7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja, Apa Saja?

7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja, Apa Saja?
info gambar utama

Kesehatan mental merupakan suatu hal yang penting bagi setiap individu, apalagi seorang remaja. Sama halnya seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Dilansir melalui UNICEF Indonesia, kesehatan mental merupakan keadaan batin seseorang dalam keadaan tenteram dan tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sementara halodoc.com mengungkapkan bahwa kesehatan mental bagi remaja sangatlah penting dan berpengaruh terhadap mentalitas setiap individu.

Berbicara mengenai kesehatan mental remaja, tentu banyak faktor yang mempengaruhi, baik internal maupun eksternal. Sebagai contoh, bullying ketika di sekolah yang sedang marak terjadi di Indonesia mengakibatkan mental seorang remaja maupun anak menjadi terganggu. Hal ini akan berdampak pada kehidupan individu tersebut, bisa jadi sampai berujung kematian dengan bunuh diri.

Oleh karena itu, penting bagi seorang remaja yang mana sedang berada di usia produktif untuk terus berkembang dan menghadapi segala ujian kehidupan. Apalagi, remaja merupakan masa peralihan dari seorang anak-anak menuju dewasa yang terdapat berbagai perubahan dalam dirinya, baik mental, emosional, psikologis, dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental bagi remaja:

Indonesia dan Upayanya dalam Kesehatan Mental

1. Dorongan Motivasi dan Semangat dari Orang Tua

Ilustrasi dorongan semangat dari orang tua | Foto: Pixabay/Pexels
info gambar

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental bagi remaja adalah adanya dorongan motivasi dan semangat dari orang tua. Motivasi dan semangat dari orang tua dapat membantu setiap anak untuk lebih terbuka kepada orang tua.

Orang tua berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan mental bagi anak. Oleh karena itu, dengan motivasi dan semangat dari orang tua anak menjadi lebih nyaman dan mau untuk menceritakan semua hal yang dilakukan selama di luar rumah.

Selain itu, untuk para orang tua seringlah menanyakan kegiatan yang dilakukan anak, seperti halnya di sekolah. Hal ini bertujuan agar anak mau bercerita kepada orang tua, sehingga ketika anak sedang mengalami masalah, orang tua bisa membantu memberikan solusi namun tentu tanpa paksaan dan kekerasan.

2. Menjaga Pola Pikir yang Positif

Ilustrasi menjaga pola pikir yang positif | Foto: Lucas Pezeta/Pexels
info gambar

Untuk menjaga kesehatan mental, remaja perlu menjaga pola pikir yang positif. Hal ini bertujuan untuk menghindari pikiran negatif yang dapat memicu perasaan cemas atau depresi. Setiap remaja harus bisa belajar untuk melihat sisi positif dari situasi dan menemukan cara untuk mengatasi masalah.

Mental Kepiting, Mentalnya Si Paling Iri Hati

3. Batasi Penggunaan Media Sosial

Ilustrasi menggunakan media sosial | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
info gambar

Salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan mental adalah dengan membatasi penggunaan media sosial. Di era sekarang, memang media sosial seperti halnya kebutuhan primer bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan segala informasi dibagikan melalui media sosial yang mana setiap orang bisa mengaksesnya.

Namun, ketika informasi tersebut tidak benar dan tidak difilter terlebih dahulu dapat berdampak negatif kepada penggunanya. Kemudian, dengan terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial dapat memicu perasaan cemas dan depresi.

Oleh karena itu, remaja perlu membatasi penggunaanya dan mengambil waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih menyenangan dan positif.

4. Melakukan Hobi atau Kesenangan

Cara selanjutnya, yaitu dengan menyibukkan diri melalui hobi atau kesenangan setiap individu. Hal ini dapat membantu remaja untuk terhindar dari hal-hal yang negatif.

Hobi merupakan suatu kegiatan yang menjadi kesenangan tersendiri bagi setiap individunya. Dengan begitu, melakukan hobi atau kesenangan dapat membantu menjaga mental seorang remaja.

Gejala Gangguan Mental yang Umumnya Dirasakan Orang Indonesia

5. Berolahraga Secara Teratur

Ilustrasi berolahraga | Foto: Sarah Chai/Pexels
info gambar

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan individu untuk menghilangkan stres. Oleh karena itu, baik bagi seorang remaja untuk melakukan olahraga secara teratur sebagai upaya menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati yang senang.

Dengan begitu, olahraga dapat membantu untuk tetap menjaga kesehatan mental.

6. Jangan Lupa Bersyukur

Bersyukur merupakan bentuk rasa berterima kasih dari setiap makhluk hidup kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan.

Dilansir dari ners.unair.ac.id bersyukur dapat membantu meningkatkan kesejahteraan, kebahagiaan, hingga kualitas kesehatan mental.

7. Istirahat yang Cukup

Seorang remaja tentu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk meningkatkan konsentrasi dan mood. Idealnya, remaja seharusnya bisa tidur selama 8-10 jam setiap malam. Hal ini dikarenakan, kurang tidur memiliki dampak negatif terhadap suasana hati.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mental bagi remaja yang bisa dilakukan. Dengan tetap menjaga kesehatan mental, dapat membantu seorang remaja untuk lebih berkembang kedepannya. Mampu menghadapi segala permasalahan dengan tenang hingga menemukan solusi tanpa emosional.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini