Resep Kunyit Asam, Jamu Tradisional Khas Jawa dengan Manfaat Kesehatan

Resep Kunyit Asam, Jamu Tradisional Khas Jawa dengan Manfaat Kesehatan
info gambar utama

Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu atau minuman tradisional yang dibuat dari rempah-rempah kunyit dan asam Jawa.

Minuman ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kunyit mengandung zat gizi kurkumin berupa analgesik yang dapat meredakan nyeri dan antipiretik yang dapat menurunkan suhu tubuh saat demam dan radang.

Selain itu, asam jawa mengandung bahan antiradang, penenang, dan analgesik. Kedua bahan ini dapat menyehatkan tubuh dan melawan terjadinya infeksi. Untuk kamu yang ingin mengonsumsi jamu kunyit asam, simak manfaat, kandungan, dan resep kunyit asam berikut ini.

Manfaat Kunyit Asam

resep jamu kunir
info gambar

Kunyit dan asam dapat kamu temukan sangat mudah di warung, pasar, atau swalayan dengan harga yang terjangkau. Rempah-rempah ini kaya akan manfaat yang dapat melindungi tubuh dari peradangan, infeksi, dan beberapa manfaat lainnya seperti berikut.

Manfaat Kunyit:

  1. Meringankan Peradangan. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat meredakan peradangan dan nyeri akibat penyakit radang sendi atau autoimun.
  2. Dapat Mengurangi Kolesterol. Rutin mengkonsumsi kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  3. Melawan Infeksi. Kunyit mengandung zat aktif yang dapat mencegah dan melawan terjadinya infeksi dalam tubuh. Kunyit juga dapat menyembuhkan luka atau luka bakar jika dioleskan pada luka.
  4. Melindungi Usus dan Lambung. Kaya akan manfaat, kunyit dapat melindungi usus dan lambung. Kunyit mengandung antiradang dan antioksidan yang dapat meredakan gangguan pencernaan, lho. Bumbu rempah yang satu ini juga dapat mencegah asam lambung.

Khasiat Asam jawa

  • Asam Jawa dipercaya mampu mengobati sembelit, demam, tukak lambung, dan diare. Rempah ini mengandung polifenol yang bersifat antiradang dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker, diabetes, dan penyakit jantung.
  • Selain itu, ekstrak asam Jawa dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Perpaduan kunyit dan asam ini sangat baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi sesuai kadarnya, ya, jangan berlebihan!

Baca juga: Mengenal Asam Jawa, Tanaman Keramat yang Jadi Obat Tradisional Nusantara

Kandungan Kunyit dan Asam

resep jamu kunyit asam
info gambar

Kandungan dalam kunyit

Kunyit memiliki senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat lainnya yang kaya manfaat. Terdapat kandungan minyak atsiri/Volatil oil, lemak, karbohidrat, protei, pati, vitamin C, serta berbagai garam mineral (mis: zat besi, fosfor, dan kalsium).

Kandungan dalam asam jawa

Menurut data USDA (U.S. Department of Agriculture), 100 gram asam Jawa mengandung 2,80 mg besi, 0,152 mg riboflavin, 0,428 mg tiamina, 1,938 mg niasin, 9 mg kolina, 5,1 gram serat, 628 mg kalium, 92 mg magnesium dan 113 mg fosfor.

Resep Kunyit Asam

kunyit asam
info gambar

Bahan kunyit asam:

  • 200 gram kunyit
  • 250 gram gula merah
  • 100 gram asam jawa
  • 1.500 ml air
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat kunyit asam:

  1. Kupas kunyit dan cuci hingga bersih.
  2. Haluskan kunyit dengan cara diparut, ditumbuk, atau diblender.
  3. Buang biji asam jawa.
  4. Didihkan air, masukkan bubuk kunyit dan asam jawa.
  5. Setelah itu, tambahkan sedikit garam dan gula, kecilkan api.
  6. Saat air sudah sedikit menyusut, matikan api, dan dinginkan.
  7. Saring kunyit asam ke dalam wadah.
  8. Jamu kunyit asam siap disajikan.

Kawan siap untuk membuat resep kunyit asam yang menyehatkan nan menyegarkan bagi tubuh? Yuk, coba sekarang juga! Dijamin enak dan kaya manfaat, lho.

Baca juga: 15 Minuman dan Jamu Tradisional Indonesia Penambah Imunitas, Cocok untuk Teman Begadang!

Sumber:
https://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/mayo-clinic-minute-are-there-health-benefits-to-taking-turmeric/
https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-819/tamarind
https://yin.thp.unmul.ac.id/thp/sejarah-hari-jamu/#:~:text=Kunyit%20asam%20adalah%20minuman%20tradisional,yang%20dikenal%20berkhasiat%20bagi%20kesehatan.
https://www.kompas.com/food/read/2021/03/02/220200775/resep-kunyit-asam-jamu-yang-dapat-meredakan-nyeri-haid

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
RP
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini