Sederet Atlet Indonesia Unjuk Gigi demi Tampil di Liga Bola Voli Korea Selatan

Sederet Atlet Indonesia Unjuk Gigi demi Tampil di Liga Bola Voli Korea Selatan
info gambar utama

Para atlet bola voli asal Indonesia mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di Liga Bola Voli Korea Selatan.

Saat ini, Liga Bola Voli Korea Selatan atau KOVO Cup saat ini memberi kesempatan kepada atlet dari luar negaranya untuk unjuk gigi. Ini dikarenakan Federasi Bola Voli Korea Selatan (KOVO) telah menetapkan aturan mengenai kuota pemain asing untuk musim 2023-2024.

Dalam aturan tersebut, setiap klub diperbolehkan memiliki dua pemain asing di mana satu di antaranya harus berasal dari Asia. Oleh karena itu, diselenggarakan try out atau uji coba bagi atlet voli dari luar Korea untuk memilih pemain asing yang akan mengisi kuota pemain Asia.

Berdasarkan jadwal, try out bakal digelar Jeju Halla Gymnasium pada 25 hingga 27 April 2023 bagi atlet putra. Untuk atlet putri, tanggal pelaksanaannya adalah 21 April. Jika pemain berhasil lulus try out, mereka akan boleh direkrut oleh klub di KOVO Cup.

Bolasport melaporkan bahwa ada kandidat dari 10 negara yang ikut serta, termasuk Indonesia. Adapun selain Indonesia, 9 negara yang atletnya berpartisipasi yakni Taiwan, Hong Kong, Jepang, Myanmar, Mongolia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Total, ada 58 atlet dari 10 negara tersebut yang mengikuti try out. Untuk sektor putra, atletnya ada 34. Sedangkan untuk putri, ada 24 atlet. Adapun atlet dari Indonesia sendiri berjumlah 10 orang.

Mereka adalah 7 atlet putra dan 3 atlet putri. Ketujuh nama atlet putra yang masum daftar yaitu Rivan Nurmulki, Farhan Halim, Doni Haryono, Agil Angga Anggara, Dimas Saputra, Fahri Septian, dan Rendy Tamamilang. Kemudian 3 atlet putrinya yakni Megawati Hangestri Pertiwi, Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi, dan Mediol Stiovanny Yoku.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Bukan Pertama Kali

Adanya atlet voli Indonesia yang berkiprah di klub luar negeri sebetulnya bukan hal baru. Sebelumnya, sudah ada anak bangsa yang merasakan menjadi bagian dari klub luar negeri dan berkompetisi dengan nuansa yang berbeda dengan di Tanah Air.

Terakhir Doni Haryono beraksi di kompetisi bola boli Jepang, V.League 1. Ia bergabung bersama klub VC Nagano Tridents.

Sebelum ke Jepang, Doni Haryono, ini juga pernah bermain di klub Bahrain. Ia membela Al-Nasser di Liga Bola Voli Bahrain musim 2020/2021.

Menariknya lagi, Doni Haryono juga bukan pemain Indonesia pertama yang pernah dimilki Nagano Tridents. Sebelun merekrut Doni, mereka pernah menggunakan jasa Rivan Nulmulki.

Tim Para-atletik Indonesia Sabet 5 Medali Emas di Dubai

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini