5 Planet Sejajar Akan Muncul Malam Ini, Begini Cara Melihatnya

5 Planet Sejajar Akan Muncul Malam Ini, Begini Cara Melihatnya
info gambar utama

Lima planet sejajar akan tampak di langit malam ini, Selasa (28/3/2023). Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Uranus, akan berkumpul dalam sektor langit sepanjang 50 derajat. Mereka bakal berbaris membentuk busur bersama dengan bulan setelah matahari terbenam. Fenomena langka ini dapat dilihat dengan mata telanjang.

"Jika Anda keluar, tepat saat matahari terbenam dan melihat ke barat, Anda akan melihat planet-planet ini terbentang dalam garis yang memanjang sekitar 50 derajat atau lebih," ungkap Bill Cooke, pimpinan Meteoroid Environment NASA, dikutip dari CBS NEWS.

Peristiwa tersebut dinamakan penyelarasan planet, biasanya terjadi ketika beberapa planet saling berdekatan di satu sisi matahari pada waktu tertentu. Formasi ini sangat langka karena di antara mereka terdapat Uranus, planet ketujuh dalam sistem tata surya sekaligus salah satu yang paling sulit dilihat dari Bumi.

Beragam Langkah Pemprov DKI Agar Langit Jakarta Selalu Biru

Momen langka untuk melihat Uranus

Cooke menjelaskan, Jupiter, Venus, dan Mars akan mudah dilihat, sedangkan Merkurius dan Uranus akan membutuhkan teropong.

Jupiter dan Merkurius akan terletak lebih dekat ke cakrawala, sedangkan Mars akan berada di sebelah bulan. Lalu, Venus akan berada di dekat Mars, sementara Uranus akan muncul sebagai "bintang kehijauan" tepat di atas bulan.

"Uranus akan menjadi makhluk langka yang akan Anda cari dalam keselarasan itu. Jika Anda mengoleksi planet, inilah kesempatan untuk menambahkan Uranus ke koleksi Anda," sambung Cooke.

Menurut Star Walk, parade lima planet ini dapat disaksikan beberapa hari sebelum dan sesudah peristiwa puncak. Namun, tanggal 28 Maret menjadi hari terbaik untuk melakukan pengamatan.

Ribuan Tahun Lalu, Aurora Sempat Hiasi Langit Khatulistiwa

Gunakan teropong untuk pemandangan yang lebih cantik

Bagi Anda yang ingin mengamati lima planet ini, ahli menyarankan sebaiknya gunakan teropong agar Anda dapat melihat susunan planet yang spektakuler dengan jelas di langit.

Selain itu, lakukanlah pengamatan dari ufuk barat di lokasi dengan pandangan yang jelas alias tidak terhalang. Pastikan tidak ada benda tinggi di arah itu, seperti bangunan atau pepohonan.

Pilihan terbaik untuk mengamati lima planet ini adalah dengan melihat ke garis pantai, menghadap ke barat yang datar sempurna dan terbuka lebar tanpa ada yang menghalangi pandangan.

Untuk dapat melihat semua planet yang sejajar itu, pastikan Anda membawa teropong yang tepat karena akan sangat bermanfaat untuk memanjakan mata Anda. Sebaiknya gunakan teropong berjenis 7 x 35 atau 7 x 50.

Di dekat cakrawala, Anda akan melihat dua objek terang, yakni Jupiter (magnitudo -2,1) dan Merkurius (magnitudo -1,3). Mereka akan ditempatkan di konstelasi Pisces, terpisah sekitar satu derajat. Lalu, Venus yang Lebih tinggi di langit, akan bersinar terang dengan magnitudo -4,0 di konstelasi Aries.

Jika Anda menggunakan teropong yang kuat, Anda akan melihat Uranus di dekat Venus, bersinar dengan magnitudo 5,8 pada jarak sekitar 2° dari Venus. Kemudian, Mars (bermagnitudo 0,9) akan bergabung dengan kesejajaran yang lebih tinggi di langit, dekat bulan seperempat pertama di konstelasi Gemini.

Berdirinya Planetarium, Cita-Cita Bung Karno Agar Indonesia Pahami Langit

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini