Puasa Bukan Halangan, Atletik Indonesia Terus Berlatih demi Target di SEA Games 2023

Puasa Bukan Halangan, Atletik Indonesia Terus Berlatih demi Target di SEA Games 2023
info gambar utama

Atlet Indonesia dari cabang olahraga atletik sudah memasang target di SEA Games 2023. Tak terhalang puasa, mereka tetap berlatih selama Ramadan.

Tim atletik Indonesia saat ini terus berlatih. Para atlet berlatih tiga sentra pelatihan yang berada di Jakarta, Bandung, dan Pangalengan, Jawa Barat. Bulan Ramadan pun tak menjadi alasan untuk berhenti menempa diri.

Ya, di Ramadan 2023 ini para atlet Indonesia tetap menjalankan latihan. Hal yang berubah hanya jadwalnya karena dilakukan penyesuaian oleh tim pelatih. Untuk kualitas latihan, dijamin tidak ada yang berubah.

"Ya, ada perubahan. Pelatih (dari masing-masing disiplin) melakukan penyesuaian latihan untuk latihan atlet," ujar Manajer Tim Atletik Indonesia Mustara Musa, seperti dilansir ANTARA.

"Pelatih tetap menyiapkan program. Meski ada penyesuaian jadwal, secara kualitas latihan tidak berubah," lanjut Mustara.

Seperti diketahui, SEA Games 2023 akan dihelat pada 5 hingga 17 Mei mendatang. Untuk tahun ini, pesta olahraga multievent terakbar di Asia Tenggara itu bakal diselenggarakan di Kamboja.

Selain berlatih, setiap atlet juga diharuskan mengikuti tes. Lewat tes, akan diketahui performa perkembangan terkini dari setiap atlet.

Tes sendiri dijadwalkan digelar di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta, pada hari ini, Minggu (2/4).

"Seharusnya atlet dan pelatih harus sudah mempersiapkan fisik dan mental suasana menuju pertandingan dan akhir pekan nanti, akan ada tes pengukuran per nomor perlombaan di sini," kata Mustara.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Pasang Target

Atletik Indonesia sudah memasang target untuk SEA Games 2023. Target tersebut yakni 5 medali emas.

Bukan tanpa alasan Indonesia memasang target seperti demikian. Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) telah mengevaluasi hasil di SEA Games 2021, catatan atlet di pemusatan latihan nasional (pelatnas), serta pencapaian di kejuaraan.

Target 5 emas lebih tinggi ketimbang pencapaian Indonesia di SEA Games 2021. Saat itu, tim atletik Indonesia meraih 2 emas, 5 perak, dan 4 perunggu. Dengan capaian tersebut, Indonesia menenpati peringkat 5 di cabang atletik.

Adapun negara yang berhasil mengoleksi medali terbanyak dari cabang atletik di SEA Games 2023 adalah Vietnam. Total, ada 22 emas, 14 perak, dan 8 perunggu yang mereka dapatkan.

Sementara Vietnam berada di posisi teratas, posisi kedua sampai empat ditempati oleh Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Berprestasi di Turnamen SEAKF, Perjalanan Berat Timnas Karate Indonesia Berbuah Manis

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini