7 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) untuk Kesehatan
info gambar utama

Daun kelor merupakan daun dari tanaman Moringa oleifera yang mudah sekali dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Daun kelor sangat khas dengan ukuran daunnya yang kecil. Pohon kelor dari suku Moringaceae ini memiliki keunggulan mudah tumbuh di tanah yang kurang subur.

Selain mudah ditemui, daun kelor juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Dipercaya, sejak dulu, daun kelor selalu digunakan untuk keperluan kesehatan, mulai dari pengobatan tradisional, jamu, maupun hal-hal lain. Berikut ini adalah manfaat daun kelor untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh. Jika seseorang memiliki kadar radikal bebas yang tinggi di dalam tubuhnya, maka hal itu akan berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sebuah studi yang dikembangkan oleh National Library of Medicine mengatakan bahwa daun kelor terkandung senyawa antioksidan seperti quercetin dan asam klorogenik.

Baca juga: Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun kelor kedua adalah menurunkan berat badan. Hal tersebut karena daun kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan daun kelor dapat menurunkan berat badan hingga 5,4 kg dalam 16 minggu.

3. Mengurangi Peradangan

daun kelor
info gambar

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat mengurangi peradangan. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Daun kelor berperan untuk mengurangi peradangan yang ada di dalam tubuh.

Hal tersebut karena daun kelor mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga bisa menurunkan peradangan di dalam sel.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Selanjutnya, daun kelor juga dapat berperan untuk mendukung kesehatan otak. Dalam daun kelor, mengandung antioksidan dan neuro-enhancer yang telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit alzheimer.

Selain itu, kandungan vitamin E dan C yang ada di dalam daun kelor juga berfungsi untuk melawan oksidasi yang mengarah kepada degenerasi neuron. Hal itu juga berdampak pada peningkatan fungsi otak.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini penting diperhatikan karena kadar kolesterol pada darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sedangkan daun kelor dapat mencegah pembentukan plak di arteri dan mengontrol lipid darah.

Baca juga: Manfaat Bunga Rosella dan Cara Bikin Teh Herbal dari Bunganya

6. Mencegah Kanker

Daun kelor juga dapat mencegah penyakit yang sangat berbahaya yaitu kanker. Perkembangan kanker yang sering tidak disadari membuat banyak orang kemudian mengidap penyakit berbahaya ini. Parahnya, kesadaran akan kanker tersebut biasanya muncul ketika sudah memasuki stadium yang parah.

Kondisi tersebut disebabkan karena proses pembentukan sel kanker yang membutuhkan waktu yang lama. Salah satu pencegahan kanker yang bisa dilakukan sejak dini adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Hal tersebut karena daun kelor dapat membunuh sel yang telah mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

7. Meningkatkan Produksi ASI

Terakhir, manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah meningkatkan produksi ASI. Sebuah studi membuktikan bahwa ibu melahirkan yang mengonsumsi daun kelor dapat membuat produksi ASI meningkat pada hari keempat sampai kelima setelah ibu melahirkan bayi secara prematur.

Demikian adalah 7 manfaat daun kelor untuk kesehatan manusia. Daun kelor adalah salah satu daun yang mudah sekali ditemui. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia yang dianugerahi berbagai tanaman yang baik untuk kesehatan, ada baiknya kita manfaatkan sebaik-baiknya tanaman-tanaman tersebut termasuk daun kelor.

Baca juga: Manfaat Daun Kumis Kucing, Tanaman Obat bagi Kesehatan

Sumber:
https://puskesbaganpunak.rohilkab.go.id/detailpost/7-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan-tubuh-manusia-nutrisinya-melimpah
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/837/mengenal-berbagai-manfaat-kelor

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini