Mulai Beroperasi Hari Ini, DAMRI Kupang-Dili Digratiskan Khusus Hari Pertama

Mulai Beroperasi Hari Ini, DAMRI Kupang-Dili Digratiskan Khusus Hari Pertama
info gambar utama

Perusahaan transportasi milik BUMN, DAMRI, kembali menambah rute baru Angkutan Lintas Negara (ALBN) dari Kupang Nusa Tenggara Timur ke Dili Timor Leste, atau sebaliknya. Layanan ini resmi beroperasi mulai hari ini, Kamis (30/3/2023).

Menurut keterangan Akhmad Zulfikri selaku
Corporate Secretary DAMRI, perjalanan rute Kupang-Dili pada tanggal pembukaan layanan tidak dikenakan biaya alias gratis. Artinya, masyarakat bisa menikmati layanan tersebut secara cuma-cuma khusus hari ini saja. Pada hari berikutnya, penumpang akan dikenakan tarif sebesar Rp350.000.

Layanan Kupang-Dili hadir berkat kesepakatan Pemerintah RI dengan Timor Leste dalam nota kesepahaman tentang “On Cross Border Movement of Commercials Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste”.

Mulai 1 Maret, DAMRI Kembali Layani Perjalanan Pontianak-Brunei Darussalam

Tersedia 2 unit bus

Fikri menjelaskan, DAMRI menyediakan dua unit bus ALBN berkapasitas 28 orang. Adapun rute yang dilalui antara lain: Terminal Bimoku Kupang-Terminal Haumeni Soe-Terminal ALBN Kefamenanu-Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain-Dili.

Soal jam keberangkatan, kata Fikri, bus pertama akan berangkat dari Kupang pukul 06.00 Wita dan tiba di Dili pukul 17.00 Wita. Kemudian, bus kedua dijadwalkan berangkat pukul 07.00 Wita dan tiba di Dili pukul 18.00 Wita.

Sementara itu, Terminal Haumeni Soe dijadwalkan melakukan pemeriksaan (check point) pada pukul 08.00 dan 09.15 Wita. Lalu, check point di Terminal ALBN Kefamenanu dilaksanakan pukul 09.55 dan 10.55 Wita Sementara PLBN Motaain melakukan check point pukul 12.40 dan 13.40 Wita.

“Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi DAMRI Apps khusus keberangkatan dari Kupang, dan bisa memesan di loket keberangkatan di Pelabuhan Dili khusus kepergian dari Dili,” kata Fikri dalam keterangan resmi, Rabu (29/3/2023).

Makin Aman! Transjakarta Tambah 20 Bus Pink Khusus Penumpang Wanita

Syarat pelanggan rute DAMRI Kupang-Dili

Fikri menambahkan, untuk dapat menikmati perjalanan rute Kupang-Dili, calon penumpang DAMRI wajib memenuhi sejumlah persyaratan di bawah ini.

  1. Calon penumpang telah menerima vaksinasi dosis kedua dan booster serta melakukan scan barcode pada aplikasi Satu Sehat.
  2. Khusus calon penumpang berusia di bawah 12 tahun atau yang memiliki kesehatan khusus, dapat mengambil kembali surat keterangan dokter.
  3. Memiliki identitas berupa kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor dalam keadaan aktif lebih dari enam bulan atau sebelum habis atau tidak aktif saat waktu keberangkatan atau kepulangan.
  4. Penumpang wajib mengikuti peraturan keimigrasian Indonesia dan Timor Leste serta peraturan pemeriksaan barang bawaan oleh pihak Bea Cukai Indonesia di Pos Lintas Batas Negara Mota'ain, Kabupaten Belu dan Pos Batugede, Timor Leste.

Keren! 4 Kampus Ini Sudah Punya Bus Listrik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini