8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi!

8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi!
info gambar utama

Buah naga (Hylocereus polyrhizus) merupakan buah tropis yang memiliki daging buah yang manis dengan tekstur penuh bintik-bintik. Buah ini memiliki bentuk bulat agak lonjong dengan kulit buah berwarna merah menyala. Di sekujur kulit buah naga terdapat jumbai-jumbai yang terlihat seperti sisik naga.

Buah yang satu ini memiliki beberapa varietas, mulai dari buah naga dengan daging buah putih, daging buah merah, dan juga buah naga kuning. Buah naga memiliki rasa manis dan penuh nutrisi, lho. Banyak orang membuatnya sebagai campuran sop buah, smoothies, hingga jus yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Yuk Kenali Manau, Buah Pohon Rotan Yang Kaya Manfaat

Dari segi tekstur dan rasa, buah naga mirip dengan buah kiwi dengan biji berwarna hitam di dalamnya. Lebih lengkapnya, simak beberapa manfaat buah naga berikut ini, Kawan!

manfaat buah naga
info gambar

Buah naga dapat direkomendasikan sebagai buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Meski buah naga dapat membuat warna tinja menjadi merah, buah yang satu ini kaya akan manfaat, yakni sebagai berikut.

1. Mencegah Anemia

Mengonsumsi buah naga secara rutin dapat mencegah anemia, lho. Alasannya, buah naga merah dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh karena zat ini menjadi mineral yang membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh.

2. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Memiliki banyak kandungan vitamin C dan antioksidan membuat buah naga dapat mencegah penuaan dini karena dapat memperbaiki sel kulit yang rusak, seperti munculnya garis halus atau noda hitam di wajah. Buah naga bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin awet muda!

3. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Buah naga memiliki prebiotik dan serat yang baik untuk pencernaan. Nutrisi ini dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

4. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Untuk Kawan yang memilki gula darah kurang stabil, buah naga dapat menjadi alternatif untuk mengontrol kadar gula darah karena memiliki antioksidan dan banyak kandungan serat di dalamnya. Buah ini dapat memperbaiki sel pankreas yang rusak sehingga dapat meningkatkan kadar hormon insulin.

5. Menurunkan Kolesterol

manfaat buah naga
info gambar

Banyak sekali kandungan buah naga yang harus Kawan ketahui termasuk dapat menurunkan kolesterol. Antioksidan, omega-3, dan omega-9 dalam biji buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol. Namun, tetap konsumsi buah naga dalam batas yang normal, ya!

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Buah naga dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena memiliki omega-3, omega-9, kandungan kalium, likopen, dan karoten yang berperan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Buah ini dapat menurunkan penumpukan plak di pembuluh darah sehingga dapat mencegah serangan jantung hingga stroke.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Likopen, flavonoid, asam fenolik, betalain, dan vitamin C yang terdapat dalam buah naga juga dapat mengurangi sel kanker dalam tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

8. Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan antioksidan, buah naga dapat membantu Kawan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan kuman penyebab infeksi, lho, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit ringan, seperti pilek, flu, batuk, atau demam. Namun, tetaplah ingat, konsumsi buah naga secukupnya, ya.

Baca juga: Buah Alkesa, Buah yang Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan

Kandungan Buah Naga

manfaat buah naga
info gambar

Dalam 300 gram buah naga, terkandung 213 kalori, 5 gram protein, 10 gram serat, 39 miligram kalsium, 42 miligram fosfor, 1,2 miligram zat besi, 384 miligram kalium, 3 miligram vitamin C, dan senyawa yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, seperti karoten, betalain, polifenol, dan likopen.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan. Kawan bisa mengonsumsinya secara langsung, dibuat menjadi jus, smoothies, salad buah, es krim, hingga sop buah.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) untuk Kesehatan

Referensi:

Sprietzler, F. Healthline (2020). What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?

Meixner, M. Healthline (2018). 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.

Frey, M. Verywell Fit (2022). Dragon Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.

Watson, S. WebMD (2022). Dragon Fruit.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. Buah Naga Merah, segar.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
KO
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini