Site Karst Rammang-Rammang Segera Terima Pengakuan Global Geopark UNESCO

Site Karst Rammang-Rammang Segera Terima Pengakuan Global Geopark UNESCO
info gambar utama

Site Karst Rammang-Rammang yang menjadi bagian dari Kawasan Geopark Maros Pangkep dikabarkan segera menerima pengakuan sebagai warisan geopark dunia secara legal dari United Nations Educational,Scientifics, and Cultural Organization (UNESCO) awal September 2023 mendatang.

Kabar gembira ini disampaikan oleh Bupati Maros HAS Chaidir Syam di sela peluncuran buku “Merawat Rammang-Rammang: Upaya Selamatkan Ekosistem Karst Unik Sulawesi”, di Maros, Sabtu (1/4/2023), dilansir dari Antara.

“Oleh karena itu, kawasan dengan pesona pegunungan kapurnya yang berada di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, ini harus diaga dan dirawat bersama-sama,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan buku Merawat Rammang-Rammang yang diluncurkan saat itu akan menjadi legasi dan referensi untuk dokumen ke UNESCO. Dalam kesempatan ini juga, pihaknya mengajak masyarakat untuk merawat kelestarian wisata alam pegunungan kapur tersebut.

Kawasan Karst Maros Pangkep Resmi Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

Melestarikan ekosistem melalui buku

Bupati Maros Chaidir berjanji akan menjadikan buku Merawat Rammang-Rammang sebagai bacaan wajib bagi para siswa sekolah dasar hingga jenjang menengah atas. Hal ini dilakukan agar generasi muda dapat mengetahui dan memahami pentingnya menjaga ekosistem Karst Rammang-Rammang.

Sementara itu, Head of Operation Mongabay Indonesia Ridzki R Sigit yang hadir dalam acara peluncuran buku mengungkapkan bahwa buku ini menggabungkan antara pengalaman pribadi, obervasi, kajian literatur, hingga wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan.

Menurutnya, pembukuan hasil tulisan jurnalis tentang situs Karst Rammang-Rammang penting sebagai referensi bagi pengambil kebijakan untuk senantiasa menjaga Kawasan Geopark Maros Pangkep.

Sebagai informasi, penetapan status UNESCO Global Geopark hanya berlaku selama empat tahun. Oleh karena itu, jika ekosistemnya tidak dijaga dan dirawat dengan baik, maka pengakuan Taman Bumi dunia ini akan dicabut kembali.

Pulau Gam Tawarkan Keindahan Gua Batuan Karst dan Laguna Misterius di Raja Ampat

Masuk 75 Besar ADWI 2023

Site Karst Rammang-Rammang terpilih sebagai 75 Besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023. Dengan begitu, destinasi wisata ini akan diprioritaskan dalam pembangunan untuk menjadi pariwisata berkelas dunia.

Mengutip dari situs resmi Kemenparekraf, terpilihnya Site Karst Rammang-Rammang dalam ADWI 2023 menandakan bahwa destinasi wisata ini memenuhi beberapa kategori penilaian, seperti Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Souvenir, serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Mengunjungi Surga Kecil di Karst Terbesar di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini