Bukan Sirkuit Mandalika, Lokasi Ini Dibidik Jadi Tempat Balapan F1 di Indonesia pada 2024

Bukan Sirkuit Mandalika, Lokasi Ini Dibidik Jadi Tempat Balapan F1 di Indonesia pada 2024
info gambar utama

Indonesia berharap bisa jadi tuan rumah balapan F1. Lokasi balapan pun dibidik, namun bukan di Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika adalah sirkuit kelas dunia yang kini dimiliki Indonesia. Ajang balapan internasional bergengsi seperti World Superbike dan MotoGP telah sukses digelar di sana.

Hanya saja, lain cerita untuk F1. Balap jet darat itu diharapkan bisa digelar di Indonesia, namun bukan di Sirkuit Mandalika melainkan tempat lain.

2 Pebalap Muda Indonesia Bakal Ngegas di Kejuaraan Dunia Motocross Junior 2023

Bintan dan PIK

Adalah Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang berhasrat mewujudkan balapan F1 di Indonesia. Untuk itu, ada dua tempat yang diproyeksikan bisa menjadi lokasi balapan, yakni Pulau Bintan dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Pulau Bintan adalah sebuah pulau yang terlerak di provinsi Kepulauan Riau, tepatnya Kota Tanjungpinang. Sementara itu, PIK adalah kawasan perumahan elite yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara; Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat; dan Kabupaten Tangerang, Banten.

Di Bintan dan PIK saat ini tidak ada sirkuit yang layak untuk menggelar balapan seperti F1. Oleh karena itu, IMI juga berharap sirkuit bertaraf internasional bisa dibangun di sana.

Tidak main-main, IMI bahkan berharap sirkuitnya bisa selesai dibangun pada tahun 2024. Lalu pada tahun yang sama, balapan F1 bisa dilaksanakan.

"Kita memiliki mimpi untuk menghadirkan F1 di Indonesia," ujar Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo, seperti dilansir ANTARA.

"Penjajakan sudah kita lakukan untuk membuat speed city circuit di PIK, dan semoga harapannya bisa dibangun dalam (rentang) waktu 8 hingga 9 bulan. Paling tidak di akhir atau pertengahan 2024 bisa kita wujudkan mimpi," lanjutnya.

F1 di Asia Tenggara

Jika nantinya Indonesia berhasil menggelar balapan F1, maka Indonesia menyusul Malaysia dan Singapura sebagai negara Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah F1.

Keduanya memang lebih dulu menggelar F1. Malaysia menggelar F1 di Sirkuit Sepang sejak 1999. Sedangkan Singapura menggelar F1 di Sirkuit Marina Bay sejak 2008.

Menariknya, Malaysia adalah negara kedua di Asia yang menyelenggarakan F1. Adapun negara pertamanya adalah Jepang.

Kini, Malaysia sudah tidak menggelar F1 dan balapan terakhir dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. Alasannya adalah pemerintah Malaysia memandang F1 memakan biaya yang terlalu besar sementara hasil yang didapat tidak sepadan.

Sementara itu, Singapura masih terus menjadi tuan rumah F1. Terdekat, Sirkuit Marina Bay akan jadi tempat dihelatnya F1 musim 2023 pada 17 September mendatang.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini