Electric Cadillac, Band Jakarta Pertama yang Tampil di Byron Bay Bluesfest Australia

Electric Cadillac, Band Jakarta Pertama yang Tampil di Byron Bay Bluesfest Australia
info gambar utama

Bertambah lagi kelompok pegiat seni di bidang musik tanah air yang unjuk kemampuan mereka di panggung Internasional, mereka adalah Electric Cadillac, band band blues-rock asal Jakarta yang terdiri dari Kongko Bangun Pambudi (Gitar/Vokalis), Handy Salim (Drum), Angga Pratama (Bass), dan Ade Irawan (Keyboard).

Electric Cadillac berhasil menunjukkan aksi panggungnya di Byron Bay Bluesfest 2023, sebagai salah satu penampil dalam gelaran festival musik tersebut. Untuk diketahui, Byron Bay Bluesfest adalah salah satu acara musik blues dan roots terbesar di dunia yang rutin diadakan setiap tahunnya di Byron Bay, Australia.

Akan digelar pada tanggal 6 hingga 10 April 2023, dan akan menjadi tahun ke-34 pelaksanaannya. Selain Electric Cadillac, terdapat juga sejumlah penampil lain yang terdiri dari Buddy Guy, Joe Bonamassa, Bonnie Raitt, Eric Gales, King Fish, Counting Crowes, Beck, Elvis Costello dan puluhan lainnya.

Tampilnya band satu ini juga sekaligus menjadikan Electric Cadillac sebagai band blues asal Jakarta pertama yang tampil di festival tersebut.

Merawat Musik Gondang, Alunan Indah Berbalut Nuansa Supranatural

Electric Cadillac dan keunikannya

Electric Cadillac
info gambar

Electric Cadillac memiliki nuansa hybrid of blues, yakni kombinasi antara chicago blues dengan soul, funk, dan rock. Band ini sendiri memulai debut panggung pertama mereka pada tahun 2008 silam.

Ciri khas Electric Cadillac ada di setiap individunya, yaitu: permainan gitar blues tradisional Kongko dengan tone gitar rock ala Texas dipadukan dengan suara vokalnya yang kuat serta menggelegar mampu memberikan karakter khusus pada band ini.

Lebih spesial lagi ada Ade Irawan, seorang difabel yang teramat spesial dengan permainan deep blues dan piano jazznya, yang mampu memperkaya warna permainan Electric Cadillac. Selain itu, Ade juga memberikan kontribusi vokal baik pada lagu maupun pada setiap penampilan Electric Cadillac.

Keberadaan Ade Irawan pada band juga sebagai penegasan inklusivitas dalam bermusik Electric Cadillac.

Selain itu ada Angga, dengan permainan groovy bassline yang seksi dan melengkapi. Dan juga pukulan drum Handy Salim yang menyatukan kesemuanya dalam beat groovy, shuffle, dan fusion.

Electric Cadillac pernah merilis EPnya pada tahun 2013 lalu dengan judul “Take a Ride” yang bermaterikan 5 lagu dimana yang menjadi jagoannya saat itu adalah "Ini Blues Jakarta", dan juga beberapa single yang nantinya akan menjadi satu kesatuan pada album “Dancing All The Way".

Sementara itu lagu lainnya yakni, "Blueshood" digadang-gadang sebagai ‘paspor’ mereka ke gelaran Byron Bay Blues Festival. Bukan tanpa alasan, pasalnya karena lagu inilah Electric Cadillac diundang untuk bermain di sana, ada juga "You Are The Best Thing In My Life", dan “Di sini Kita Berbagi” sebagai lagu yang mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Kongko yang juga berperan sebagai pendiri dan penggerak dari Blueshood, sebuah komunitas musik blues di Jakarta dan salah satu komunitas musik blues terbesar dan teraktif di Indonesia, mengatakan bahwa rencana tampilnya Electric Cadillac pada Byron Bay Bluesfest 2023 bisa menjadi gerbang kerja sama antara Blueshood dengan Byron Bay Buesfest, dan juga dapat menjadi pembuka untuk band-band blues asal Indonesia bisa tampil disana secara rutin.

“Ada wacana Blueshood akan bersinergi serta bekerja sama dengan Byron Bay Bluesfet ini ke depannya”, terang Kongko.

“Semoga kehadiran Electric Cadillac di Byron Bay Bluesfest bisa seperti apa yang pernah dilakukan oleh Burgerkill di skena metal, mereka membantu membuka jalan band-band metal lainnya asal Indonesia untuk bisa bermain di Wacken Open Air di Germany”, ujarnya lagi.

Menelusuri Jejak Karya Seni Musik Indonesia dari Masa ke Masa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini