Menyusuri 10 Tempat Wisata Magelang yang Paling Recommended untuk Liburan

Menyusuri 10 Tempat Wisata Magelang yang Paling Recommended untuk Liburan
info gambar utama

Destinasi wisata Magelang memang mampu menghadirkan berbagai keindahan dan pesona yang sulit untuk ditolak. Wilayah yang dekat dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini tak hanya dikenal dengan banyak peninggalan sejarahnya saja. Lebih dari itu, Magelang juga memiliki banyak sekali tempat wisata unik yang recommended untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Ada apa saja di Magelang? Mari simak rekomendasi tempat wisata di Kota Sejuta Bunga berikut ini!

1. Bukit Gunung Gono

bukit gunung gono
info gambar

Ingin liburan yang menyenangkan dan kekinian maka bukit Gunung Gono bisa menjadi pilihan. Wisata terbaru dan hits ini belakangan termasuk sangat populer. Di tempat ini Kawan bisa menikmati pemandangan fenomenal yaitu gunung Merbabu dan Merapi yang sangat cantik.

Tak hanya itu saja Kawan juga bisa melihat indahnya pemandangan persawahan yang luas dan asri. Keindahan itu bisa Kawan manfaatkan untuk tempat berfoto sambil menikmati sunrise maupun sunset yang menakjubkan.

HTM : Rp5.000

Jam buka : 24 Jam

Alamat: Ds. Banyubiru, Kec. Dukun, Magelang

2. Omah Pring

omah pring
info gambar

Selanjutnya Kawan juga bisa menyusuri indahnya tempat wisata Magelang Omah Pring. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia omah pring artinya adalah “rumah bambu”. Di tempat wisata ini Kawan bisa menemukan banyak rumah-rumah bambu yang unik.

Letak dari rumah bambu tersebut adalah di sisi tebing dan menghadap langsung dengan kali Progo. Tak heran jika tempat ini mampu memberikan kesan yang romantis. Selain liburan atau sekedar me-refresh pikiran, Kawan juga bisa belajar membatik dan bermain bambu.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 08.00-16.00 WIB

Alamat: DS Wisata Candirejo, Kec .Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

3. Gua Sladak

Gua Sladak
info gambar

Gua Sladak tak hanya hits dan populer di kalangan wisatawan. Lebih dari itu tempat wisata ini juga sangat seru dan menyenangkan untuk dikunjungi. Kawan bisa menikmati indahnya gua dan bermain di air terjunnya.

Selain itu Kawan juga bisa menikmati keindahan hutan pinus selama menuju lokasi ini. Bahkan Kawan juga bisa berinteraksi dan berfoto dengan penunggu hutan pinus menuju Gua Sladak seperti landak dan gorilla. Menarik bukan?

HTM: Rp3.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat DSN Grogol. DS Muneng Warangan, Kec Pakis, Magelang, Jateng

Baca juga: Ketep Pass, Wisata Indah di Kabupaten Magelang

4. Curug Silawe

Curug Silawe
info gambar

Curug Silawe adalah sebuah tempat wisata air terjun yang mengalir menuju bebatuan cadas di tengah rimbunnya pepohonan indah. Pemandangan air jernih yang jatuh dari ketinggian sangatlah indah. Dengan keindahan yang dimiliki, Kawan bisa bermain air, merelaksasikan tubuh dan pikiran serta berfoto ria untuk kenang-kenangan.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: DSN Kopeng, DS Sutopati, Kec Kajoran, Magelang

5. Bukit Rhema

Bukit Rhema
info gambar

Tempat wisata yang terletak di perbukitan Borobudur ini termasuk salah satu tempat yang populer di Magelang dan mempunyai keistimewaan tersendiri. Adapun keunikan yang dimiliki oleh Bukit Rhema adalah keberadaan bangunan Gereja Ayamnya.

Tempat wisata ini tak hanya hits di kalangan wisatawan lokal saja namun keunikan wisata ini juga sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Di Bukit Rhema Kawan bisa melihat pemandangan pegunungan yang hijau dan asri. Oleh karena itu luangkan waktu untuk berkunjung ke tempat ini.

HTM: Rp5.000

Jam Buka : 05.00-17.00 WIB

Alamat: DSN Gembong, DS kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang

6. Bukit Grenden

Bukit Grenden
info gambar

Bukit Grenden adalah salah satu wisata Magelang yang tak kalah menarik untuk Kawan kunjungi. Pesona alamnya dan kesejukan udaranya pasti akan membuat Kawan terpikat saat berkunjung.

Tak hanya itu saja kerimbunan hutan pinus yang diselimuti kabut dari tempat ini juga akan menjadi daya tarik sendiri. Selain itu saat mengunjungi tempat wisata ini Kawan juga bisa menemukan berbagai pilihan spot keren untuk berfoto dengan hasil yang unik dan instagramable.

HTM: Senin- Jumat Rp.7500 | Sabtu-Minggu Rp 12.500

Jam buka: 24 Jam

Alamat: Ds Pogalan, Magelang, Jawa Tengah

7. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
info gambar

Jika Kawan ingin liburan sambil menikmati keindahan kota Magelang dari puncak ketinggian maka wisata Punthuk Setumbu adalah pilihan yang tepat. Dari tempat wisata tersebut Kawan bisa menikmati pesona keindahan dari Candi Borobudur.

Tak hanya itu saja, dari tempat ini Kawan akan menikmati sensasi menyusuri semua wisata yang ada di Magelang hanya dalam satu hari saja. Ada banyak tempat wisata seru yang bisa Kawan lihat dari Punthuk Setumbu

HTM: Rp20.000-Rp50.000

Jam Buka: Senin-Jumat 04.00-17.00 WIB | Sabtu-Minggu 24 jam

Alamat: Jl Borobudur Ngadiharjo, Magelang, Jateng

Baca juga: Aktivitas Wisata di Desa Karangrejo Magelang, dari Menanam Padi hingga Keliling Naik VW

8. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur
info gambar

Setiap harinya matahari selalu terbit di sebelah barat dari balik Gunung Merbabu. Ketika sudah menjelang siang Magelang akan tampak samar-samar dari balik awan. Kawan seakan melihat kota ini dari atas awan melalui Gardu Pandang Silancur.

Selain menyajikan keindahan luar biasa pada pagi hari, Gardu Pandang Silancur ini juga akan makin menakjubkan saat sore hari. Kawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam melalui tempat wisata ini.

Lebih dari itu, kerlap-kerlip lampu kota yang indah juga bisa Kawan lihat dengan jelas dari tempat ini. Tak heran jika Gardu Pandang Silancur wajib untuk dikunjungi demi menambah koleksi album foto yang Kawan miliki. Penasaran bukan? Yuk, segera mengunjunginya!

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: DSN dadapan, Ds Mangli, Kec Kaliangkring, kota Magelang, Jateng

Baca juga : Panduan Wisata Silancur Highland Kaliangkrik Magelang

9. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo
info gambar

Untuk bisa mengunjungi candi ini memang perlu sedikit usaha. Akan tetapi itulah salah satu keunikan dari wisata Candi Selogriyo. Di tempat wisata ini Kawan bisa melihat kecantikan dan pesona pemandangan candi.

Di samping itu Kawan juga bisa melihat bangunan antik dan unik, pelataran yang luas serta pemandangan gunung yang mempesona. Di sekitar candi ada juga mata air yang katanya bisa membuat awet muda. Oleh karena itu usaha untuk mengunjungi tempat ini akan cukup sepadan dengan yang akan Kawan dapatkan.

HTM: Rp3.000

Jam Buka: 08.00-16.00

Alamat: DSN Selogriyo, Ds Candisari, kec Windusari, Kota Magelang

10. Sendang Mudal (Supo Taruno)

sendang mudal
info gambar

Sendang Mudal memiliki kejernihan air yang sebening kristal. Kawan bahkan bisa melihat dasarnya karena tampak sangat jelas. Padahal kedalaman dari sendang ini sendiri sekitar pinggang orang dewasa.

Airnya yang jernih bisa Kawan manfaatkan untuk arena bermain air. Selain itu Kawan juga bisa berswafoto di dalam air tanpa perlu takut terluka karena pada dasarnya ada pasir yang lembut dan nyaman.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 07.00-18.00 WIB

Alamat: DSN Butuh Kulon, Kec Sawangan Kota Magelang

Itulah 10 tempat wisata Magelang yang unik dan begitu direkomendasikan untuk Kawan kunjungi. Yuk, segera persiapkan perbekalan dan happy travelling kawan GNFI!

Baca juga: Selain Candi, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Magelang

Sumber:
https://amp.kompas.com/travel/read/2020/09/16/070700027/25-tempat-wisata-keren-di-magelang-pas-untuk-liburan
https://blog.tiket.com/tempat-wisata-di-magelang/amp/
https://kelloggsnyc.com/wisata-magelang/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220928111637-275-853631/7-rekomendasi-wisata-di-magelang-yang-lagi-hits-cocok-buat-liburan/amp
https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g297709-Activities-c57-Magelang_Central_Java_Java.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini