Shayne Pattynama, Satu Lagi Pemain Naturalisasi yang Jadi Senjata Timnas Indonesia

Shayne Pattynama, Satu Lagi Pemain Naturalisasi yang Jadi Senjata Timnas Indonesia
info gambar utama

Shayne Pattynama akhirnya masuk ke Timnas Indonesia. Ia menjadi satu lagi pemain naturalisasi yang siap diandalkan.

Masuknya Shayne Pattynama ke Timnas Indonesia diketahui dari daftar pemain yang dipanggil untuk FIFA Matchday pada akhir Maret ini. Terselip nama Shayne dalam daftar tersebut.

Shayne dan para pemain lainnya akan membela Timnas Indonesia untuk menghadapi Burundi. Laga kedua tim dijadwalkan dua kali, yakni pada tanggal 25 Maret dan tiga hari berselang, tepatnya tanggal 28 Maret.

Dengan demikian, Shayne berpeluang menorehkan debutnya dengan seragam Merah-Putih. Pemanggilannya ke Timnas Indonesia ini terjadi setelah ia merampungkan proses perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

"Perpindahan federasi Shayne Pattynama sudah rampung," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, seperti diwartakan Suara.com.

Shayne sebetulnya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhir Januari lalu. Peresmiannya menjadi WNI ditandai dengan pengambilan sumpah yang dilaksanakan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta pada Selasa (24/1).

Shayne adalah pemain keturunan Indonesia Meski lahir dan besar di Belanda, ternyata ayahnya adalah orang beretnis Maluku yang berasal dari Pulau Haruku, Maluku Tengah dan lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Shayne saat ini bermain di Eropa. Tepatnya di Liga Norwegia bersama klub Viking FK.

Pemain kelahiran Lelystad, Belanda pada tanggal 11 Agustus 1998 itu memang sudah merumput di Eropa sejak usia dini. Di level junior, ia pernah bermain bersama klub SV Lelystad '67, Ajax, dan FC Utrech. Kemudian saat bermain level senior, ia pernah berseragam Jong Utrecht, SC Telstar, dan kini Viking FK.

Di lapangan, Shayne biasa beroperasi sebagai bek kiri dan juga bisa ditempatkan sebagai gelandang. Ia menjadi tambahan opsi bagi pelatih Shin Tae-yong dalam meracik lini pertahanan yang kokoh. Dengan demikian, ia menjadi satu lagi pilihan bek kiri di samping Pratama Arhan dan Edo Febriansyah.

Berikut daftar pemain Timnas Indonesia untuk laga menghadapi Burundi:

Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Nadeo Argawinata, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Muhammad Ferarri, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, Syahrul Trisna, Dzaky Asraf, Ramadhan Sananta, Edo Febriansyah, Daffa Fasya, Doni Tri, Yance Sayuri, Yakob Sayuri, Dimas Drajad, Riko Simanjuntak, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Saddil Ramdani



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini