Tatap SEA Games 2023, Anggar Indonesia Pantang Mengulang Catatan Kelam

Tatap SEA Games 2023, Anggar Indonesia Pantang Mengulang Catatan Kelam
info gambar utama

Anggar Indonesia berusaha untuk bangkit. Para atlet pun mengasah diri di Hungaria demi berprestasi di SEA Games 2023.

Semakin dekatnya SEA Games 2023 membuat para atlet Indonesia lekas mempersiapkan diri. Atlet dari cabang olahraga anggar pun demikian.

Sebagaimana diketahui, SEA Games 2023 akan dihelat di Kamboja pada 5 hingga 17 Mei mendatang. Anggar menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di sana.

Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) pun menyiapkan program untuk mengasah atlet-atletnya demi tampil dengan performa terbaik di SEA Games 2023. Tak tanggung-tanggung, PB IKASI mengadakan pelatnas di dalam sekaligus luar negeri. Untuk pelatnas luar negeri, negara yang akan jadi lokasi latihan adalah Hungaria.

PB IKASI kini tengah menyiapkan pelatnas di Hungaria yang direncanakan. Tak sebatas SEA Games 2023, pelatnas tersebut juga diselenggarakan sekaligus untuk mempersiapkan diri sebelum tampil di ajang internasional lainnya.

"Pengiriman timnas anggar Indonesia ke Hongaria bukan hanya untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja, tetapi juga Asian Games 2023 Hangzhou dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris," ujar ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB IKASI Masyhudi seperti diwartakan ANTARA.

"Ini merupakan program pembinaan jangka panjang PB IKASI dalam upaya mengembalikan kejayaan anggar Indonesia ke depan," lanjutnya.

Selain menyiapkan pelatnas ke Hungaria, PB IKASI juga telah menentukan nama-nama atlet yang akan dikirim ke Kamboja, mereka adalah Ricky Dhisullimah​​​​​​​, M Irfandi Nurkami, dan Dita Afriadi (Sabre/Sable Putra), Leoda Lundy Winona (Foil/Floret Putri), serta Indra Jaya Kusuma, Joneska Pitera Anggera, dan Anggi Wiliansyah (Epee/Degen Putra).

Berprestasi di Turnamen SEAKF, Perjalanan Berat Timnas Karate Indonesia Berbuah Manis

Pantang Mengulang Catatan Kelam

Di balik pelatnas yang digelar hingga ke Hungaria, ada harapan besar dari anggar Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan di kancah internasional. Ya, sebelumnya anggar memang menjadi olahraga yang prestasinya bisa dibilang jeblok.

Jebloknya prestasi itu bisa dilihat dari SEA Games edisi sebelumnya di Vietnam. Saat itu, anggar menjadi satu-satunya cabang olahraga yang tidak mampu menyumbang medali untuk Indonesia.

Di SEA Games 2021, negara yang paling berjaya di cabor anggar adalah Singapura. Tercatat, Singapura mengoleksi total 15 medali yang terdiri dari 6 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Untuk itu, PB IKASI tidak mau catatan kelam itu terulang kembali. Target pun dipasang untuk SEA Games 2023, yakni satu medali emas.

"Sebenarnya kita ditargetkan satu medali emas tetapi kita berusaha meraih dua emas dari 12 medali emas yang diperebutkan di Kamboja nanti." kata Manajer timnas anggar Indonesia Eka Widiastuti.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini