11 Rekomendasi Wisata Banyuwangi Jawa Timur yang Eksotis dan Instagramable!

11 Rekomendasi Wisata Banyuwangi Jawa Timur yang Eksotis dan Instagramable!
info gambar utama

Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang cukup naik daun beberapa tahun belakangan ini. Daerah yang ada di ujung Pulau Jawa ini dulunya terkenal karena pelabuhannya yang menjadi titik penyebrangan dari Jawa ke Bali. Namun dibalik hal tersebut, wisata Banyuwangi ternyata juga sangat menarik.

Terdapat banyak sekali pilihan destinasi wisata di Banyuwangi yang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur ini. Dari wisata alam yang eksotis hingga wisata kekinian yang kece dan instagramable, semua bisa disinggahi untuk memenuhi hasrat liburan yang Kawan miliki.

Agar tak kesulitan untuk menentukan pilihan destinasi yang akan dikunjungi, simak ulasan berikut tentang sejumlah wisata di daerah Banyuwangi yang bisa Kawan singgahi saat berada di sini.

1. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater
info gambar

Pilihan wisata Banyuwangi instagramable yang pertama adalah Bangsring Underwater. Di Bangsring Underwater, Kawan dapat melihat uniknya pelestarian terumbu karang yang dilakukan oleh nelayan setempat.

Bukan hanya itu, Kawan juga dapat snorkeling dan seru-seruan mencoba berbagai wahana air yang dimilikinya. Di sini, Kawan dapat banyak belajar mengenai kelestarian alam. Bangsring Underwater buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga 6 sore.

Bangsring Underwater berlokasi di Jalan Raya Banyuwangi Situbondo. Menariknya, Bangsring Underwater memiliki harga tiket masuk gratis.

2. Teluk Hijau

teluk hijau banyuwangi
info gambar

Bila ingin mengunjungi wisata alam Banyuwangi, Teluk Hijau dapat dijadikan sebagai pilihan. Teluk Hijau merupakan pantai indah dengan warna air yang menarik. Harus diakui bila Teluk Hijau adalah idaman banyak orang.

Teluk Hijau berlokasi di Dusun Krajan, Sarongan, Banyuwangi. Teluk Hijau buka dari hari Rabu hingga Minggu, mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Baca juga: Tempat-tempat Wisata Menarik di Jember

3. Taman Sritanjung

taman sritanjung
info gambar

Mencari destinasi wisata di Banyuwangi yang dekat dengan pusat kota? Taman Sritanjung dapat dijadikan sebagai pilihan. Taman Sritanjung merupakan taman hijau yang memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap mulai WiFi hingga pedagang makanan.

Harus diakui bila Taman Sritanjung cocok untuk bersantai serta menikmati waktu sore ketika berlibur di Banyuwangi. Taman Sritanjung buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Taman Sritanjung berlokasi di Jalan Kepatihan, Banyuwangi.

4. Pantai Plengkung

pantai plengkung
info gambar

Bila Kawan menyukai aktivitas yang seru serta menantang seperti berselancar, Pantai Plengkung dapat dijadikan sebagai pilihan. Pantai Plengkung disebut-sebut sebagai pantai dengan ombak tinggi terbaik.

Pantai Plengkung berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo, sehingga kebersihannya masih sangat dijaga dengan baik. Pantai Plengkung memiliki harga tiket masuk sebesar Rp3 ribuan saja per orang dan buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

5. Taman Blambangan

Bila Kawan mencari taman yang asyik untuk nongkrong, Taman Blambangan dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Bukan hanya mempunyai fasilitas yang lengkap, tetapi Taman Blambangan juga memiliki sejumlah bangunan berarsitektur kuno yang masih terjaga dengan baik.

Taman Blambangan buka setiap hari selama 24 jam penuh. Sehingga pengunjung dapat mengunjungi taman ini kapan saja. Taman Blambangan berlokasi di Jalan Diponegoro 2, Kepatihan.

Baca juga: 5 Wisata Gunung Kelud Terbaik yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan

6. Air Terjun Lider

Beralih lagi ke wisata alam di Banyuwangi. Memiliki nama Air Terjun Lider, air terjun yang satu ini memiliki ketinggian 60 meter. Dapat dipastikan jika Air Terjun Lider akan memberikan pengalaman liburan pada pengunjung yang sangat menyegarkan.

Lokasi Air Terjun Lider berada di dalam hutan hujan tropis yang sejuk dan asri. Jika beruntung, Kawan dapat bertemu dengan berbagai satwa seperti kupu-kupu, monyet dan yang lainnya.

Air Terjun Lider memiliki harga tiket Rp3 ribuan saja per orang. Sedangkan jam buka Air Terjun Lider mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Air Terjun Lider berlokasi di Sumberarum, Songgon, Banyuwangi.

7. Pantai Boom

pantai boom banyuwangi wisata jawa timur
info gambar

Wisata Banyuwangi lainnya yang berwujud pantai adalah Pantai Boom. Pantai Boom dulunya merupakan pelabuhan dan sekarang banyak dikunjungi wisatawan untuk berfoto di sejumlah spot yang instagramable.

Di sini, Kawan akan memperoleh foto siluet dan menghadap matahari terbenam. Sudah membayangkan seperti apa menariknya destinasi wisata ini? Bukan hanya sekedar berfoto saja, tetapi di sini Kawan dapat bermain perahu, camping bahkan melihat festival tari Gandrung.

Harga tiket masuk di Pantai Boom ini mulai dari Rp3 ribuan per orang. Untuk jam bukanya, Pantai Boom buka mulai dari pukul 6 pagi hingga 8 malam. Sedangkan untuk lokasinya, Pantai Boom berada di Kampungmandar, Banyuwangi.

Baca juga: Pesona Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang Eksotis

8. Desa Wisata Osing Kemiren

desa wisata osing kemiren
info gambar

Bila sedang mencari wisata budaya yang berada di Banyuwangi, salah satu destinasi yang harus dikunjungi adalah Desa Wisata Osing Kemiren. Desa Wisata Osing Kemiren merupakan desa yang ditinggali oleh suku Osing.

Suku Osing sendiri merupakan suku asli di Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Suku ini memiliki keunikan serta kekayaan budaya yang hingga sekarang terjaga dengan baik di kawasan wisata desa. Tidak hanya itu, Desa Wisata Osing Kemiren terkenal dengan kopinya yang begitu autentik.

Di Desa Wisata Osing Kemiren, Kawan dapat mengunjungi rumah adat suku Osing serta belajar membuat bubuk kopi. Tidak ketinggalan, Kawan juga dapat melihat pertunjukan Barong Osing yang sangat meriah.

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Osing Kemiren hanya Rp5 ribuan saja per orang. Desa Wisata Osing Kemiren buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Desa Wisata Osing Kemiren berlokasi di Dusun krajan, Glagah, Banyuwangi.

Baca juga: Rumah Adat Suku Osing di Banyuwangi Jawa Timur

9. Taman Nasional Alas Purwo

taman nasional alas purwo
info gambar

Destinasi lainnya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan asri yang lengkap dengan sejumlah satwa liar di dalamnya. Di Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung bukan hanya dapat bertemu dengan satwa, tetapi juga dapat mengunjungi Pantai.

Pantai yang berada di Taman Nasional Alas Purwo adalah Pantai Pancur. Selain itu pengunjung juga dapat mengunjungi hutan mangrove hingga padang savanna. Dengan flora dan fauna yang kaya, tidak salah bila Taman Nasional Alas Purwo sering dikunjungi untuk penelitian.

Taman Nasional Alas Purwo buka dari hari Senin hingga Jumat mulai dari pukul 7 pagi hingga 4 sore. Taman Nasional Alas Purwo berlokasi di Jalan Brawijaya 20, Banyuwangi.

10. De Djawatan

Bila Kawan ingin berlibur di tempat yang asri dengan pepohonan yang rimbun nan eksotis, hutan wisata De Djawatan cocok untuk Kawan kunjungi. Di penuhi dengan pohon trembesi yang besar, membuat Kawan bak masuk ke hutan Lord of The Rings.

Dengan suasana yang begitu eksotis, De Djawatan bahkan sering dijadikan sebagai pilihan untuk mengambil foto prewedding.

Harga tiket masuk De Djawatan mulai dari Rp5 ribuan, sedangkan untuk jam bukanya dari hari Selasa hingga Minggu pukul 7 pagi sampai 5 sore. De Djawatan berlokasi di Purwosari, Benculuk, Banyuwangi.

11. Kawah Ijen

kawah ijen objek wisata banyuwangi jawa timur
info gambar

List wisata Banyuwangi kali ini ditutup oleh tempat wisata yang bisa dikatakan sangat ikonik dan populer di Banyuwangi yaitu Kawah Ijen.

Termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Alas Purwo, destinasi yang satu ini memang sudah sangat tersohor, bahkan hingga di luar negeri.

Salah satu daya tarik utamanya adalah adanya fenomena Blue Flame yang begitu menakjubkan dan menjadi tujuan dari para pendaki melakukan trekking ke puncak Ijen.

Waktu terbaik menikmati fenomena ini yaitu dari jam 2 hingga 4 dini hari. Sehingga Kawan bisa memulai pendakian dua hingga tiga jam lebih awal dari waktu tersebut.

Sumber:
https://www.klook.com/id/blog/tempat-wisata-di-banyuwangi/
https://blog.tiket.com/tempat-wisata-di-banyuwangi-paling-hits-dan-instagramable/
https://www.orami.co.id/magazine/wisata-banyuwangi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini