Ratusan Wisman Saksikan Parade Ogoh-Ogoh di Kasanga Festival 2023 Denpasar

Ratusan Wisman Saksikan Parade Ogoh-Ogoh di Kasanga Festival 2023 Denpasar
info gambar utama

Sebanyak 420 wisatawan mancanegara (wisman) dari Eropa dan Amerika dikabarkan menyaksikan gelaran Kasanga Festival 2023. Festival budaya ini diselenggarakan selama dua hari dari 17–18 Maret 2023, di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar.

Wisatawan mancanegara yang hadir pada festival itu merupakan peserta tur Kapal Pesiar Viking Orion yang berasal dari Benua Eropa dan Amerika. Rombongan ini disambut Wali Kota Denpasar Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara.

“Kami tentu menyambut baik kedatangan para wisman ini. Ini sekaligus membuktikan, pelaksanaan Kasanga Festival telah memberi warna bagi geliat pariwisata dan seni budaya di masyarakat,” kata Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, dilansir Antara, Sabtu (18/3/2023).

Pihaknya menilai, kehadiran para turis asing tersebut akan memberi warna tersendiri bagi gelaran Kasanga Festival yang bertujuan untuk mengakomodasi kreativitas pemuda dalam berkarya. Selain itu, menurutnya ini adalah adalah kesempatan yang baik untuk mengenalkan budaya Bali, khususnya berkaitan dengan Hari Raya Nyepi kepada masyarakat luas.

Para tamu asing yang datang terbagi dalam beberapa kelompok, kemudian dipandu mengelilingi area Kasanga Festival untuk melihat ogoh-ogoh. Diketahui ada 12 ogoh-ogoh berukuran besar dan 33 ogoh-ogoh berukuran mini yang dibawakan siswa PAUD dan TK setempat.

Kasanga Festival diadakan melalui kolaborasi Pasikian Yowana Kota Denpasar dan komunitas Sing Main-Main, serta mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Kota Denpasar.

Tidak hanya memamerkan ogoh-ogoh terbaik, acara ini juga menyajikan berbagai macam kegiatan, dari konser hingga bazaar. Sebanyak 40 UMKM juga turut ambil bagian pada festival tahun ini.

Ritual Pembakaran Ogoh-Ogoh dan Maknanya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini