Gili Air Nusa Tenggara Barat, Destinasi Wisata yang Tenang dan Memukau

Gili Air Nusa Tenggara Barat, Destinasi Wisata yang Tenang dan Memukau
info gambar utama

Gili Air merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi jika sedang berkunjung ke Lombok. Mengapa? Karena selain Gili Trawangan dan Gili Meno, tempat ini merupakan surganya pantai yang memiliki keindahan pantai yang sangat memukau.

Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan berada di kawasan barat pantai Lombok dan Gili Air letaknya paling dekat dengan Pulau Lombok tepatnya berada di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gili Air dikenal juga dengan nama ‘Tengaq Aiq’ atau dapat diartikan di tengah-tengah laut.

Mau tahu keunikan dan apa saja yang dapat Kawan lakukan di sini? Yuk, simak penjelasan berikut:

Mengenal Keelokan Pantai Gili Air

Meski namanya tak setenar duo gili lainnya, ternyata Gili Air tak kalah dengan keindahan alam lautnya. Saat berkunjung kemari, kawan bisa menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia seperti menengok spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan warna-warna yang indah, dan lainnya.

Dilansir dari laman detik.com menyebutkan dari Jurnal Geologi dan Kelautan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan, merupakan pantai berpasir putih yang tersusun dari akumulasi sedimen rombakan terumbu karang dan cangkang binatang laut, mineral-mineral dan fragmen batuan berwarna hitam hingga abu-abu gelap.

Tak heran, jika pulau di Lombok menjadi tempat wisata tersohor yang banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing. Biasanya para wisatawan akan ramai berkunjung ke sini pada bulan Juli hingga Agustus.

Baca juga: Menengok Surga Bawah Laut di Gili Ketapang

Alasan Mengapa Harus Ke Gili Air

Alasan mengapa harus ke Gili Air | sumber: google foto/H20Spa
info gambar

Ada beberapa alasan mengapa Kawan harus mengunjungi Gili air sebelum mengunjungi Gili Meno dan Gili Trawangan. Mau tahu alasannya? Simak penjelasan berikut:

  • Suasananya tenang dan damai

Kawan yang butuh suasana yang tenang dan damai, Gili Air bisa menjadi pilihan untuk berwisata. Ombaknya juga cukup damai, jadi pas banget nih buat bersantai menghilangkan penat. Terlebih Kawan juga bisa menikmati suasana pantai dengan panjang 5 kilometer ini dengan bersepeda menyusuri pasirnya yang putih bersih.

  • Memiliki fasilitas yang lengkap

Fasilitas seperti restoran, kafe dan bar juga akomodasinya bisa ditemui di sini. Selain itu, di sini juga terdapat toko souvenir untuk membeli oleh-oleh sehabis pulang dari Gili Air. Meski tidak terlalu ramai, tapi Kawan bisa menikmatinya dengan penuh hikmat. Terlebih saat matahari tenggelam, Kawan bisa menyaksikan keelokannya dengan santai dan berfoto.

  • Mengunjungi kampung Bugis dan Sasak

Meski dikatakan sepi, pulau ini juga dihuni oleh warga dari Suku Bugis dan Suku Sasak. Mayoritas warga di Gili Air beraktivitas sebagai nelayan ada juga yang bekerja sebagai pemandu wisata dan lainnya.

  • Terdapat air wall

Air wall merupakan gugusan terumbu karang yang terbentang hingga membentuk seperti dinding. Kawan bisa menemukannya di sisi barat laut dengan melakukan snorkeling ataupun diving. Masih banyak hal lain yang wajib kamu nikmati saat berada di Gili Air ini, seperti spot Flogfish Point, Malang Reef, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Terpopuler yang Wajib Dibawa Pulang

Kegiatan yang Dapat dilakukan di Gili Air

Selain menikmati suasananya yang damai, bermain pasir dan berenang serta melakukan snorkeling ataupun diving ada lagi kegiatan seru dan menarik yang dapat Kawan nikmati di sini di antaranya:

  • Bersepeda

Mengitari Pulau Air dengan bersepeda bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan saat berada di sini. Bukan hanya mengelilingi pantai saja, Kawan juga bisa bersepeda ke perumahan warga untuk melihat aktivitas mereka.

  • Berjemur

Aktivitas selanjutnya adalah berjemur, terlebih bagi para wisatawan asing berjemur merupakan hal yang harus dilakukan saat di pantai. Namun, saat berjemur jangan lupa mengenakan sunblock.

  • Naik Cidomo

Cidomo merupakan sebuah delman yang menjadi alat transportasi bagi Kawan dari dermaga menuju ke penginapan. Karena dikenal dengan suasananya yang tenang dan damai, kawasan ini tidak ada kendaraan bermotor.

Baca juga: 8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Terpopuler yang Wajib Dibawa Pulang

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Gili_Air
https://www.detik.com/bali/wisata/d-6369251/wisata-gili-air--objek-wisata-dan-aktivitas-seru-yang-bisa-dilakukan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini