp. 10.000, dan pengunjung anak-anak Rp. 5.000. Selain tiket masuk, Kawan juga harus menyiapkan biaya parkir sebesar Rp. 5.000.

Selanjutnya, untuk pintu masuk wisata air terjun ini terdapat 3 titik.

  • Loket 1 terdapat di gerbang masuk penginapan Pines Garden, merupakan gerbang paling ramai karena aksesnya yang lebih mudah.
  • Loket 2, berada di Taman Safari Prigen II.
  • Loket 3 berada di belakang Hotel Surya. Loket ke-3 memiliki medan yang lebih berat karena merupakan gerbang masuk bagi para pendaki Gunung Arjuna. Oleh karena itu, rute ini lebih memungkinkan digunakan oleh para pendaki profesional.

Baca juga: Mengenal Jatim Park 1, 2, dan 3 di Malang Jawa Timur, Tempat Wisata Asyik

Sumber: Pasuruan Tourism East Java

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
KO
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini