Mantap! Pempek Jadi Salah Satu Seafood Terenak di Dunia

Mantap! Pempek Jadi Salah Satu Seafood Terenak di Dunia
info gambar utama

Kuliner Indonesia memang enak-enak. Sudah bukan hal yang tidak umum kalau makanan Indonesia ini bertengger sebagai salah satu daftar makanan terenak di dunia. Sebab, memang rasanya bisa menggugah selera siapa saja yang menikmatinya. Bahkan oleh warga mancanegara sekalipun.

Tahun kemarin, sate dan bubur ayam masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia versi TasteAtlas. Sebelumnya, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan bagaimana nikmatnya rendang bisa menjadi menempati puncak makanan terenak di dunia versi CNN selama 8 tahun berturut-turut.

Kali ini, pengakuan mengenai kenikmatan kuliner Indonesia datang dari sajian khas Palembang, yaitu Pempek. Makanan ini masuk menjadi salah satu daftar seafood terenak menurut TasteAtlas.

Tentu kita semua sudah mengenal pempek. Makanan ini terdiri atas berbagai jenis yang punya ciri khas tersendiri. Misalnya pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek telur, pempek adaan, pempek kulit, hingga pempek keriting.

Bagi yang pernah mencicipinya, biasanya akan merasa ketagihan untuk mencomot dan mencomot lagi pempek yang dihidangkan.

Kenyal dan lembutnya pempek dengan rasa gurih dari ikan diiringi dengan hirupan kuah cuko yang asam manis segar membuat rasanya benar-benar berpadu sempurna. Siapa yang tidak tergoda dengan kenikmatan seperti itu?

Tak Menggunakan Cuko, Pempek khas Jambi Ini Menggunakan Sambal

5 besar yang terenak di dunia

TasteAtlas sendiri merupakan salah satu situs penyedia informasi terkait dengan kuliner yang ada di seluruh dunia atau food travel guide. Yang mana, situs ini juga kerap membuat daftar makanan terenak di dunia yang diperbarui dalam jangka waktu tertentu.

Daftar makanan ini juga memiliki kategorinya tersendiri. Untuk pempek, kategorinya adalah “Best Rated Seafood Dishes in the World”.

Dalam pemeringkatan ini, pempek menempati urutan ke empat. Posisi pempek juga mengalahkan berbagai makanan seafood populer di seluruh dunia. Bahkan, santapan yang berasal dari negara-negara Eropa dan Asia lain yang terkenal dengan olahan seafoodnya seperti Italia dan Jepang.

Yang mana, makanan khas Jepang yang masuk dalam 10 besar terdiri atas maguro nigiri sushi yang ada di peringkat ke-5, otoro nigiri sushi yang ada di peringkat ke-6, serta kaisendon yang berada di peringkat ke-7.

Sementara untuk hidangan khas Italia ada linguine allo scoglio di urutan ke-9 dan fritto misto di urutan ke-10.

Sementara untuk tiga makanan yang mengalahkan pempek antara lain ceviche mixto dari Peru, gambas al ajillo dari Spanyol, dan amêijoas à bulhão pato dari Portugal. Secara berurutan, makanan-makanan tersebut berada di posisi ketiga, kedua, dan pertama.

Selain itu, dari daftar ini juga terdapat beberapa rekomendasi tempat untuk mencicipi pempek. Antara lain Pempek 161 Jakarta, Pempek Megaria Jakarta, Pempek Pak Raden Palembang, Pempek Vico Palembang, Pempek Saga Sudi Mampir Palembang, hingga Pempek 123 Bandar Lampung.

Pempek, Dijajakan oleh Orang Tionghoa Hingga Menjadi Makanan Rakyat Palembang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini