Bandung bjb Tandamata dan Jakarta LavAni Masih Jadi Penguasa Bola Voli Indonesia

Bandung bjb Tandamata dan Jakarta LavAni Masih Jadi Penguasa Bola Voli Indonesia
info gambar utama

Lewat ajang Proliga 2023, Bandung bjb Tandamata dan Jakarta LavAni mengokohkan diri sebagai penguasanya bola voli Indonesia.

Proliga 2023 telah berakhir. Ajang bola voli papan atas Tanah Air ini telah tuntas setelah laga grand final digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada Sabtu (18/3) dan Minggu (19/3).

Grand final pertama pada hari Sabtu menyajikan laga dari sektor putri. Laga mempertemukan Bandung bjb Tandamata melawan Jakarta Pertamina Fastron.

Hasilnya, Bandung bjb Tandamata sukses menang lewat 5 set dengan skor 3-2. Secara dramatis, Bandung bjb Tandamata yang awalnya unggul 2-0 mendapat perlawananan hingga set keempat hingga skor menjadi 2-2. Mereka akhirnya mampu memenangis set kelima sekaligus mengunci gelar juara.

Sementara itu pada Minggu (19/3), final sektor putra mempertemukan
Jakarta LavAni Allo Bank dengan Jakarta Bhayangkara Presisi. Hasilnya, Jakarta LavAni menang dengan skor 3-2.

Hasil ini adalah sesuatu yang begitu spesial bagi kedua tim. Sebab, Bandung bjb Tandamata dan Jakarta LavAni sama-sama sukses mempertahankan gelar dari musim sebelumnya sekaligus tetap menjadi penguasa bola voli Indonesia.

Tim Para-atletik Indonesia Sabet 5 Medali Emas di Dubai

Mempertahankan Gelar

Sebelumnya, Bandung bjb Tandamata juga merupakan peraih juara Proliga musim 2022. Saat itu, mereka mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Total, Bandung bjb Tandamata telah mengoleksi 4 gelar juara Proliga. Menariknya, mereka harus mengalami paceklik gelar setelah meraih dua gelar awal.

Pada 2003 dan 2006, gelar juara diraih saat klub masih bernama Bandung Art Deco Bank Jabar. Setelahnya, klub tidak pernah lagi berhasil juara hingga tahun 2022 dan 2023 dengan mengusung nama baru yakni Bandung bjb Tandamata.

Meski tampil fenomenal dalam dua tahun ini, perlu diketahui bahwa Bandung bjb Tandamata bukanlah ratu bola voli Indonesia karena mereka bukan pengoleksi gelar juara Proliga terbanyak. Ratu volinya adalah Jakarta Elektrik PLN dengan raihan 6 gelar.

Sementara itu, di sektor putra Jakarta LavAni mampu hadir sebagai kejutan. Bagaimana tidak, mereka langsung juara saat baru debut di Proliga.

Jakarta LavAni yang didirikan pada tahun 2019 memulai kiprahnga di Proliga pada musim 2022. Saat itu pula LavAni langsung juara yang mana gelar itu kemudian dipertahankan pada musim 2023 ini.

Namun soal koleksi gelar juara, Jakarta LavAni masih kalah jauh dari Surabaya BIN Samator yang mengoleksi 7 gelar.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini