Rumah Sakit Internasional di IKN Siap Beroperasi Juni 2024

Rumah Sakit Internasional di IKN Siap Beroperasi Juni 2024
info gambar utama

Pemerintah Republik Indonesia (RI) akan segera membangun rumah sakit bertaraf internasional di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KPIP) Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam situs resmi IKN tertulis bahwa rumah sakit ini akan mulai beroperasi pada Juni 2024.

Kepala Dinkes Penajam Paser Utara Kaltim dr Jansje Grace Makisurat mengungkapkan, dengan adanya rumah sakit berkelas internasional, maka Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku akan dialihfungsikan menjadi rumah sakit Trauma Center di IKN.

Pusat kesehatan tersebut akan melayani masyarakat umum dan pekerja konstruksi IKN yang mengalami kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, dan lainnya, dikutip dari Tribun Kaltara.

Mengutip The Straits Times, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sudah ada sembilan rumah sakit serta tujuh universitas yang berminat untuk berdiri di IKN.

Jokowi juga berharap rumah sakit Mount Elizabeth dan Gleneagles asal Singapura beserta universitas terbaiknya tertarik berinvestasi di IKN.

Pemerintah bahkan telah menyiapkan sejumlah insentif kepada investor yang akan bermitra dengan Indonesia, salah satunya pemberian izin hak atas tanah (HAT) dalam bentuk Hak Guna Usaha (HGU) serta Hak Guna Bangunan (HGB) yang lebih panjang.

Butuh Banyak Investor, Pemerintah Bakal Bangun Bandara VIP di IKN

Sekolah dan pasar juga sedang dibangun

Di samping itu, Sekretaris Otorita IKN Ahmad Jaka Santos Adiwijaya menyebut, selain rumah sakit, pemerintah juga tengah membangun infrastruktur dasar lain seperti pasar dan sekolah.

Pembangunan fasilitas-fasilitas itu sudah direncanakan sejak 2022 dan akan selesai seiring pemindahan belasan ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN pada tahap pertama.

"Fasilitas untuk kebutuhan ASN yang pindah sudah dipikirkan dan akan disiapkan. Sebagai contoh rumah sakit bertaraf internasional rencananya akan hadir di KIPP, kemudian kita juga akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang baik," kata Jaka .

Sementara itu, mengutip Kompas.com, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menjelaskan, pembangunan KIPP IKN per Maret 2023 baru mencapai 23 persen. Terdapat dua infrastruktur dasar yang pembangunannya sudah beres sepenuhnya, yakni tiga ruas jalan logistik dan Embung Mentawir.

Sementara progres pembangunan Kantor Presiden baru mencapai 5,8 persen, lalu Istana Presiden sekitar 8 persen. Pemerintah menargetkan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia tahun depan dapat dilaksanakan di IKN. Oleh sebab itu, kawasan Istana Presiden IKN termasuk Lapangan Upacara ditargetkan rampung sebelum 17 Agustus 2024.

Canggih! Pembayaran Tanpa Sentuh Bakal Diterapkan di Seluruh Ruas Tol IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini