Indonesia Raih Penghargaan Utama di Festival Film Pariwisata Jepang

Indonesia Raih Penghargaan Utama di Festival Film Pariwisata Jepang
info gambar utama

Indonesia dianugerahi empat penghargaan utama dalam ajang Japan World’s Tourism Film Festival (JWTFF) ke-5 di Kuil Shinto Izukande Shrine, Jepang, pada Kamis (17/3/2023).

Mengutip detik.com, kegiatan tahunan yang diselenggarakan JWTFF itu bekerja sama dengan Wakayama University dan the International Committee of Tourism Film Festival (CIFFT).

Perlombaan dalam festival film internasional ini terbagi menjadi tiga kategori utama, yakni Japan Competition, Internaional Competition dan Grand Prix. Adapun jumlah film yang dilombakan tahun ini sebanyak 1.286 film dari 105 negara dan berbagai wilayah di Jepang.

Dalam kesempatan ini, Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) mengirimkan dua film pariwisata yang diberi judul Jiwa Jagad Jawi dan Otentik itu Perlu Waktu.

Kedua film yang diusungkan Indonesia tersebut berhasil memenangkan Golden Prize Tourism Country dan Asian Competition. Film pariwisata Jiwa Jagad Jawi dikabarkan meraih penghargaan tertinggi, Grand Prix. Sementara satunya, Otentik itu Perlu Waktu mendapatkan Silver Prize untuk Tourism Products.

Butuh SDM Pariwisata Unggul, Ada 3.805 Kuota Mahasiswa Baru untuk PMB Poltekpar 2023

Bangkitnya pariwisata Indonesia

Kemenangan Indonesia di ajang internasional JWTFF tentu menjadi kabar baik bagi pariwisata di Tanah Air. Pemerintah menyebut kesempatan ini adalah momen penting bagi kebangkitan pariwisata Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan momentum yang penting bagi kebangkitan pariwisata Indonesia setelah hampir tiga tahun mobilitas dan industri pariwisata dibatasi oleh pandemi COVID-19,” kata Konsul Jenderal RI Osaka Diana Emilia Sari Sutikno dalam keterangan pers yang diterma Antara, Jumat (18/3/2023).

Menurutnya, banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk kembali menerima kunjungan wisatawan ke Indonesia. Oleh karena itu, dalam sambutannya mewakili pemerintah Indonesia, Konjen RI Osaka mengundang seluruh hadirin untuk dapat kembali berwisata ke Wonderful Indonesia.

Presiden Internasional Committe of Tourism Film Festival (CIFFT) tak lupa memberikan selamat atas kemenangan film Indonesia. Pihaknya menilai dengan prestasi ini, Indonesia layak untuk mengikuti berbagai festoval lain di bawah jadingan CIFFT tahun 2023.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini