Menengok Surga Bawah Laut di Gili Ketapang

Menengok Surga Bawah Laut di Gili Ketapang
info gambar utama

Gili Ketapang merupakan sebuah desa dan pulau kecil yang berada di Selat Madura, lokasinya tepat di 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pesonanya yang sangat menawan, membuat siapa saja yang datang ke sini berdecak kagum, terutama keindahan bawah lautnya.

Pulau ini disebut juga sebagai wisata bahari yang sangat memukau di Jawa Timur. Nah, bagi Kawan yang senang snorkeling, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meski tampak kecil, pulau ini memiliki keindahan pantai dengan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru serta ombak yang sangat menenangkan. Sebelum berkunjung ke sini, simak dulu info mengenai Gili Ketapang berikut.

Sejarah Gili Ketapang

Sejarah Gili Ketapang | giliketapangofficial.com
info gambar

Dulunya Gili Ketapang adalah sebuah desa yang bernama Desa Ketapang yang menjadi satu dengan daratan Probolinggo dan hanya dipisahkan oleh sungai. Menurut cerita, dahulu terjadi terjadi sebuah gempa besar dari meletusnya Gunung Semeru. Gempa ini menyebabkan daratan tersebut terpisah hingga sejauh 5 mil dan menuju tengah lautan.

Dari sinilah nama Gili Ketapang diberikan, yaitu dari daratan yang terpisah tadi. Di mana kata Gili memiliki arti “mengalir” dan Ketapang adalah nama desa pada saat masih bersatu dulunya, jika digabung maka memiliki arti Ketapang yang mengalir.

Perlu Kawan ketahui, bahwa penduduk sekitar mempercayai jika pulau yang memiliki pesona alam yang cantik ini masih bergerak menjauh perlahan ke tengah lautan. Bukan hanya itu, di pulau ini terdapat juga sebuah gua bernama Gua Kucing, menurut masyarakat di sana gua tersebut merupakan tempat petilasan dari Syekh Maulana Ishaq.

Baca juga: Mengenal Gili Iyang, Destinasi Unik yang Ada di Sumenep

Keunikan Pulau Ketapang

gili ketapang
info gambar

Untuk berkunjung ke pulau ini, Kawan hanya dikenakan tiket sebesar Rp10.000 per orang untuk menyewa perahu agar sampai ke Gili Ketapang. Pulau ini dapat dinikmati setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Untuk fasilitasnya bisa dikatakan cukup baik, meski dikelola oleh masyarakat setempat. Adapun fasilitas yang tersedia adalah toilet dan mushola sudah cukup bersih. Ada juga ayunan yang dapat digunakan untuk bermain.

Pulau ini memiliki ombak yang sangat tenang, dengan hamparan pasir putih dengan tekstur yang lembut. Bahkan di beberapa titik Kawan bisa menjumpai pasir pantai yang berwarna hampir merah muda. Dijamin Kawan akan sangat betah untuk berlama-lama berada di sini.

Penduduk di pulau ini mayoritas adalah nelayan, mereka masih menerapkan cara tradisional untuk melaut. Jadi tidak heran jika kondisi laut di Gili Ketapang ini masih sangat baik dan memukau. Penduduk disini juga sangat ramah, beberapa dari masyarakat juga mendirikan warung makan dan menjual kebutuhan pengunjung.

Baca juga: Gili Labak, Keindahan Pulau Surgawi di Kabupaten Sumenep Madura

Kegiatan atau Aktivitas Seru di Gili Ketapang

gili ketapang
info gambar

Tak hanya bermain di pantai saja atau hanya ingin bermain pasir, ada beberapa kegiatan seru yang dapat Kawan lakukan jika berkunjung ke Gili Ketapang di antaranya:

1. Melakukan snorkeling

Kegiatan menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut di pulau ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk Kawan lakukan. Hewan-hewan bawah laut dan terumbu karang yang cantik, akan membuat siapapun melihatnya merasa takjub dengan keindahannya yang memukau.

Tak perlu membawa perlengkapan snorkeling dari rumah, karena di sini Kawan bisa menemukan paket wisata snorkeling yang menyediakan peralatan snorkeling secara lengkap.

Ada 3 titik rekomendasi untuk melakukan snorkeling, salah satunya berada di sisi selatan dan 2 lainnya berada di barat daya. Masing-masing jaraknya hanya 100 meter dari pantai. Bagi Kawan yang belum berpengalam untuk melakukan snorkeling, jangan khawatir karena ada beberapa titik yang dapat digunakan untuk berfoto di pulau indah ini.

2. Memancing di tengah laut

Kawan yang memiliki hobi memancing, bisa juga untuk menyalurkan hobi di sini. Banyak ikan-ikan besar yang dapat di pancing di kawasan perairan Gili Ketapang. Akan menjadi pengalaman yang berharga, karena Kawan dapat merasakan serunya memancing di tengah lautan.

3. Menikmati aneka hidangan laut

gili ketapang
info gambar

Manjakan juga lidah Kawan untuk menikmati aneka hidangan di pulau ini. Beberapa warung akan menjajakan menu andalan mereka yaitu ikan bakar. Penasaran bukan untuk mencobanya? Terlebih makan ikan bakar sambil menikmati suasana pulau Gili Ketapang yang eksotis.

Masih banyak lagi hal seru yang dapat Kawan rasakan di Gili Ketapang ini, seperti menikmati olahraga ekstrim banana boat atau ingin berkeliling pulau menggunakan kapal untuk menikmati keindahan alam di pulau ini.

Baca juga: 5 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Yang Bebas Polusi

Referensi:
wikipedia
rimbakita.com
giliketapangofficial.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini