Implementasi Digital Marketing Di Era Industri 4.0 Melalui Program Kampus Merdeka

Implementasi Digital Marketing Di Era Industri 4.0 Melalui Program Kampus Merdeka
info gambar utama

Dewasa ini, kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, hal itu mendorong segala aktivitas dilakukan dengan cepat. Perkembangan teknologi juga membuat segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia menjadi lebih mudah termasuk dalam hal promosi produk atau jasa.

Dahulu kegiatan pemasaran hanya dilakukan secara konvensional, kini kegiatan pemasaran dapat dilakukan secara daring sehingga dapat mencakup sasaran yang lebih luas tanpa batas waktu dan wilayah.

Evolusi Era Marketing

Hal itu kita pahami saat ini sebagai digital marketing. Secara definisi, digital marketing dapat dipahami sebagai kegiatan pemasaran suatu brand/produk melalui media digital dan internet dengan tujuan untuk menarik konsumen secara cepat.

Digital marketing juga dapat dimaknai sebagai seni mengelola hubungan dengan manusia melalui media digital supaya konsumen mengetahui, kemudian tertarik, hingga membeli dan melakukan pembelian ulang, serta merekomendasikan produk kita.

Dengan adanya digital marketing, kita dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tak terbatas letak geografis. Tak hanya itu, kita juga bisa menentukan sasaran pelanggan seperti target pasar, baik dari segi pendidikan, pekerjaan, usia, lokasi, hobi, sehingga proses pemasaran yang dijalankan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Melihat kemajuan teknologi digital yang begitu pesat, pemerintah melihat fenomena ini sebagai suatu kesempatan untuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing dan memiliki kemampuan unggul dalam hal teknologi digital. Pemerintah membuat program terobosan yang bernama Magang dan Studi Independen Kampus Merdeka.

Baca juga: Menambah Jaring Pertemanan Melalui Kampus Merdeka

Magang Studi Independen Bersertifikat

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu dari delapan program unggulan yang dicanangkan oleh Kemdikbud. Studi Independen Bersertifikat sendiri merupakan program tentang pembelajaran dilakukan di luar kegiatan kampus dan dirancang sedemikian rupa disesuaikan dengan tantangan nyata yang ada di dalam mitra/industri.

Melalui program ini, mahasiswa dapat menambah wawasan, relasi, serta meningkatkan soft skills maupun hard skills.

Menyadari akan esensi dari program ini dan manfaatnya untuk menunjang karier kedepannya, saya memutuskan untuk mengikuti program kampus merdeka Studi Independen Bersertifikat skema digital marketing di PT Arkatama Multi Solusindo yang dilakukan secara daring.

Dalam pelaksanaannya, peserta Studi Independen di PT Arkatama Multi Solusindo belajar tentang digital marketing mulai dari fundamental sampai lanjutan. Materi yang diajarkan, meliputi konsep digital marketing, analisis data digital, perencanaan konten, konten grafis, konten video, konten artikel, optimasi sosial media marketing, KOL, SEO, website sederhana, kampanye pemasaran digital.

Peserta Studi Independen Bersetifikat juga diharuskan untuk menyelesaikan proyek akhir sebagai syarat kelulusan program Kampus Merdeka. Proyek akhir berupa pembuatan proposal bisnis, optimasi ide bisnis pembuatan Google My Business, media sosial, dan website atau landing page sederhana.

Ide bisnis yang saya buat adalah jasa layanan pelatihan karier dengan nama One Way Career. One Way Career merupakan start up yang bergerak di bidang pengembangan karier yang dibuat untuk membantu para lulusan SMA/SMK sederajat dan Perguruan Tinggi untuk mampu mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini hasil dari proyek akhir Digital Marketing Studi Independen Bersertifikat di PT Arkatama Multi Solusindo:

Instagram One Way Career

Pembuatan Google My Business

Landing Page

Adanya tugas akhir tersebut menambah wawasan saya mengenai digital marketing, khususnya optimasi bisnis yang efektif dan efisien. Proyek akhir ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan hard skills di bidang digital marketing serta membangun portofolio yang mumpuni.

Nah, dari berbagai pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti program Kampus Merdeka, banyak sekali manfaat yang bisa Kawan GNFI ambil serta dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi kita dalam suatu bidang. Sudah siapkah Kawan GNFI untuk mengikuti program Kampus Merdeka di batch selanjutnya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini