Resep Beras Kencur, Minuman Herbal Indonesia Kaya Manfaat

Resep Beras Kencur, Minuman Herbal Indonesia Kaya Manfaat
info gambar utama

Jamu merupakan minuman tradisional masyarakat Indonesia sejak lama, khususnya masyarakat Jawa. Minuman ini dibuat dari rempah-rempah yang kaya akan manfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit dan tetap membuat badan menjadi fit, Kawan.

Salah satu jamu yang cukup digemari masyarakat adalah beras kencur. Jamu ini dibuat dari beras, kencur, jahe, gula aren, dan asam jawa. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukai jamu yang satu ini.

Beras kencur dapat kamu temukan di warung-warung jamu, restoran, hingga mba jamu gendong yang biasanya berjualan secara keliling. Berkat kecanggihan teknologi, jamu beras kencur juga kini hadir dalam bentuk bubuk yang dijual secara sachet, lho.

Nah, untuk Kawan yang ingin membuatnya sendiri, caranya cukup mudah. Simak resep beras kencur di bawah ini.

Resep Kunyit Asam, Jamu Tradisional Khas Jawa dengan Manfaat Kesehatan

Manfaat Beras Kencur

dok. Pexels/Towfiqu barbhuiya
info gambar

Jamu beras kencur dapat menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag, lho. Tak perlu khawatir soal rasa, jamu yang satu ini memiliki rasa yang manis berkat komposisi gula merah yang ada di dalam jamu beras kencur dan sedikit pedas dari kencur dan jahe. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari jamu beras kencur, yakni sebagai berikut.

1. Mampu Meningkatkan Nafsu Makan pada Anak

Jamu beras kencur dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada anak, lho. Kawan dapat memberikan jamu beras kencur saat Si Kecil enggan untuk makan. Rasanya yang manis akan disukai oleh anak-anak sehingga nafsu makan akan tetap normal dan badan akan tetap sehat.

2. Mempertahankan Gula Darah dalam Tubuh Tetap Normal

Beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan membuatnya dalam kadar yang tetap normal di dalam tubuh. Jamu yang satu ini dapat menjadi salah satu minuman tradisional untuk meringankan orang yang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah.

3. Dapat Meredakan Diare

Sedang mengalami diare? Kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Menurut International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kencur dapat meredakan gejala diare berkat antibakteri dan zat sitotoksik yang ada di dalam kencur. Sajikan jamu beras kencur dalam kondisi hangat untuk melegakan perut.

4. Meredakan Batuk

Selanjutnya, jamu beras kencur dapat mengatasi batuk berdahak, lho. Jamu ini akan melegakan tenggorokan berkat kencur dan jahe yang ada di dalam beras kencur.

5. Dapat Menyembuhkan Luka setelah Persalinan

Kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan dalam jamu beras kencur dapat membantu Ibu yang baru melahirkan untuk memperbaiki keadaan sel yang rusak akibat persalinan. Minuman herbal ini juga dapat meredakan pegal-pegal setelah proses persalinan.

Baca juga: Menyesap Kenikmatan Loloh Cemcem Khas Bali yang Kaya Akan Khasiat

Resep Beras Kencur

dok. Pexels/Cup of Couple
info gambar

Bahan-Bahan:

  • 1500 ml air
  • 150 gram gula jawa
  • 125 gram kencur
  • 50 gram beras putih
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 ruas jahe

Cara Membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam di dalam air selama 1 jam. Setelah itu sisihkan.
  2. Rebus asam jawa, gula merah, gula pasir, dan jahe dengan air hingga mendidih.
  3. Tunggu hingga agak dingin, lalu saring airnya.
  4. Cuci kencur yang masih segar, kupas kulitnya, lalu potong-potong.
  5. Tiriskan air rendaman beras, lalu blender beras, kencur, dan air rebusan gula hingga halus.
  6. Saring jamu beras kencur, peras ampas hingga kering.
  7. Jamu beras kencur siap disajikan selagi hangat.
Manfaat Kayu Manis dan Resep Minuman Olahannya

Nah, itu dia manfaat dan cara membuat jamu beras kencur yang sederhana, Kawan. Kini, kamu dapat membuatnya di rumah untuk tetap menjaga kesehatan. Yuk, coba sekarang juga!

Sumber: Repository Wima | Cookmeindonesian | Jurnal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
KO
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini