7 Jenis Burung Kenari yang Indah dan Penuh Warna, Cocok untuk Peliharaan di Rumah

7 Jenis Burung Kenari yang Indah dan Penuh Warna, Cocok untuk Peliharaan di Rumah
info gambar utama

Salah satu burung peliharaan yang menjadi favorit banyak di Indonesia adalah burung kenari. Burung kenari memiliki banyak sekali keunggulan yang tidak dimiliki burung lain seperti suaranya yang merdu dan warnanya yang mencolok.

Meskipun demikian, burung kenari memiliki jenis yang cukup beragam. Ragam burung kenari tersebut dibedakan berdasarkan warna, kicauan, dan bentuknya. Berikut ini adalah jenis burung kenari yang populer di Indonesia. Simak artikel ini sampai tuntas.

1. American Singer (Serinus canaria)

burung kenari amerika american canary
info gambar

Jenis burung kenari pertama adalah American Singer, jenis burung ini dikategorikan sebagai penyanyi dan cukup bersahabat dengan manusia. Seperti namanya, burung ini dikembangkan di Amerika Serikat dan terkenal dengan hobinya yang suka sekali berkicau.

Jenis burung kenari American Singer ini juga memiliki berbagai jenis warna yang menarik seperti putih, biru, hijau, coklat kekuningan dan kuning.

Baca juga: Kenali 7 Burung yang Ada di Kawasan Ranca Upas, Sudah Pernah Lihat?

2. Belgian Fancy

burung kenari belgian canary
info gambar

Jenis burung kenari kedua adalah Belgian Fancy. Jenis burung ini merupakan burung yang populer dengan bentuk leher yang panjang dan tubuh yang juga ramping. Jenis burung ini memiliki ekor yang panjang dan ramping.

Selain itu, burung Belgian Fancy juga memiliki kaki yang ramping dan lebih panjang dibandingkan dengan sebagian besar burung kenari lainnya. Adapun varian burung kenari Belgian Fancy ini adalah putih, kuning, hijau, buff dan lain sebagainya.

3. Border Fancy

border fancy canary
info gambar

Burung kenari ketiga yang sangat populer adalah Border Fancy. Jenis burung ini dikembangbiakkan bertujuan khusus untuk penampilan mereka. Hal tersebut karena burung kenari Border Fancy memiliki warna yang cukup indah.

Selain punya warna yang cantik, burung kenari Border Fancy juga merupakan seekor burung penyanyi yang andal. Bahkan dikatakan bisa menciptakan lagu sendiri.

Baca juga: 10 Burung Terbesar dan Tertinggi di Dunia, Ada Satu dari Indonesia

4. Kenari Jambul

burung kenari jambul
info gambar

Jenis burung kenari selanjutnya adalah burung kenari jambul. Burung ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu sebuah satu set bulu di kepala yang menggantung di bawah. Hal itulah yang membuat burung kenari jambul terlihat seperti memiliki model rambut atau sebuah wig yang kusut.

5. Harlequin Portuguese

Harlequin Portuguese
info gambar

Selanjutnya, burung kenari yang berasal dari luar negeri ini memiliki ukuran sedang dan bersayap panjang. Selain itu, burung jenis ini juga mempunyai sayap yang elegan dan menyatu dengan ekor.

Beberapa jenis burung kenari Harlequin Portuguese ini juga mempunyai tampilan yang unik di kepala mereka karena terlihat seperti sebuah tiga tanduk kecil yang ada di bagian kepala. Adapun jenis dari burung kenari ini berwarna putih, merah muda, orange, abu-abu, dan lain sebagainya.

6. Scotch Fancy

Scotch Fancy
info gambar

Jenis burung kenari selanjutnya adalah Scotch Fancy. Jenis burung ini disebut juga sebagai kenari Skotlandia atau Glasgow Hen. Sampai saat ini, burung kenari Scotch Fancy garis keturunannya masih dijaga sampai sekarang.

Burung kenari Scotch Fancy diketahui dapat hidup hingga usia 8 sampai 12 tahun. Adapun panjangnya mencapai 7 inci. Burung kenari Scotch Fancy menyukai makanan ringan dan gemar sekali menyantap makanan yang langsung didapat dari tangan manusia.

7. Burung Kenari Stafford

Burung Kenari Stafford
info gambar

Jenis burung kenari yang terakhir adalah Stafford. Burung ini dikembangbiakkan sekitar 1970-an. Burung kenari Stafford merupakan burung kenari yang lebih suka menghabiskan waktu di dalam kandang ketimbang di luar ruangan. Hal tersebut karena burung kenari memiliki karakter yang pemalu,

Demikian adalah 7 jenis burung kenari yang populer dan cocok untuk menjadi hewan peliharaan di rumah. Jenis-jenis burung kenari di atas hanyalah sebagian kecil dari semua jenis burung kenari yang tersebar saat ini, dan merupakan 7 burung kenari yang terbaik.

Baca juga: 11 Jenis Burung Cenderawasih yang Dilindungi di Indonesia, Cantiknya Beragam!

sumber: pinhome.id | www.kompas.com | www.merdeka.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini