Lawan 1600 Peserta, Pelajar Indonesia Raih Medali di Olimpiade Ekonomi Dunia

Lawan 1600 Peserta, Pelajar Indonesia Raih Medali di Olimpiade Ekonomi Dunia
info gambar utama

Indonesia kembali menorehkan prestasi di mancanegara. Kali ini, murid kelas 12 SMA Cikal Amri bernama Reyhan Muhammad Hatta berhasil mengharumkan Indonesia dengan meraih medali perunggu di kompetisi ekonomi internasional, International Economics Olympiad Winter Challenge (IEOX) 2023.

Atas prestasinya, setidaknya Hatta telah mengalahkan 1.600 peserta dari 66 negara yang ikut dalam kompetisi yang diadakan oleh International Economcs Olympiad tersebut. Tak berhenti di sini, Hatta dikabarkan akan mengikuti seleksi kompetisi International Economics Olympiad di Yunani.

Kepada Kompas.com, Hatta menceritakan proses panjang seleksi kompetisi ekonomi internasional ini. Ia mengungkapkan, hanya ada 5 delegasi yang mewakili Indonesia dalam International Economics Olympiad.

“Untuk cakupannya sendiri dbanding IEOX, IEO itu lebih ketat, di mana untuk tahun lalu saja hanya ada 41 tim dari 40 negara yang mengikuti IEO. Tetapi bisa dibilang IEO lebih eksklusif karena persyaratan untuk bisa mengikuti IEO itu harus menjadi medalis olimpiade ekonomi di negaranya terlebih dahulu kemudian juga harus dipilih oleh komite olimpiade ekonomi di negaranya,” ungkap Hatta.

Seperti diketahui, kompetisi ekonomi internasional IEOX 2023 terdiri atas tiga rangkaian kompetisi. Pada tahap pertama, Hatta bersama 4 pelajar asal Indonesia lainnya secara berkelompok membuat Ide Bisnis.

Proyek ini hanya diberikan waktu 5 hari dengan perencanaan bisnis yang komprehensif, mulai dari profil perusahaan, perencanaan operasional, hingga perencanaan keuangan untuk kemudian dipresentasikan di depan juri.

Di tahap kedua, kompetisi beralih ke individu melalui kuis seputar ekonomi yang menurutnya cukup rumit. Lalu di tahap ketiga, kompetisi dilanjutkan dengan perencanaan literasi keuangan melalui sebuah karakter game yang dibuat oleh tim komite International Economics Olympiad Winter Challenge.

Dari ketiga rangkaian dan tahapan kompetisi IEOX 2023, Hatta memilih permainan literasi keuangan menjadi tahapan kompetisi yang paling menarik baginya. Meski tujuan game ini cukup membingungkan, ia mengaku dapat belajar banyak mengenai literasi finansial dari sana.

Kemenangannya di kancah internasional ini mendapat apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya dari Wakil Kepala Sekolah SMA Cikal Amri Setu Jakarta Timur. Selain itu, Hatta juga disambut bangga oleh warganet setelah kisahnya diunggah oleh akun Instagram @cretivox, Selasa (27/3/2023).

“Mungkin ini alasan dia menyimpan kepintarannya selama ini. 1600 orang loh disikat. Selamattt ya,” tulis @yusniaikaa_.

Jelang Olimpiade Sains Internasional 2023, Kemendikbud Ristek Lakukan Pembinaan Intensif

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini