Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di Ajang Qatar International Food Festival 2023

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di Ajang Qatar International Food Festival 2023
info gambar utama

Indonesia dikabarkan menjadi tamu kehormatan dalam ajang Qatar International Food Festival (QIFF) 2023 di Lusail, Qatar, pada 11–12 Maret.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, gelaran pameran kuliner dari berbagai negara itu mendapat dukungan dari Qatar Airways sebagai sponsor utama. Qatar International Food Festival tahun ini dihadiri oleh Chairperson Qatar Museum, H.E. Sheikha Al Mayassa binti Hamad al Thani dan CEO Qatar Airways Mr. Akbar al Baker.

Dalam ajang tersebut Indonesia mendatangkan pendiri Javara Indonesia yang merupakan promotor terkemuka tentang keanekaragaman hayati pangan Indonesia dan Ade Putri Paramadita, yakni pendongeng kuliner dan peneliti pangan.

Keduanya dikabarkan akan berkolaborasi dengan Chef dari Qatar untuk membuat sajian kuliner Indonesia namun dengan sentuhan Qatar.

Tak hanya itu, beberapa restoran Indonesia yang ada di Qatar seperti Tofu and Cake dan Mama Rozie juga ikut membuka foodstall di acara ini. Sementara itu, Indonesia pun diberikan booth khusus oleh penyelenggara untuk menyajikan aneka kuliner Nusantara.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, KBRI Doha menjelaskan terpilihan Indonesia sebagai tamu kehirmatan di Qatar International Food Festival tidak lepas dari status Indonesia dan Qatar yang saat ini sedang menggelar Tahun Kebudayaan 2023.

Dubes RI untuk Qatar, Ridwan Hassan yakin bahwa budaya merupakan alat yang ampuh untuk memperkuat kerja sama internasional di tengah situasi dunia yang semakin dinamis saat ini.

Agenda Tahun Kebudayaan RI-Qatar akan berlangsung selama setahun dan diramaikan dengan berbagai program seperti pameran seni, pertunjukan budaya, residensi pelaku seni, beasiswa budaya, pameran kuliner, fesyen, dan lainnya.

Melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri, sebelumnya Direktur Jenderal Kebudayaan RI Dr. Hilmar Farid telah bertemu dengan Menteri Kebudayaan Qatar Y.M. Sheikh Abdulrahman bin Hamad bin Jassim bin Hamad Al Thani pada 24 November 2022.

Dalam pertemuan itulah dibahas rencara kerja kebudayaan RI-Qatar termasuk terkait pengelenggaraan Tahun Kebudayaan RI-Qatar 2023. Keterpilihan Indonesia sebagai partner country sekaligus menjadikannya negara pertama dari Asia Tenggara yang menjadi mitra dalam penyelenggaraan Tahun Kebudayaan RI-Qatar.

Tim Panahan Berkuda Indonesia Gaet Gelar Juara Umum di Horseback Archery Friendship Qatar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini