Keunikan Masjid dengan Bentuk Kubah Berbentuk Kupiah Tradisional di Aceh

Keunikan Masjid dengan Bentuk Kubah Berbentuk Kupiah Tradisional di Aceh
info gambar utama

Masjid Baitul Musyahadah yang terletak di Jalan Tengku Umar, Gampong Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh memiliki bentuk yang unik. Pasalnya masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang memiliki kubah berbentuk kupiah.

Hal inilah yang membuat masjid ini memiliki sebutan Masjid Kupiah Meukeutop atau Masjid Tengku Umar. Kupiah Meukeutop sendiri adalah topi khas masyarakat Aceh bahkan konon pernah dipakai pahlawan Aceh Tengku Umar.

Beberapa Fakta Mengagumkan dari Eksistensi Masjid di Indonesia

Dimuat dari Tribunnews, dari bentuknya, kubah masjid ini jauh berbeda dibandingkan arsitektur tempat ibadah Muslim lainnya yang umumnya berbentuk bulat atau limas. Ditambah lagi dengan warna kubah yang di cat mencolok dan mengikuti pola topi Aceh.

Karena itulah yang menyebabkan banyak masyarakat Aceh lebih mengenal masjid ini dengan nama Masjid Kupiah Meukeutop, dibandingkan nama aslinya yakni Masjid Baitul Musyahadah.

Masjid unik

Masjid Baitul Musyahadah pada awalnya dibangun secara swadaya oleh masyarakat Muslim Aceh setempat pada tahun 1989. Ketika itu namanya adalah Masjid Al-Ikhlas. Setelah berjalannya waktu pada 1993, namanya berubah jadi seperti hari ini.

Rancangan bangunan ini sendiri dibuat oleh cendekiawan terkemuka dari Aceh yakni, Ali Hasjmy. Beliau merancang masjid ini berdenah segi lima sebagai gambaran dari rukun Islam yang harus diamalkan oleh seluruh jamaah.

Pesona Masjid Indonesia dan Kuwait yang Punya Arsitektur Tidak Biasa

Sedangkan bentuk segi lima juga merupakan lambang dari Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia. Dari segi arsitektur, masjid ini dibangun dua lantai yang ditopang dengan puluhan tiang besar dan kokoh.

Bila melihat dari luar, masjid yang berdiri di lahan sekitar 3 hektare itu memiliki beberapa fasilitas. Selain memiliki lahan parkir yang luas, masjid ini juga memiliki tempat wudhu laki-laki dan perempuan yang representatif.

Jadi lokasi perkumpulan

Walau kalah tersohor dibandingkan Masjid Baiturrahman, masyarakat Aceh tetap suka mendatangi masjid ini. Karena itulah selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga difungsikan sebagai tempat pengajian bagi remaja dan anak-anak.

Banyak ornamen-ornamen khas Aceh yang dipajang di dinding depan Masjid Baitul Musyahadah membuat remaja begitu betah berada di sini. Selain itu, masjid ini juga memiliki pintu unik yang terbuat dari besi.

5 Masjid di Indonesia yang Memiliki Arsitektur Unik (Bagian 1)

“Masjid ini termasuk masjid terunik yang saya temui. Hingga saya memutuskan untuk menjadi remaja di masjid ini,” ucap Khairan, remaja Masjid Baitul Musyahadah yang diliat dari Wasatha.

Masjid ini juga sering dijadikan tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan, seperti pengajian TPA, TPQ dan Fiqih setiap malam Selasa, Kamis, dan Jumat. Semua kegiatan ini dilakukan agar para remaja betah berada di Masjid.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini