Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Langkah Indonesia Jadi Pusat Modest Fashion Dunia

Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Langkah Indonesia Jadi Pusat Modest Fashion Dunia
info gambar utama

Jakarta Muslim Fashion Week merupakan acara yang digagas oleh Kementerian Perdagangan dan KADIN dengan maksud mempromosikan produk fesyen muslim/modest Indonesia dan meningkatkan daya saing industri fesyen muslim/modest dalam pasar internasional, sekaligus memenuhi visi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim/modest dunia.

"Ini adalah inisiasi dari Kemendag dan KADIN, dan kami sangat mendukung karena ini ikut mempromosikan subsektor ekonomi kreatif yaitu produk fesyen muslim/modest Indonesia agar lebih berdaya saing dan lebih eksis di pasar internasional," kata Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" Senin (27/3/2023) dikutip dari siaran pers Menparekraf.

Acara ini akan berlangsung pada Maret hingga September 2023. Menurut pernyataan dari Menparekraf Sandiaga, Jakarta Muslim Fashion Week diharapkan dapat membantu Indonesia memperkuat posisinya dalam industri fesyen modest dunia dan mewujudkan visi dan misi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim/modest dunia.

"Di tahun 2023, target ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia sebesar 26,5 miliar dolar AS, dan fesyen adalah produk ekraf yang paling banyak menyumbang nilai ekspor sekitar 65 persen," ujar Sandiaga.

M. Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, dalam acara Road to JMFW, mengungkapkan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf turut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan seperti seminar dan kurasi di empat kota, yakni Banjarmasin, Bandung, Lombok, dan Padang.

Selain itu, mereka juga melakukan inkubasi fesyen muslim/modest di kota Bandung bersama Islamic Fashion Institute (IFI).

“Kemenparekraf berkontribusi dalam hal penyelenggaraan roadshow, seminar dan kurasi, serta inkubasi di dua kota yaitu di Bandung dan Lombok. Jadi kita membantu seminar dan kurasi, serta inkubasi untuk peserta yang nantinya akan dihadirkan di JMFW 2024 pada bulan Oktober 2023," ujar Neil.

Siap Tampil! Ini 7 Brand Indonesia di New York Fashion Week 2023

Potensi yang besar dari Indonesia

Didi Sumedi selaku Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag berterima kasih atas dukungan yang telah menjadikan Jakarta Muslim Fashion Week sebagai bagian dari program di Kemenparekraf.

"(JMFW) Ini adalah program yang sudah kita coba buatkan roadmap-nya dari mulai tahun 2021 sampai 2024. Di mana sesuai dengan arahan Presiden, kita ingin mendeklarasikan Indonesia sebagai pusat fesyen modest dunia," ujar Didi.

10 Brand Fashion Indonesia yang Mengusung Konsep Sustainable Fashion

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini